Home » Blog » Cara Membuat Website Perusahaan dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Website Perusahaan dengan Mudah dan Cepat

by Nur Kamila

cara membuat website perusahaan

Websweetstudio.com – Perkembangan teknologi komunikasi pada era ini telah mencapai arah perkembangan digital. Didukung oleh jaringan internet global, teknologi digital tumbuh, menyatu dan menjadi bagian mendasar dari setiap manusia. Ini sangat erat kaitannya dengan perusahaan Kamu.

Mengapa? Karena kemajuan teknologi digital membutuhkan kesadaran yang lebih besar terhadap bisnis Kamu, salah satu caranya adalah dengan membuat situs web untuk bisnis Kamu. Namun, apakah kamu sudah tahu cara membuat website perusahaan?

Perlu diktehui, bahwa situs web perusahaan adalah halaman informasi perusahaan yang tersedia melalui Internet sehingga dapat diakses di mana saja di dunia selama ada koneksi Internet. Kebutuhan akan website bisnis ini sudah menjadi kebutuhan mendesak bagi bisnis kecil maupun besar di negara barat.

Cara Membuat Website Perusahaan dengan Mudah dan Cepat

Masalahnya, jumlah website bisnis di Indonesia masih sedikit dan banyak yang tidak menggunakannya dengan baik. Oleh karena itu, Indonesia masih tergolong sebagai negara berkembang.

Agar tidak ketinggalan zaman, Kamu harus memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya website bagi bisnis Kamu. Karena sebenarnya website tidak hanya menjadi jalan bagi bisnis untuk ditemukan di internet, tetapi banyak hal yang menguntungkan jika Kamu bisa memanfaatkan website.

Apa itu Situs Web Perusahaan?

Website perusahaan, atau sering juga halaman company profile, adalah sebuah website yang menampilkan profil perusahaan atau bisnis secara keseluruhan. Memiliki website company profile memudahkan para pemangku kepentingan atau individu untuk mendapatkan informasi mengenai perusahaan.

Selain memberikan informasi perusahaan, website company profile juga menunjukkan kredibilitas, membuka peluang bisnis lebih luas dan meningkatkan keuntungan. Kehadiran website perusahaan juga dapat meningkatkan ekuitas merek.

Menurut penelitian, 81% konsumen perlu mempercayai suatu merek sebelum melakukan pembelian. Itulah mengapa penting untuk membangun kepercayaan pelanggan, termasuk website perusahaan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Situs Web Perusahaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membuat website bisnis sekarang tidak memerlukan coding, siapapun bisa melakukannya dengan WordPress. Namun sebelum kita mulai cara membuat website perusahaan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, seperti:

1. Pemeliharaan Situs Web

layanan online untuk menerbitkan situs web di internet. Kemudian, hosting menyimpan semua file website di server yang bisa diakses secara online.

2. Nama Domain

Biasanya, domain  diakhiri dengan .com, .co.id, dll.

Dan setelah Kamu memiliki semua itu,  makakita dapat melanjutkan untuk membuat situs web bisnis. Adapun cara membuat website untuk perusahaan adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Website Perusahaan dengan Mudah dan Cepat

1. Instal WordPress

Karena kita membuat situs web di sini tanpa coding, kita menggunakan sistem manajemen konten WordPress. Kamu sebenarnya dapat menggunakan sistem manajemen konten lain, tetapi WordPress adalah platform yang paling mudah.  

Langkah pertama dalam membangun website dengan CMS WordPress adalah menginstall WordPress terlebih dahulu. Jika Kamu sudah memiliki hosting dan domain, Kamu juga dapat menginstal WordPress secara otomatis yang tersedia di cPanel, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pergi ke situs resmi cPanel
  • Buka Penginstal Aplikasi Softaculous
  • Klik tombol “Instal Sekarang”.
  • Pilih domain yang ingin Kamu instal dengan WordPress
  • Tetapkan detail nama dalam deskripsi situs
  • Tetapkan nama pengguna dan kata sandi
  • Tunggu hingga instalasi selesai

2. Masuk ke dasbor WordPress

Setelah proses instalasi selesai dan berhasil, kini Kamu bisa login ke dashboard WordPress Kamu dengan mengetikkan namadomain.com/wp-admin. Gunakan nama pengguna dan kata sandi yang Kamu berikan sebelumnya selama instalasi. Kamu kemudian akan dibawa ke dasbor WordPress.

3. Pilih Tema

Cara membuat website profil bisnis menggunakan WordPress selanjutnya adalah dengan memilih tema untuk website bisnis Kamu. Kamu tidak perlu khawatir untuk memilih tema karena WordPress menawarkan banyak tema yang bahkan bisa Kamu sesuaikan dengan kebutuhan website.

Namun, sebelum Kamu memutuskan sebuah tema, ada baiknya Kamu memperhatikan beberapa kriteria tema website yang baik, seperti:

  • Responsif: Tema dapat menyesuaikan tampilan website dengan ukuran layar pengunjung, baik itu di komputer, ponsel, atau tablet.
  • ramah SEO: Tema cloud adalah aspek SEO dari sebuah situs web dan karenanya mudah diindeks oleh Google.
  • Mudah digunakan: Ini memiliki navigasi yang jelas, membuatnya mudah
Cara Memilih Tema di WordPress
  • Setelah berada di dashboard WordPress Kamu, pilih menu “Appearance” dan kemudian “Themes” di sisi kiri panel.
  • Untuk menambahkan topik, klik tombol Tambahkan baru.
  • Pilih topik yang Kamu inginkan dengan melihat topik populer, terkini, dan favorit. Alternatifnya, Kamu dapat mencari topik yang Kamu inginkan dengan mencarinya di bawah “Search Topics” dan mengetikkan nama topiknya.
  • Klik “Instal” untuk melanjutkan penginstalan tema pilihan Kamu
  • Klik Aktifkan untuk mengaktifkan tema
  • Kemudian, coba kunjungi situs web Kamu dan periksa tampilan temanya

4. Atur Tampilan Situs Web

Cara membuat website company profile selanjutnya adalah dengan menentukan layout website. Tujuannya tentu saja untuk membuat situs lebih nyaman dan user-friendly. Dalam mendesain layout website company profile Kamu perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu:

–          Skema Warna

Cobalah mencocokkan skema warna dengan merek perusahaan. Hal ini penting untuk meningkatkan brand awareness. Warna adalah elemen visual yang dicari konsumen saat mereka mengunjungi situs web yang menarik perhatian bisnis Kamu.

–          Menu Navigasi

Selain warna, Kamu juga harus memastikan bahwa halaman tersebut memiliki menu navigasi yang jelas. Menu navigasi adalah serangkaian tautan yang dirancang untuk mengarahkan pengunjung ke halaman di situs web. Biasanya, menu navigasi profil perusahaan web mencakup “Tentang Kami”, “Informasi Kontak”, dan “Produk”. 

5. Lengkapi Informasi Perusahaan

Website company profile nantinya akan digunakan untuk memberikan informasi kepada konsumen, untuk itu setelah mengatur tampilan, cobalah lengkapi informasi dan identitas perusahaan. Caranya seperti berikut ini:

  • Buka dashboard WordPress
  • Klik menu Appearance kemudian pilih Customize
  • Klik Site Identity, lalu lengkapi Site Title, Tagline perusahaan, dan masukkan juga Log serta Site Icon.

Selain itu, Kamu juga harus melengkapi beberapa informasi berikut ini:

  • Produk: Apa saja produk atau layanan yang perusahaan tawarkan, tambahkan juga penjelasan mengenai produk agar pengunjung mendapatkan tambahan informasi tentang produk.
  • Visi & Misi: Cantumkan visi dan misi perusahaan untuk menonjolkan nilai perusahaan
  • Unique Selling Point: Tambahkan keunggulan atau hal yang membedakan bisnis Kamu dengan kompetitor
  • Detail Perusahaan: Alamat kantor, informasi kontak mulai dari nomor telepon, alamat kantor, alamat email, media sosial, dan lainnya

6. Buat Halaman Website

Berikutnya adalah membuat halaman-halaman website yang diperlukan. Dalam hal ini, beberapa halaman yang wajib ada di sebuah website company profile antara lain About Us, Contact, dan Product. Cara menambahkan halaman di WordPress antara lain:

  • Masuk ke dashboard WordPress
  • Pilih Page, klik Add New
  • Masukan judul dan deskripsi halaman
  • Tambahkan gambar, dan lengkapi isi halaman.

Baca Juga: Cara Edit Website di WordPress dengan Mudah

7. Publikasi Halaman

Jika Kamu sudah melengkapi semua keperluan untuk website perusahaan Kamu. Mulai dari tema, halaman, selanjutnya publish halaman website Kamu.

Dan itulah cara membuat website perusahaan dengan mudah dan cepat. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Selamat mencoba!

Posted in

Share :

Blog Lainnya