Home » Blog » Cara Bikin Website Bisnis secara Profesional

Cara Bikin Website Bisnis secara Profesional

by Nur Kamila

cara bikin website bisnis

Websweetstudio – Berbicara tentang dunia bisnis tidak lepas dari pemasaran, hal itu merupakan salah satu bentuk memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. Juga, tentu saja, untuk memamerkan atau membangun merek, terutama untuk pabrikan baru atau pemula. Selain menjual produk, situs web dapat berfungsi untuk banyak hal dan membantu menyebarkan informasi merek. Lalu, seperti apa cara bikin website bisnis?

Menggunakan situs web pemula dan bisnis online sekarang menjadi alat pemasaran sehingga dapat dipublikasikan di media yang lebih baik dan lebih mudah ditemukan di mesin pencari pedang. Kamu dapat menyoroti apa yang ingin Kamu tonjolkan, baik itu produk Kamu, citra merek Kamu, atau keunggulannya dibandingkan merek pesaing.

Cara Bikin Website Bisnis secara Profesional

Dengan demikian, menjual melalui situs ini adalah pilihan utama dan menjual di toko pemenuhan adalah alternatif kedua. Inilah mengapa banyak pengusaha UMKM kecil membantu membangun situs web mereka karena ingin memperluas jangkauan bisnis dan citra merek mereka.

Misalnya, penjual makanan khas Daerah A bisa memasarkan produknya sehingga daerah lain yang tidak memiliki produk sejenis juga bisa mencicipinya. Apakah Kamu juga tertarik membuat website untuk mengembangkan bisnis UMKM Kamu? Lihatlah apa yang dapat Kamu gunakan sebagai panduan untuk melakukan hal berikut.

Tips Desain Website Untuk Pemula dan Bisnis Online (UMKM)

Sebelum Kamu langsung terjun ke dalam membangun website untuk pemula dan bisnis online, ada baiknya Kamu melakukan riset terlebih dahulu jenis website apa saja yang cenderung paling banyak menarik pengunjung. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Desain dan Gaya

Desain template dan desain yang menarik menjadi faktor penting agar tampil lebih baik di semua jenis perangkat, terutama di smartphone yang merupakan perangkat yang paling sering digunakan untuk berselancar di internet. Alasannya adalah karena orang sekarang menggunakan mesin pencari melalui penggunaan smartphone lebih banyak daripada perangkat lain.

Hal lain adalah bahwa Google sedang dalam proses meluncurkan indeks ramah seluler dan dapat membantu memberi peringkat situs yang dioptimalkan untuk seluler lebih tinggi daripada gerakan yang kurang ramah seluler.

2. Multimedia

Gambar sering dianggap bernilai lebih dari seribu kata, karena pengguna smartphone lebih suka menelusuri berbagai gambar dan menonton video daripada membaca teks yang berbeda di layar.

Jika gambar ditampilkan dalam format yang tepat, tab, dan dioptimalkan untuk kegunaan, gambar dan video dapat secara otomatis membantu peringkat di situs sehingga peringkatnya lebih tinggi dalam hasil pencarian pencarian, jadi di sini mereka dapat menarik lebih banyak pengunjung.

Ini bahkan lebih efektif jika Kamu juga menggunakan ikon favorit khusus (gambar kecil di bagian atas tab browser), yang tidak hanya memberi merek, tetapi juga berguna untuk bookmark dan ikon bilah alat.

Alat dapat digunakan untuk mendukung riset pelanggan. situs Kamu. Jika Kamu menggunakan situs web WordPress, pertama-tama Kamu dapat mengunduh alat dan plugin WordPress untuk membantu mengoptimalkan gambar, memasang video HD, skema bookmark, mendesain ikon favorit, dan banyak lagi. Namun, jika Kamu menggunakan pembuat situs web, itu dapat diakses di satu tempat dan dapat langsung digunakan.

3. Dirancang Agar Mudah Ditemukan Dan Dilacak

Menggunakan gambar bersama dengan fitur ramah seluler tidak cukup untuk mengoptimalkan desain situs web Kamu. Praktik SEO tertentu perlu diikuti, seperti penggunaan kata kunci dan metadata yang benar, sehingga dapat membantu pembeli lokal dan bahkan calon pelanggan di seluruh negeri menemukan situs web bisnis Kamu.

Tugas Google Analytics adalah melacak kinerja postingan Kamu, kampanye media sosial, hasil pencarian kata kunci, dan beberapa faktor penting lainnya untuk mendapatkan hasil tinggi di situs web bisnis Kamu.  

4. Alat Media Sosial

Membuat bisnis online terbaik dan situs web pemula yang Kamu butuhkan untuk dapat menangani penggunaan media sosial, ini adalah situs web itu sendiri. Jadi, jika Kamu memiliki anggaran yang cukup, Kamu dapat menyewa admin yang dapat mengelola jejaring sosial Kamu. Atau untuk alternatif yang lebih murah, Kamu bisa menggunakan pihak ketiga, seperti HootSuite dan Buffer untuk menerbitkan konten.

5. Toko Online

Pada situs web pemula dan bisnis online, disarankan untuk memaksimalkan toko online, metode pembayaran (melalui kartu kredit, transfer bank atau Paypal), sistem pelacakan inventaris, keranjang belanja, serta promosi menggunakan kode diskon.

Setelah mempelajari tips mendesain untuk pemula dan bisnis online, langkah selanjutnya adalah membahas cara membuat website untuk pemula dengan mudah dan tanpa membuang waktu di bawah ini.

Cara Membuat Website Untuk Pemula dan Bisnis Online

Membuat website untuk pemula dan bisnis online sangatlah mudah, setidaknya kamu hanya perlu mengikuti 5 langkah membuat website dengan detail desain yang sudah dibahas di atas, yaitu:

1. Identifikasi Ide Situs Web Terlebih Dahulu

Disini website akan didesain untuk website untuk pemula dan bisnis online, sehingga ide dan tema website akan berpihak pada jenis website e-commerce. Di website ini kamu bisa menjual berbagai jenis dan bentuk barang, jadi selain sebagai usaha sampingan kamu juga bisa menambah penghasilan kamu.

2. Daftar di Nama Domain

Untuk mendapatkan nama unik untuk bisnis Kamu, Kamu dapat melakukannya dengan brainstorming, dan Kamu juga dapat menggunakan alat untuk memeriksa ketersediaan domain. Nama domain (.com) yang umum digunakan dan alamat nama domain tidak boleh terlalu panjang.

3. Pilih Hosting Web

Dalam memilih dan menggunakan hosting, Kamu harus hkamul dan terpercaya, pilihlah hosting yang sesuai dengan budget dan proyek bisnis yang akan Kamu dirikan. Jangan mudah tergiur dengan hosting murah tapi ternyata tidak bisa dipercaya.

4. Pilih Platform dan Buat Situs Web

Di bawah ini adalah cara untuk memilih platform untuk situs webmu:

  • Instal WordPress pada versi terbaru yaitu Auto Installer.
  • Klik admin area dengan mengetik yourdomain(dot)com/wp-admin di kolom browser agar dapat mengakses dashboard WordPress. Di halaman login, isi informasi yang Kamu buat selama proses instalasi. Melalui dasbor utama, Kamu juga dapat mengelola konten WordPress dan juga pengguna.
  • Pilih tema dan desain
  • Banyak tema dan desain yang dapat diterapkan ke situs Kamu, Kamu dapat menemukan opsi tema di Appearance > Themes di Dashboard, pratinjau dan instal tema ke dalam repositori tema WP, pilih Tambah Baru.
  • Halaman dan konten WordPress dapat diunggah dengan tiga jenis konten yaitu halaman atau halaman, posting atau posting dan media.  
  • Ekstensi juga plugin, WordPress mempunyai kelebihan ada banyak plugin yang bisa di install supaya bisa menghadirkan banyak fitur dengan fungsi yang baru. Caranya, pilih Plugins, klik Add New, dan install yang Kamu butuhkan, setelah diinstall akan tersimpan di Installed Plugins. Plugins bagus yang bisa Kamu pilih yaitu :
    • Yoast SEO
    • All-in-One WP Migration
    • WooCommerce dan ini biasanya plugins yang biasanya di gunakan dalam bisnis.
    • Really Simple SSL
    • Jetpack
    • Contact Form 7
    • Easy Table of Contents
    • TinyPNG
    • bbPress
    • Beaver Builder

Baca Juga: Menggunakan Jasa Maintenance Website, Apa Saja Tugas dan Manfaatnya?

Membuat Rencana Dalam Mengembangkan Website

Setelah paham membuat website dengan menggunakan WordPress, Kamu sebagai pengelola harus bisa menjadi visioner. Jadi, Kamu harus tahu bagaimana memfokuskan website pada bisnis Kamu, disini Kamu bisa menentukan halaman yang akan digunakan dan ditampilkan.

Kamu bisa membuat situs e-commerce dengan mempersiapkan produk serta belajarnya cara memperoleh user sebanyak-banyaknya. Bagaimana, sudah tertarik untuk membuat website?

Posted in

Share :

Blog Lainnya