Home » Blog » Cara Bikin Website Jualan, Di Jamin Berhasil dan Untung Besar

Cara Bikin Website Jualan, Di Jamin Berhasil dan Untung Besar

by Nur Kamila

Cara Bikin Website Jualan

Websweetstudio – Ingin memulai bisnis online tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah Bikin Website Jualan online yang menarik bagi calon pelanggan. Tapi, bagaimana Cara Bikin Website Jualan Online?

Cara Bikin Website Jualan
Cara Bikin Website Jualan

Dengan menerapkan Cara Bikin Website Jualan, kamu tidak perlu memiliki keahlian teknis untuk membuat website. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membagikan cara paling sederhana dan termudah untuk membuat website toko online.

Dengan cara ini, kamu dapat membuat toko online sendiri dan memulai bisnis online yang sukses. Penasaran bagaiamana Cara Bikin Website Jualan! simak penjelasan dibawah ini sampai selesai.

Cara Bikin Website Jualan Online

Jika kamu ingin memulai Bikin Website Jualan salah satu kamu yang kamu perhatikan yaitu tampilan toko online kamu. Tapi, membangun situs web toko online bisa terasa menakutkan, terutama jika kamu tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang situs web.

Namun jangan khawatir, karena pada artikel ini kami akan pandu kamu melalui Cara Bikin Website Jualan online dengan langkah-langkah sederhana membuat website toko online yang menarik.

Berikut Cara Bikin Website Jualan online online yang bisa kamu ikuti:

  • Pesan Web Hosting dan Domain
  • Instal situs WordPress
  • Buat pengaturan situs
  • Instal tema toko online
  • Instal Plugin WooCommerce

Cara Bikin Website Jualan online diatas, selanjutnya kami akan membahas dan mendalami penjelasan di atas satu persatu :

1. Pesan Web Hosting dan Domain

Langkah pertama dalam membuat website toko online adalah membeli web hosting dan domain untuk toko online kamu. Hosting merupakan tempat penyimpanan data sebuah website agar dapat diakses melalui internet.

Padahal, nama domain adalah alamat yang dimasukkan untuk membuka sebuah website. Bagi kamu yang belum memiliki hosting dan domain, kamu bisa memesannya di platform online. Memang banyak jenis layanan hosting yang bisa kamu pilih untuk membuat toko online.

Namun, kami merekomendasikan layanan penyimpanan cloud. Layanan hosting ini cocok untuk halaman toko online karena dikelola sepenuhnya. Alhasil, perhatian dan waktu kamu bisa lebih terfokus untuk menjalankan website toko online tersebut.

Tidak hanya itu, keunggulan cloud hosting juga terletak pada sumber dayanya. Dengan begitu, akses website kamu akan tetap berjalan lancar meski website lain mengalami overload.

Berikut petunjuk pemesanan server dan nama domain dari kami sebagai langkah awal pembuatan Cara Bikin Website Jualan: 

  • Kunjungi Website dan Pilih Menu Cloud Hosting.
  • Pilih paket hosting yang tepat untuk kebutuhan kamu. Dalam panduan ini, kami akan memilih paket dasar dengan domain gratis.
  • Tentukan panjang penyimpanan yang diinginkan dan periksa ketersediaan nama domain untuk halaman toko online.
  • Jika kamu belum menemukan nama yang bagus untuk toko online kamu mungkin ingin mencoba membaca tips nama domain terlebih dahulu. Jika sudah, segera klik Verify Domain.
  • Jika nama domain yang kamu inginkan tersedia, klik domain pilihan kamu dan tekan tombol Add to Cart.
  • Di halaman berikutnya, kamu dapat memilih beberapa rekomendasi untuk tambahan yang tersedia. Jika sudah, klik Lanjutkan.
  • Di sini kamu dapat memilih metode pembayaran pilihan kamu. Kemudian login atau daftar terlebih dahulu jika belum memiliki akun.
  • Langkah terakhir adalah membayar pesanan nama domain dan hosting. kamu kemudian dapat memeriksa status dan detail pesanan kamu di member area.

2. Pengaturan Situs WordPress

Kedua Cara Bikin Website Jualan Kami telah menyediakan instalasi WordPress otomatis yang dapat dipilih saat memesan hosting dan nama domain. Namun jika kamu melewatkannya, cobalah untuk berlatih menginstal WordPress secara manual. Berikut langkah langkahnya

  • Kamu bisa langsung ke cPanel. Untuk mengaksesnya,
  • Mulai Install WordPress, Klik Install Now
  • Kemudian di bagian Sofware setup, pilih nama domain kamu pada kolom choose domain dan kosongkan kolom in Directory.
  • Jangan lupa isi nama toko online anda beserta deskripsinya.
  • Silahkan buat username dan password yang akan digunakan saat login ke dashboard WordPress.
  • Jika semua bidang telah diisi, klik tombol Instal di bagian bawah halaman.
  • Setelah instalasi berhasil, akan muncul layar detail di URL website toko online kamu.

3. Cara Bikin Website Jualan dengan Tentukan Pengaturan Situs

Meskipun kamu menuliskan nama dan deskripsi situs web toko online kamu selama proses instalasi, terkadang antarmuka masih belum sempurna. Karena itu, kamu perlu mengubahnya di pengaturan. Nah, berikut cara mengubahnya:

  • Masuk ke dasbor WordPress dan klik menu Pengaturan > Umum.
  • Pada bagian Site Title, masukkan nama toko online. Sedangkan pada bagian About Flow, isikan deskripsi singkat tentang toko online tersebut. judul dan tagline situs wordpress
  • Terakhir, klik Simpan Perubahan. Setelah mengedit nama dan deskripsi situs, kamu juga perlu mengatur pengaturan permalink untuk situs tersebut. Berikut cara selanjutnya :

Pilih menu Pengaturan > Permalink. Ubah pengaturan permalink default. Dalam tutorial ini, kami memodifikasinya untuk mengetikkan nama postingan. Jenis ini memungkinkan kamu untuk mengatur permalink berdasarkan judul posting situs web. Kemudian, klik Simpan Perubahan.

4. Instal Tema Toko Online

Cara selanjutnya Bikin Website Jualan kamu, perhatikan tampilan dan nuansa website toko online kamu semakin menarik, kamu bisa menyesuaikan desainnya dengan menggunakan tema yang tersedia di WordPress. kamu dapat menggunakan tema dari situs web, gratis atau berbayar. Pada langkah membuat situs web penjualan ini, kami akan menunjukkan cara mengubah template WordPress.

  • Pertama. Temukan tema yang kamu inginkan di direktori tema WordPress. Untuk melakukannya, klik menu Appearance dan kemudian pilih opsi Themes.
  • Di halaman ini, klik Tambahkan topik baru untuk menambahkan tema baru.
  • Ketik Etalase di kotak pencarian yang tersedia dan klik Instal. Selain tema etalase, banyak tema lain yang bisa digunakan. kamu dapat mencari topik ini secara manual di halaman Topik.
  • Setelah penginstalan tema WordPress selesai, aktifkan tema dengan mengklik tombol Activate. 

5. Instal Plugin WooCommerce

Cara Bikin Website Jualan selanjutnya adalah membuat website toko online kamu mempunyai fitur yang lebih lengkap. Misal fitur pencarian produk, payment gateway, cart, dan lainnya.

Itulah mengapa sangat disarankan untuk melakukan instalasi plugin WooCommerce. Plugin ini bisa menyulap website kamu menjadi website marketplace sepenuhnya.Yang paling menarik, plugin ini bisa kamu instal secara gratis! Nah, berikut ini cara menginstall plugin WooCommerce yang bisa kamu ikuti:

  • Masuk ke Dashboard WordPress dan klik menu Plugins > Add New.
  • Kemudian ketik WooCommerce di kolom pencarian. Lalu, klik Install Now.
  • Kalau instalasi sudah selesai, aktifkan plugin WooCommerce dengan klik Activate.

Baca Juga: Cek Keamanan Website Menggunakan 12 Tool Pengujian Gratis

Penutup

Bagi kamu yang ingin memulai  Bikin Website Jualan. Memiliki toko online yang profesional dan menarik sangatlah penting. Namun, Bikin Website Jualan online yang efektif dan efisien itu sendiri bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Juga, jika kamu tidak memiliki keterampilan situs web yang mendalam.

Demikinalah ulasan artikel ini, kamu akan mengetahui bahwa Bikin Website Jualan tidaklah sulit. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mendaftar hosting dan membeli domain. Lalu instal dan ikuti langkah-langkah. Untuk menyiapkan platform situs web dalam artikel ini agar siap untuk berjualan.

Posted in

Share :

Blog Lainnya