Home » Blog » Cara Membuat Sub Domain di Blogger: Langkah-Langkah dan Keuntungannya

Cara Membuat Sub Domain di Blogger: Langkah-Langkah dan Keuntungannya

by Nur Kamila

cara membuat sub domain di Blogger

Websweetstudio.com – Sub domain adalah bagian dari nama domain utama yang dapat digunakan untuk membuat situs web yang berbeda. Misalnya, jika Kamu memiliki nama domain contoh.com, Kamu dapat meilih cara membuat sub domain di Blogger. contoh.com, toko.contoh.com, atau forum.contoh.com.

Sub domain dapat membantu Kamu mengelola konten situs web Kamu dengan lebih baik, meningkatkan SEO, dan menciptakan merek yang kuat. Blogger adalah salah satu platform blogging populer yang dimiliki oleh Google. Blogger memungkinkan Kamu membuat blog gratis dengan mudah dan cepat.

Namun, jika Kamu ingin membuat sub domain di Blogger, Kamu perlu melakukan beberapa langkah tambahan. Berikut adalah cara membuat sub domain di Blogger:

Cara Membuat Sub Domain di Blogger

Langkah 1: Mendaftar Nama Domain

Sebelum Kamu dapat membuat sub domain di Blogger, Kamu perlu memiliki nama domain sendiri. Nama domain adalah alamat situs web Kamu di internet, seperti contoh.com. Kamu dapat mendaftar nama domain dari penyedia layanan seperti GoDaddy, Namecheap, atau Hostinger.

Setelah Kamu mendaftar nama domain, Kamu perlu menghubungkannya dengan Blogger. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke akun Blogger Kamu dan pilih blog yang ingin Kamu ubah alamatnya.
  • Klik Setelan > Dasar > Alamat Blog > Publikasikan blog ke alamat khusus.
  • Masukkan nama domain Kamu di kolom yang tersedia, misalnya contoh.com.
  • Klik Simpan.

Ikuti instruksi yang diberikan oleh Blogger untuk mengubah pengaturan DNS pada penyedia layanan nama domain Kamu. Kamu perlu menambahkan dua entri CNAME dan empat entri A pada zona DNS nama domain Kamu.

Setelah Kamu mengubah pengaturan DNS, tunggu beberapa saat hingga perubahan tersebut berlaku. Kamu dapat memeriksa apakah nama domain Kamu sudah terhubung dengan Blogger dengan mengunjungi alamat tersebut di browser.

Langkah 2: Membuat Sub Domain

Setelah Kamu memiliki nama domain sendiri dan menghubungkannya dengan Blogger, Kamu dapat membuat sub domain sesuai keinginan Kamu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke akun penyedia layanan nama domain Kamu dan buka pengaturan zona DNS.
  • Tambahkan entri CNAME baru untuk sub domain yang ingin Kamu buat. Misalnya, jika Kamu ingin membuat sub domain blog.contoh.com, tambahkan entri CNAME dengan host blog dan nilai ghs.google.com.
  • Simpan perubahan yang telah Kamu buat.

Setelah itu, Kamu perlu membuat blog baru di Blogger dengan menggunakan sub domain tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke akun Blogger Kamu dan klik tombol Buat Blog Baru.
    Isi judul dan alamat blog yang ingin Kamu buat. Pastikan alamat blog sesuai dengan sub domain yang telah Kamu buat sebelumnya, misalnya blog.contoh.com.
  • Pilih tema yang ingin Kamu gunakan untuk blog baru Kamu dan klik Buat Blog.

Setelah itu, blog baru Kamu dengan sub domain sudah siap digunakan. Ulangi langkah-langkah di atas untuk membuat sub domain lainnya jika diperlukan.

Keuntungan Membuat Sub Domain di Blogger

Membuat sub domain di Blogger dapat memberikan beberapa keuntungan bagi situs web Kamu, antara lain:

1. Memudahkan Pengelolaan Konten

Dengan menggunakan sub domain, Kamu dapat memisahkan konten situs web Kamu menjadi beberapa bagian yang berbeda. Misalnya, jika situs web utama Kamu berisi informasi tentang produk atau jasa yang Kamu tawarkan, maka sub domain dapat digunakan untuk blog, toko online, forum, atau halaman lainnya yang relevan.

2. Meningkatkan SEO

Sub domain dapat membantu meningkatkan SEO situs web utama Kamu karena setiap sub domain dianggap sebagai situs web tersendiri oleh mesin pencari. Dengan demikian, setiap sub domain dapat memiliki ranking dan trafik sendiri-sendiri.

Selain itu, sub domain juga dapat membantu meningkatkan relevansi konten situs web utama dengan menggunakan kata kunci yang sesuai.

3. Menciptakan Merek yang Kuat

Sub domain dapat membantu menciptakan merek yang kuat bagi situs web Kamu karena dapat menunjukkan spesialisasi dan kredibilitas Kamu dalam bidang tertentu.

Misalnya, jika situs web utama Kamu adalah contoh.com, maka sub domain seperti blog.contoh.com atau toko.contoh.com dapat menunjukkan bahwa Kamu memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas dalam bidang tersebut.

Cara Mengatur Sub Domain di Blogger: Tips dan Triknya

Setelah Kamu berhasil membuat sub domain di Blogger, Kamu mungkin ingin mengatur sub domain tersebut agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kamu. Ada beberapa hal yang dapat Kamu lakukan untuk mengatur sub domain di Blogger, antara lain:

1. Mengubah Tema dan Tata Letak

Kamu dapat mengubah tema dan tata letak sub domain Kamu untuk membuatnya lebih menarik dan profesional. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke akun Blogger Kamu dan pilih sub domain yang ingin Kamu ubah tema dan tata letaknya.
  • Klik Tema > Sesuaikan > Latar Belakang, Warna, Font, atau Tata Letak untuk mengubah elemen-elemen tersebut sesuai dengan selera Kamu.

Kamu juga dapat memilih tema yang sudah tersedia dari galeri tema Blogger atau mengunggah tema kustom dari sumber lain.

2. Menambahkan Widget dan Gadget

Widget dan gadget adalah elemen tambahan yang dapat Kamu tambahkan pada sub domain Kamu untuk menambahkan fungsi atau fitur tertentu. Misalnya, Kamu dapat menambahkan widget statistik, daftar postingan terbaru, formulir kontak, jam, kalender, atau media sosial. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke akun Blogger Kamu dan pilih sub domain yang ingin Kamu tambahkan widget atau gadget.
  • Klik Tata Letak > Tambah Gadget pada bagian yang ingin Kamu tambahkan widget atau gadget.
  • Pilih widget atau gadget yang ingin Kamu tambahkan dari daftar yang tersedia atau klik URL gadget untuk menambahkan gadget dari sumber lain.
  • Sesuaikan pengaturan widget atau gadget sesuai dengan keinginan Kamu dan klik Simpan.
  • Kamu dapat menambahkan, menghapus, atau mengubah posisi widget atau gadget kapan saja dengan mengklik Tata Letak.

3. Mengoptimalkan SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses meningkatkan visibilitas situs web Kamu di mesin pencari seperti Google. Dengan mengoptimalkan SEO sub domain Kamu, Kamu dapat meningkatkan trafik dan konversi situs web Kamu.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan SEO sub domain Kamu:

  • Gunakan judul yang menarik dan deskriptif untuk setiap postingan atau halaman pada sub domain Kamu. Judul adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi ranking situs web Kamu di mesin pencari. Pastikan judul Kamu mengandung kata kunci utama yang relevan dengan topik dan tujuan sub domain Kamu.
  • Gunakan meta deskripsi yang informatif dan persuasif untuk setiap postingan atau halaman pada sub domain Kamu. Meta deskripsi adalah teks singkat yang muncul di bawah judul situs web Kamu di hasil pencarian. Meta deskripsi dapat membantu pembaca memutuskan apakah mereka ingin mengunjungi situs web Kamu atau tidak. Pastikan meta deskripsi Kamu mengandung kata kunci utama dan sekunder yang relevan dengan topik dan tujuan sub domain Kamu.

Demikianlah cara membuat sub domain di Blogger dan keuntungannya bagi situs web Kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Kamu membuat sub domain di Blogger dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

Posted in

Share :

Blog Lainnya