Home » Blog » Cara Membuat Situs Web untuk Google AdSense: Tutorial Lengkap untuk Pemula

Cara Membuat Situs Web untuk Google AdSense: Tutorial Lengkap untuk Pemula

by Nur Kamila

cara membuat situs web untuk Google AdSense

Websweetstudio.com – Google AdSense adalah salah satu cara paling populer untuk menghasilkan uang dari situs web Kamu. Dengan Google AdSense, Kamu bisa menampilkan iklan yang relevan dengan konten situs Kamu dan mendapatkan bayaran setiap kali pengunjung mengklik iklan tersebut.

Namun, untuk bisa bergabung dengan Google AdSense, Kamu harus memenuhi beberapa syarat dan persyaratan yang ditetapkan oleh Google. Salah satunya adalah memiliki situs web yang berkualitas, profesional, dan sesuai dengan kebijakan Google. Lalu, bagaimana cara membuat situs web untuk Google AdSense?

Apa saja yang harus Kamu lakukan dan perhatikan? Dalam artikel ini, kami akan memberikan tutorial lengkap untuk Kamu yang ingin membuat situs web untuk Google AdSense dari nol. Kami akan membahas langkah-langkah, yang bisa membantu Kamu cara membuat situs web untuk Google AdSense. Simak ulasan kami berikut ini.

Cara Membuat Situs Web untuk Google AdSense: Tutorial Lengkap untuk Pemula

1.Beli Domain dan Hosting

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah membeli domain dan hosting untuk situs web Kamu. Domain adalah alamat situs web Kamu di internet, sedangkan hosting adalah tempat penyimpanan data situs web Kamu. Domain dan hosting sangat penting untuk membuat situs web yang profesional dan terpercaya.

Untuk membeli domain dan hosting, Kamu bisa menggunakan layanan penyedia domain dan hosting yang banyak tersedia di internet. Beberapa contoh layanan penyedia domain dan hosting yang populer adalah [GoDaddy], [Hostinger], [Niagahoster], dan lain-lain. Kamu bisa memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Kamu.

Saat membeli domain, ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan, yaitu:

  • Pilih nama domain yang singkat, mudah diingat, dan relevan dengan topik situs web Kamu.
  • Pilih ekstensi domain yang umum dan populer, seperti .com, .net, .org, atau .id (untuk Indonesia).
  • Hindari penggunaan angka, tanda hubung, atau karakter spesial lainnya dalam nama domain Kamu.
  • Cek ketersediaan nama domain yang Kamu inginkan sebelum membelinya.

Saat membeli hosting, ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan, yaitu:

  • Pilih paket hosting yang sesuai dengan kapasitas dan performa situs web Kamu.
  • Selanjutnya, Pilih layanan hosting yang memiliki uptime tinggi, kecepatan akses cepat, dukungan teknis responsif, dan fitur keamanan lengkap.
  • Pilih layanan hosting yang mendukung instalasi CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, atau Drupal dengan mudah.
  • Terakhir, Pilih layanan hosting yang memiliki fitur backup data secara otomatis dan rutin.

Setelah membeli domain dan hosting, jangan lupa untuk menghubungkan keduanya agar situs web Kamu bisa diakses di internet. Cara menghubungkan domain dan hosting bisa berbeda-beda tergantung pada layanan penyedia yang Kamu gunakan. Biasanya, Kamu harus mengubah nameserver domain Kamu sesuai dengan nameserver hosting Kamu. Untuk lebih jelasnya, silakan baca panduan dari layanan penyedia domain dan hosting yang Kamu gunakan.

2.Install Web

Langkah kedua yang harus Kamu lakukan adalah menginstall web di hosting Kamu. Web adalah aplikasi atau software yang digunakan untuk membuat dan mengelola konten situs web Kamu. Ada banyak jenis web yang bisa Kamu pilih, tetapi kami menyarankan Kamu untuk menggunakan CMS (Content Management System) sebagai web pilihan Kamu.

CMS adalah sistem manajemen konten yang memudahkan Kamu untuk membuat dan mengedit konten situs web tanpa harus menguasai bahasa pemrograman. CMS juga memiliki banyak fitur dan plugin yang bisa membantu Kamu meningkatkan fungsi dan tampilan situs web Kamu.

Salah satu CMS yang paling populer dan banyak digunakan oleh para pengguna Google AdSense adalah WordPress. WordPress adalah CMS open source yang gratis, mudah digunakan, fleksibel, dan memiliki komunitas pengguna yang besar. WordPress juga memiliki banyak tema dan plugin yang bisa Kamu gunakan untuk membuat situs web yang menarik dan optimal untuk Google AdSense.

Untuk menginstall WordPress di hosting Kamu, Kamu bisa menggunakan fitur auto-installer yang disediakan oleh layanan hosting Kamu. Fitur ini bernama  Installatron, Softaculous, atau Fantastico. Dengan fitur ini, Kamu bisa menginstall WordPress dengan beberapa klik saja tanpa harus mengupload file atau membuat database secara manual.

Berikut ini adalah langkah-langkah umum untuk menginstall WordPress dengan fitur auto-installer:

  • Login ke cPanel hosting Kamu dan cari fitur auto-installer yang tersedia.
  • Pilih WordPress sebagai aplikasi yang ingin Kamu install dan klik Install Now.
  • Isi formulir instalasi dengan data situs web Kamu, seperti nama situs, deskripsi situs, nama pengguna, kata sandi, alamat email, bahasa, dan lain-lain.
  • Pilih Install dan tunggu proses instalasi sampai selesai.
  • Setelah instalasi selesai, Kamu bisa mengakses situs web Kamu di domain yang Kamu beli dan mengelola konten situs web Kamu di dashboard WordPress.

3.nstall Tema yang High CTR

Langkah ketiga yang harus Kamu lakukan adalah menginstall tema yang high CTR untuk situs web Kamu. Tema adalah desain atau tampilan situs web Kamu yang bisa mempengaruhi pengalaman pengunjung dan performa Google AdSense. Tema yang high CTR adalah tema yang memiliki desain yang menarik, responsif, cepat, dan mendukung penempatan iklan Google AdSense secara optimal.

Ada banyak tema WordPress yang high CTR yang bisa Kamu pilih, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa contoh tema WordPress yang high CTR adalah [Newspaper], [Ad-Sense], [Click Mag], dan lain-lain. Kamu bisa mencari tema WordPress yang high CTR di internet atau di direktori tema WordPress.

Untuk menginstall tema WordPress, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Login ke dashboard WordPress Kamu dan pilih menu Appearance > Themes.
  • Klik Add New dan cari tema WordPress yang high CTR yang ingin Kamu install. Jika Kamu sudah memiliki file tema WordPress dalam format .zip, Kamu bisa klik Upload Theme dan unggah file tersebut.
  • Pilih Install dan tunggu proses instalasi sampai selesai.
  • Klik Activate untuk mengaktifkan tema WordPress yang telah Kamu install.

Setelah menginstall tema WordPress, Kamu bisa menyesuaikan pengaturan tema sesuai dengan keinginan Kamu. Kamu bisa mengubah warna, font, logo, menu, widget, dan lain-lain melalui menu Appearance > Customize. Jika tema WordPress yang Kamu gunakan memiliki fitur khusus atau plugin tambahan, pastikan untuk mengaktifkan dan mengkonfigurasinya dengan benar.

4.Tambahkan Plugin yang Dibutuhkan

Langkah keempat yang harus Kamu lakukan adalah menambahkan plugin yang dibutuhkan untuk situs web Kamu. Plugin adalah ekstensi atau tambahan yang bisa meningkatkan fungsi dan fitur situs web Kamu. Ada banyak plugin WordPress yang bisa membantu Kamu membuat situs web yang lebih baik untuk Google AdSense.

Beberapa contoh plugin WordPress yang dibutuhkan untuk situs web Google AdSense adalah:

  • Yoast SEO
  • WP Fastest Cache
  • Advanced Ads
  • GDPR Cookie Consent

Demikianlah tutorial lengkap untuk Kamu cara membuat situs web untuk Google AdSense dari nol. Dengan mengikuti langkah-langkah, tips, dan trik yang kami berikan, kami harap Kamu bisa membuat situs web yang profesional, berkualitas, dan optimal untuk Google AdSense. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Posted in

Share :

Blog Lainnya