Home » Blog » Buat Tampilan Websitemu Lebih Informatif Menggunakan Plugin Elementor

Buat Tampilan Websitemu Lebih Informatif Menggunakan Plugin Elementor

by Nur Kamila

Plugin Elementor

Websweetstudio.com – Kamu sedang ingin merancang website professional tetapi tidak mau ribet? Tenang saja! karena di WordPress ada sebuah fitur bernama Plugin Elementor. Plugin Elementor adalah sebuah plugin WordPress yang memungkinkan Kamu membuat situs web profesional, pixel-perfect dengan editor visual yang intuitif.

Dalam plugin ini, Kamu dapat menyeret dan menjatuhkan konten pada halaman dan melihat hasilnya secara langsung. Kamu juga dapat memilih dari perpustakaan template dan widget yang luas untuk menyesuaikan tampilan dan fungsi situs web Kamu.

Buat Tampilan Websitemu Lebih Informatif Menggunakan Plugin Elementor

Plugin Elementor gratis memungkinkan Kamu menjelajahi editor langsung, widget dan template dasar. Elementor Pro memberi Kamu alat profesional yang mempercepat alur kerja Kamu, memberi Kamu lebih banyak kontrol kreatif, dan meningkatkan konversi situs web Kamu.

Perbedaan antara Elementor gratis dan Pro

Seperti yang disebutkan di atas, ada dua versi Elementor, yaitu gratis dan pro. Berikut adalah beberapa perbedaan antara Elementor gratis dan pro:

  • Pertama, Elementor gratis memiliki sekitar 100 widget dasar, sedangkan Elementor pro memiliki lebih dari 100 widget pro yang menawarkan lebih banyak fungsi dan desain.
  • Elementor gratis memiliki sekitar 300 template dasar, sedangkan Elementor pro memiliki lebih dari 300 template pro yang lebih berkualitas dan sesuai dengan berbagai niche.
  • Kemudian, Elementor gratis hanya bisa digunakan untuk membuat halaman, sedangkan Elementor pro bisa digunakan untuk membuat tema, header, footer, arsip, halaman 404, single post, dan lainnya.
  • Elementor gratis tidak memiliki fitur seperti form builder, popup builder, motion effects, custom CSS, dan lainnya yang ada di Elementor pro.

Secara singkat, Elementor pro memberikan Kamu lebih banyak pilihan, kontrol, dan fleksibilitas dalam membuat situs web Kamu. Jika Kamu ingin mendapatkan fitur-fitur canggih dan profesional dari Elementor, Kamu harus membeli lisensi Elementor pro yang berlangganan tahunan.

Fitur Yang Berada di Plugin Elementor

Berikut adalah beberapa fitur yang berada di plugin Elementor, baik yang gratis maupun yang pro:

– Drag-and-Drop Editor

Fitur utama dari Elementor adalah editor yang memungkinkan Kamu untuk membuat tata letak halaman web Kamu dengan mudah. Kamu dapat menarik dan meletakkan elemen web dari panel widget ke area kerja. Kamu juga dapat mengubah ukuran, warna, font, margin, padding, dan properti lainnya dari setiap elemen.

– Library Template

Elementor juga menyediakan library template yang berisi ratusan template halaman web siap pakai. Kamu dapat memilih template yang sesuai dengan kebutuhan Kamu, dan mengeditnya sesuai dengan preferensi Kamu. Kamu juga dapat menyimpan template Kamu sendiri untuk digunakan kembali di halaman lain.

– Responsif dan SEO-Friendly

Kemudian, elementor memiliki fungsi responsif yang memungkinkan Kamu untuk melihat dan mengedit tampilan halaman web Kamu dalam berbagai perangkat, seperti desktop, tablet, dan ponsel. Selain itu, plugin ini juga dioptimalkan untuk SEO, sehingga membantu Kamu meningkatkan peringkat halaman web Kamu di mesin pencari.

– Theme Builder

Fitur ini hanya tersedia di versi pro. Namun, theme builder memungkinkan Kamu untuk membuat dan mengedit tema WordPress Kamu sendiri dengan Elementor. Kamu dapat membuat header, footer, single post, archive, 404 page, dan bagian lainnya dari tema Kamu dengan Elementor. Selain itu, kamu juga dapat menentukan kondisi untuk menampilkan tema Kamu di halaman tertentu.

– Popup Builder

Fitur ini juga hanya tersedia di versi pro. Popup builder memungkinkan Kamu untuk membuat dan menampilkan popup di website Kamu dengan Elementor. Kamu dapat membuat popup dengan berbagai tujuan, seperti newsletter, promosi, login, kontak, dan lainnya. Kamu juga dapat menentukan pemicu, kondisi, dan aturan untuk menampilkan popup Kamu.

– Form Builder

Form builder memungkinkan Kamu untuk membuat dan mengintegrasikan formulir di website Kamu dengan Elementor, namun fitur hanya tersedia di versi pro.. Kamu dapat membuat formulir kontak, pendaftaran, survei, umpan balik, dan lainnya dengan mudah. Kamu juga dapat menghubungkan formulir Kamu dengan layanan email marketing, CRM, atau platform lainnya.

– WooCommerce Builder

Fitur ini juga hanya tersedia di versi pro. WooCommerce builder memungkinkan Kamu untuk membuat dan mengedit toko online Kamu dengan Elementor. Kamu dapat membuat halaman produk, kategori, keranjang belanja, checkout, dan lainnya dengan Elementor. Kamu juga dapat menambahkan widget khusus WooCommerce untuk menampilkan produk terbaru, terlaris, atau terkait.

Lalu, seperti apa cara menggunakan plugin Elementor di WordPress? Jika kamu penasaran, di bawah ini adalah cara untuk menginstal plugin Elementor di WordPress.

Cara Menginstal Plugin Elementor di WordPress

Untuk menginstal plugin Elementor di WordPress, Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, masuk ke dalam halaman login WordPress dengan memasukkan username dan password Kamu yang benar.
  2. Kedua, masuk ke dashboard WordPress dan pilih menu Plugin.
  3. Ketiga, klik tombol Add New yang terletak di sebelah kanan header Plugins.
  4. Keempat, ketik Elementor di kotak pencarian dan cari plugin Elementor. Jika sudah muncul, klik Install Now dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
  5. Kelima, klik tombol Activate untuk mengaktifkan plugin Elementor di WordPress Kamu.

Setelah itu, Kamu sudah dapat menggunakan plugin Elementor untuk membuat dan mengedit tampilan website Kamu dengan mudah. Kamu dapat menemukan menu Elementor di sidebar WordPress dan memilih template yang Kamu inginkan dari library template Elementor. Kamu juga dapat menambahkan widget dan elemen web dari panel widget Elementor ke area kerja Kamu.

Kelebihan Menggunakan Elementor di WordPress

Agar lebih yakin, kenali beeberapa kelebihan menggunakan Elementor di WordPress, di bawah ini:

– Mudah digunakan

Elementor memiliki antarmuka yang intuitif dan user-friendly. Kamu dapat melihat perubahan yang Kamu buat secara langsung di editor front-end. Kamu juga dapat mengubah ukuran, warna, font, margin, padding, dan properti lainnya dari setiap elemen dengan mudah.

– Fungsionalitas

Kemudian, elementor memiliki lebih dari 90 widget yang dapat Kamu gunakan untuk menambahkan fungsi dan fitur ke website Kamu. Kamu dapat membuat halaman landing, formulir kontak, popup, header, footer, dan lainnya dengan Elementor. Kamu juga dapat menggunakan template yang disediakan oleh Elementor atau membuat template Kamu sendiri untuk digunakan kembali di halaman lain.

– Integrasi

Elementor dapat berfungsi dengan hampir semua plugin dan tema WordPress. Kamu dapat terus menggunakan plugin dan tema favorit Kamu bersama dengan Elementor. Elementor juga mendukung integrasi dengan layanan email marketing, CRM, atau platform lainnya yang dapat membantu Kamu meningkatkan konversi dan kinerja website Kamu.

– Responsif dan SEO-Friendly

Lalu, elementor memiliki fungsi responsif yang memungkinkan Kamu untuk melihat dan mengedit tampilan website Kamu di berbagai perangkat, seperti desktop, tablet, dan ponsel. Elementor juga dioptimalkan untuk SEO.

Sehingga membantu website Kamu mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Elementor juga mendukung schema markup, AMP, dan lazy loading yang dapat meningkatkan kecepatan dan kualitas website Kamu.

Itulah sedikit penjelasan tentang Plugin Elementor di WordPress. Jika Kamu tertarik untuk mencoba Elementor, Kamu dapat mengunduh versi gratisnya  atau membeli versi pro-nya . Semoga bermanfaat!

Posted in

Share :

Blog Lainnya