Home » Blog » 8 Jenis Desain Logo, Cari Tahu Dulu Baru Branding

8 Jenis Desain Logo, Cari Tahu Dulu Baru Branding

by Aditya Kristyanto

moritz-mentges-5MlBMYDsGBY-unsplash

Logo menjadi salah satu elemen sentral dalam sebuah brand. Identitas sebuah brand akan terasa kurang tanpa adanya logo. Fungsi logo adalah untuk membuat brand anda mudah dikenali atau diingat oleh audien. Dalam pembuatan sebuah logo brand, pemilik bisnis juga tidak boleh asal-asalan.

Terdapat beberapa jenis logo yang bisa anda pilih. Setiap jenis logo memiliki bentuk, karakter, dan makna masing-masing. Sebagai pemilik bisnis, tentu saja anda harus memilih logo yang sesuai dengan jenis dan tujuan bisnis anda.
Lantas apa saja sih jenis-jenis logo yang biasanya digunakan oleh brand? Sebelum memutuskan membuat logo untuk brand anda, terlebih dulu anda perlu mengenali karakter dan makna dari setiap jenis logo berikut ini.

Wordmark Logo

Logo Google (Unsplash)

Jenis logo pertama yang paling banyak digunakan oleh brand-brand besar adalah Wordmark. Jenis logo ini berbentuk tulisan atau susunan teks. Pembuatan Wordmark Logo mengandalkan jenis font tertentu.

Logo jenis Wordmark umumnya menampilkan nama perusahaan. Pemilihan jenis font sangat diperhatikan dalam pembuatan logo ini. Font harus mudah dibaca dan unik atau berbeda. Selain itu, untuk membuat logo lebih kuat dan elegan biasanya diberikan sentuhan grafis pendukung.

Contoh brand yang menggunakan logo Wordmark, di antaranya Coca-Cola, Vans, Asus, Google, Nikon, dan lain sebagainya.

Mascots Logo

Logo KFC (Unsplash)

Logo jenis Mascots memakai karakter sebagai bentuk logonya. Karakter yang dipilih untuk pembuatan logo ini ada bermacam-macam, seperti manusia, benda, tumbuhan, hingga hewan.

Maskot yang dipilih dalam logo ini harus bisa mewakili atau menggambarkan branding sebuah perusahaan atau bisnis. Biasanya Mascots Logo juga menampilkan panca indra atau bagian tubuh yang lain. Logo ini memiliki sifat sederhana, ramah, hangat, hingga lucu atau imut, yang menciptakan kedekatan brand dengan audien.

Contoh brand yang menggunakan logo ini, yakni KFC, Hokben, Pringless, Cheetos, dan lainnya.

Abstract Logo

Logo slack (Unsplash)

Jenis logo lain yang banyak dipakai brand besar adalah Abstract. Logo yang satu ini berupa gambar abstrak yang dibuat dari bentuk geometris dan organis. Pembuatan logo ini sendiri lebih kompleks dan rumit.

Karena pembuatannya yang cukup kompleks atau punya tingkat kesulitan yang tinggi, logo ini punya daya branding yang kuat. Abstract Logo memuat makna, filosofi, hingga visi misi dari suatu brand.

Contoh brand yang menggunakan logo Abstract, di antaranya Adidas, Pepsi, Mitsubishi, Shell, dan lainnya.

Pictorial Logo

Logo Apple (Unsplash)

Pictoial Logo memiliki bentuk berupa symbol yang menjadi ikon sebuah brand. Jenis logo ini memiliki sifat yang sederhana atau dibuat deformasi yang mewakili filosofi dan visi misi sebuah brand.

Simbol yang dibuat untuk Pictorial Logo biasanya mengambil dari bentuk hewan, benda, atau bentuk buatan sendiri yang mudah dipahami dan menggambarkan karakter sebuah brand.

Contoh brand yang menggunakan logo ini, di antaranya Twitter, Apple, Mercedes Benz, Android, Puma, dan sebagainya.

Lettermark Logo

Logo CNN (Unsplash)

Jenis logo ini dibuat dengan bentuk tipografi dari rangkaian huruf yang singkat atau sederhana. Lettermark Logo biasanya menampilkan huruf depan atau inisial dari sebuah brand bisnis atau perusahaan.

Pembuatan logo ini cukup kompleks atau perlu banyak pertimbangan. Namun logo ini memiliki style yang khas, unik, dan kuat. Pembuatan logo ini memerlukan modifikasi hurus yang dikerjakan dengan desain elegan.

Contoh brand yang menggunakan logo ini, di antaranya NASA, CNN, CNBC, JNE, ADOBE, dan lainnya.

Emblem Logo

Logo Starbuck (Unsplash)

Emblem Logo dibuat dengan menampilkan lambang sebuah brand atau perusahaan. Ciri khas dari logo jenis ini adalah adanya bentuk seperti tameng atau lingkaran. Elemen dalah logo jenis emblem umumnya terdiri dari ikon disertai dengan font, dan ditambahkan dengan garis border.

Contoh brand yang menggunakan logo ini, yaitu Starbucks, Harley Davidson, NFL, BMW, dan sebagainya.

Geometric Logo

Logo Adidas (Unsplash)

Secara sekilas Geometric Logo hampir sama dengan Wordmark Logo. Logo ini menampilkan bentuk tulisan dari sebuah brand yang dibalut dengan latar bentuk geometris; persegi, oval, segitiga, persegi panjang, dan sebagainya.

Contoh brand yang menggunakan logo ini, di antaranya Samsung, Ford, Mozilla, dan sebagainya.

Kombinasi Logo

Combination Logo dibuat dengan mengkombinasikan berbagai jenis logo yang sudah dibahas di atas. Bentuk dari logo ini terdiri dari rangkaian yang cukup lengkap, perpanduan antara gambar dengan tulisan.

Contoh brand yang menggunakan logo ini, di antaranya Burgerking, MasterCard, Puma, dan sebagainya.
Itu dari beberapa jenis logo yang bisa anda pilih untuk brand anda. Setelah mengenali berbagai jenis logo di atas pastinya anda sudah punya gambaran ingin membuat logo yang seperti apa. Pilihlah logo yang sesuai dengan bisnis dan tujuan brand anda.

Kini anda juga bisa memesan logo dengan mudah dan biaya yang terjangkau. Websweet siap membantu bagi anda yang ingin membuat logo untuk identitas brand anda lebih kuat dan terkenal.

Posted in

Share :

Blog Lainnya