Home » Blog » Cara Buat Website di Hp, Tidak Kalah Profesional dengan di Laptop

Cara Buat Website di Hp, Tidak Kalah Profesional dengan di Laptop

by Nur Kamila

cara membuat website di Hp

Websweetstudio.com – Sebagian orang mungkin akan menganggap mustahil, jika membuat website menggunakan Hp.  Meski sebenarnya, hal itu sah-sah saja dilakukan. mungkin, kebanyakan orang menganggapnya  tidak mungkin, karena masih belum tahu cara buat website di hp.

cara membuat website di Hp
cara membuat website di Hp

Seperti yang kita tahu, Website merupakan salah satu platform pencarian informasi yang paling populer dan dapat digunakan sebagai alat komunikasi. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan situs web sebagai alat belanja online.

Cara Buat Website di Hp, Tidak Kalah Profesional dengan di Laptop

Misalnya, jika Kamu sudah memiliki toko offline, Kamu bisa membuka toko online untuk memudahkan calon pelanggan membeli produk di mana saja dan kapan saja. Namun, sebelum kita beranjak ke pembahasan cara buat website di hp, di bawah ini kita memberikan kamu informasi tentang manfaat website bagi individu atau personal.

Manfaat Website bagi Individu

Siapa bilang menggunakan situs web hanya untuk bisnis? Nyatanya website juga digunakan untuk individu dengan berbagai manfaat sebagai berikut:

1. Buat Portofolio Online

Kamu dapat membuat album situs web dari pekerjaan Kamu. Jika Kamu suka menulis, isi situs dengan cerita pendek Kamu. Jika Kamu suka mendesain situs web, Kamu dapat mengunduh template untuk desain Kamu sendiri.

Membuat website portofolio juga meningkatkan personal branding. Inilah yang dibutuhkan oleh para freelancer atau siapa saja yang ingin melamar pekerjaan. Karena keterampilan dan nilai tambah Kamu menjadi semakin terlihat.

2. Berbagi Pengalaman Pribadi

Apakah Kamu suka menulis, apakah Kamu bepergian atau sedang mencari pengalaman menarik lainnya? Oleh karena itu, menggunakan situs web sangat ideal untuk menuangkan pemikiran Kamu ke dalam blog yang akan dinikmati banyak orang.

Selain itu, website sangat memungkinkan Kamu mengubah tata letak blog Kamu menjadi buku harian atau iklan apa pun sesuai minat Kamu. Kamu dapat mengatur konten sesuka Kamu. Seperti konten, fitur, dll.

Tips Membuat Website yang Berkualitas Meski di Buat HP

Di bawah ini ada beberapa tips agar websitemu berkualitas meski dibuat di Hp:

1. Tentukan Tujuan Membuat Situs Web

Sebelum Kamu mulai membuat situs web, pikirkan tentang apa yang ingin Kamu capai dengan situs web tersebut. Apakah tujuan Kamu untuk menjual produk atau layanan, memberikan informasi, atau sekadar bertindak sebagai platform untuk berbagi konten? Ini akan membantu Kamu menentukan struktur dan konten situs web yang tepat.  

2. Buat Navigasi yang Jelas

Buat navigasi situs web yang jelas dan mudah dipahami dengan menu navigasi yang tertata rapi. Jangan lupa juga untuk menambahkan Tentang dan Halaman Kontak, sehingga pengunjung dapat mengetahui lebih banyak informasi tentang Kamu atau bisnis Kamu dan cara menghubungi mereka.

3. Gunakan Desain yang Menarik

Desain yang menarik dan responsif (terlihat bagus di ponsel) merupakan faktor penting dalam membuat situs web yang bagus. Pilih warna, font, dan gambar yang sesuai dengan tujuan situs web Kamu.

4. Tambahkan Konten Berkualitas

Tips ini sebenarnya lebih tepat bila situs sudah online dan siap dikelola. Tetapi penting untuk merencanakan sebelum situs siap. Karena konten adalah bagian terpenting dari sebuah website. Pastikan Kamu memberikan konten yang berkualitas, terkini, dan relevan dengan tujuan situs web.

5. Optimalkan SEO

Optimalkan situs web Kamu, untuk mesin pencari menggunakan teknik SEO dan pelajari tentang tren SEO terkini. Ini akan membuat situs web Kamu muncul lebih tinggi di hasil pencarian Google dan meningkatkan lalu lintas ke situs web Kamu.

Cara Membuat Website di HP dengan Mudah

Sebelum menerapkan cara membuat website di ponsel, pastikan jaringan internet Kamu stabil. Karena proses pembuatan website menggunakan koneksi internet 100%. Dan di bawah ini, kami akan menyajikan cara membuat website dengan handphone, menggunakan aplikasi WordPress.

Biasanya membangun website dengan WordPress dilakukan di komputer atau laptop, namun seiring berkembangnya teknologi, ternyata Kamu juga bisa membuat website hanya dengan menggunakan handphone. Lalu, seperti apa cara cepat dan efektifnya, langsung perhatikan ulasannya di bawah ini:

  1. Unduh dan instal aplikasi WordPress dari Play Store atau App Store.
  2. Setelah penginstalan selesai, buka aplikasi WordPress > klik tombol “Masuk atau Daftar di WordPress.com”.
  3. Untuk mempercepat prosesnya, mari klik tombol “Lanjutkan dengan Google”, lalu masuk atau mendaftar dengan akun Gmail di WordPress.com. Jika akun Gmail Kamu belum pernah terdaftar di WordPress.com, tampilannya akan seperti ini. Klik “Buat akun”.
  4. Ada dua opsi dalah langkah ini: “Buat situs web WordPress.com” dan “Tambahkan situs web yang dihosting sendiri”. Untuk mempermudah dan menyelamatkan Kamu dari keharusan membeli hosting, kami memutuskan untuk membuat tombol WordPress.com.  
  5. Jika Kamu ingin terus menggunakan versi yang dihosting sendiri, kami menyarankan Kamu membeli hosting WordPress terlebih dahulu dan membangunnya di komputer agar lebih fleksibel.
  6. Pilih kategori situs yang diinginkan. Dalam presentasi ini, kami telah memilih kategori Pribadi.
  7. Kemudian, pilih tema yang Kamu inginkan, klik tema, lalu klik tombol Pilih.
  8. Lalu, ilih nama domain dengan nama domain yang menarik dan singkat. Setelah Kamu memasukkan nama domain, rekomendasi nama domain akan muncul. Kami memilih nama domain gratis untuk wordpress.com dan klik “Buat Situs Web”.
  9. Selesai, Kamu telah berhasil mengimplementasikan pembuatan website di handphone Kamu. Selanjutnya, mari buat halaman pertama kita di situs baru.

Cara Membuat Halaman Web Menggunakan Hp

Setelah website berhasil dibuat, saatnya kita membuat halaman pertama. Langkahnya mudah, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik menu Halaman > pilih ikon + (untuk menambahkan halaman baru).
  2. Pilih tata letak sesuai kebutuhan Kamu saat kami membuat halaman informasi di sini. Jadi kami memilih tata letak “Halaman informasi” dan klik Buat Halaman.
  3. Isi konten sesuai keinginan.
  4. Setelah selesai, klik Publikasikan > Publikasikan Sekarang.

Halaman Tentang sudah siap. Untuk membuat halaman baru, Kamu hanya perlu mengulangi langkah 1 sampai 4. Kamu kemudian dapat mengatur sendiri jenis tata letaknya. Sekarang untuk posting pertama kami di situs baru ini.

Baca Juga: Mudah Banget! Berikut Cara Bikin Website Bisnis, Dijamin!

Cara Membuat Postingan Pertama

Sebelum kita membuat halaman pertama kita, maka kita membuat postingan pertama kita. Pastikan psotingan Kamu sudah siap!

  1. Pada halaman dashboard, klik menu Submit.
  2. Klik tombol Buat Pesan.
  3. Kemudian muncul layar untuk mengedit postingan 
  4. Setelah selesai klik tombol Publish dan Publish Now.
  5. Selesai, ulangi langkah 1 sampai langkah 4 untuk memposting artikel lainnya.

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang cara membuat website di Hp. Caranya juga sangat mudah, serta bisa dilakukan siapa saja termasuk pemula. Tertarik untuk membuatnya juga?

Posted in

Share :

Blog Lainnya