Home » Blog » Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas dan Aman

Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas dan Aman

by Nur Kamila

backlink gratis

Websweetstudio.com – Ada kabar bahagia bagi kamu para blogger pemula, khusus juga bagi yang baru membuat web site, karena pada artikel kali ini kita akan memberikan cara untuk mendapatkan backlink gratis. Yang pemula mungkin bertanya-tanya, apa itu backlink?

Backlink adalah tautan yang mengarah ke website Kamu dari website lain. Backlink dapat meningkatkan kredibilitas, ranking, aksesibilitas, dan traffic website Kamu di mesin pencari. Namun, tidak semua backlink memiliki kualitas yang sama. Kamu perlu mendapatkan backlink dari website yang relevan, berkualitas, dan berpengaruh. Sudah sedikit paham apa itu backlink?

Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas dan Aman

Untuk mendapatkan backlink gratis untuk website sebanarnya ada banyak cara, tetapi tidak semuanya mudah dan efektif. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Kamu coba untuk mendapatkan backlink gratis yang berkualitas:

1. Posting Tamu Guestpost

Posting tamu adalah cara yang populer dan efektif untuk mendapatkan backlink kontekstual secara gratis. Kamu dapat menulis artikel yang berkaitan dengan topik website Kamu dan menawarkannya kepada website lain yang memiliki niche yang sama atau terkait. Dalam artikel tersebut, Kamu dapat menyisipkan tautan ke website Kamu secara alami dan relevan.

Untuk melakukan posting tamu, Kamu perlu mencari website yang menerima kontribusi dari penulis tamu. Kamu dapat menggunakan Google untuk mencari website tersebut dengan menggunakan kata kunci seperti:

– “niche + write for us”

– “niche + guest post”

– “niche + contribute”

– “niche + submit article”

Kamu juga dapat menggunakan tools seperti Guest Post Tracker, atau Guest Post Engine untuk mencari website yang menerima posting tamu. Dan sebelum Kamu mengirimkan artikel Kamu, pastikan Kamu membaca syarat dan ketentuan dari website tujuan.

Biasanya, mereka akan memiliki persyaratan tertentu mengenai panjang, format, gaya, dan kualitas artikel. Juga pastikan bahwa artikel Kamu tidak duplikat atau menyalin dari sumber lain.

2. Berbagi PDF

Selanjutnya, kamu dapat membuat dokumen PDF yang informatif dan menarik tentang topik yang terkait dengan website Kamu dan membagikannya di situs-situs berbagi PDF secara gratis. Situs-situs ini biasanya memiliki otoritas domain yang tinggi dan banyak pengunjung.

Dengan demikian, Kamu dapat mendapatkan backlink dan traffic dari situs-situs ini. Beberapa situs berbagi PDF yang populer adalah:

  • Scribd
  • SlideShare
  • Issuu
  • Calameo

Untuk membuat dokumen PDF yang berkualitas, Kamu dapat menggunakan tools seperti Canva atau Google Docs. Pastikan dokumen PDF Kamu memiliki judul yang menarik, desain yang profesional, konten yang bermanfaat, dan tautan ke website Kamu.

3. Perpustakaan Online

Kamu juga dapat mendapatkan backlink gratis dari perpustakaan online atau situs-situs penyimpanan file. Situs-situs ini memungkinkan Kamu untuk mengunggah file-file seperti ebook, laporan, presentasi, video, audio, dll. Situs-situs ini biasanya memiliki banyak pengguna dan otoritas domain yang tinggi. Beberapa perpustakaan online atau situs penyimpanan file yang populer adalah:

  • Google Drive
  • Dropbox
  • Box
  • OneDrive

Untuk mendapatkan backlink dari situs-situs ini, Kamu perlu membuat file-file yang berkaitan dengan topik website Kamu dan menyertakan tautan ke website Kamu di dalamnya. Pastikan file-file Kamu memiliki nama yang deskriptif, format yang sesuai, ukuran yang wajar, dan konten yang bermutu.

4. Papan atau Lowongan Pekerjaan

Kamu dapat mendapatkan backlink gratis dari papan pekerjaan atau situs-situs lowongan kerja. Situs-situs ini memungkinkan Kamu untuk memposting lowongan kerja atau mencari pekerjaan secara gratis. Situs-situs ini biasanya memiliki banyak pengunjung dan otoritas domain yang tinggi. Beberapa papan pekerjaan atau situs lowongan kerja yang populer adalah:

  • Indeed
  • Glassdoor
  • Monster
  • LinkedIn

Untuk mendapatkan backlink dari situs-situs ini, Kamu perlu membuat postingan lowongan kerja atau profil pekerja yang berkaitan dengan website Kamu dan menyertakan tautan ke website Kamu di dalamnya. Pastikan postingan atau profil Kamu memiliki judul yang menarik, deskripsi yang jelas, kualifikasi yang relevan, dan kontak yang valid.

Cara mengevaluasi kualitas backlink

Setelah mendapatkan backlink, kamu juga harus mengevaluasi backlink yang kamu miliki, sudah efektif atau tidak. Untuk mengevaluasi kualitas backlink, Kamu perlu memperhatikan beberapa faktor, seperti:

1. Reputasi website sumber backlink

Kamu dapat menggunakan tools seperti Moz1 atau Ahrefs2 untuk melihat metrik seperti Domain Authority DA atau Domain Rating DR yang menunjukkan tingkat otoritas dan kepercayaan website tersebut. Semakin tinggi nilai DA atau DR, semakin baik kualitas backlink.

2. Keaktifan website sumber backlink

Selanjutnya, kamu dapat melihat kapan terakhir kali website tersebut memperbarui kontennya, apakah masih relevan dengan topik website Kamu, dan apakah memiliki pengunjung yang cukup. Website yang aktif dan populer cenderung memberikan backlink yang lebih berkualitas.

3. Relevansi topik antara website sumber backlink dan website

Kemudian, kamu dapat melihat apakah konten di website sumber backlink sesuai dengan niche atau tema website Kamu, apakah menggunakan kata kunci yang sama atau terkait, dan apakah memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Backlink yang relevan akan meningkatkan kredibilitas dan ranking website Kamu di mesin pencari.

4. Ketahui Jenis backlink yang diberikan oleh website sumber backlink

Ada dua jenis backlink, yaitu dofollow dan nofollow. Dofollow adalah backlink yang memberikan sinyal kepada mesin pencari untuk mengikuti tautan tersebut dan menghitungnya sebagai rekomendasi.

Nofollow adalah backlink yang memberikan sinyal kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti tautan tersebut dan tidak menghitungnya sebagai rekomendasi. Backlink dofollow lebih berpengaruh daripada backlink nofollow, tetapi Kamu juga perlu memiliki keseimbangan antara keduanya.

5. Penempatan link di website sumber backlink

Kamu dapat melihat di mana link ke website Kamu ditempatkan di website sumber backlink, apakah di bagian atas, tengah, atau bawah halaman, apakah di dalam konten, sidebar, footer, atau header, dan apakah mudah dilihat oleh pembaca.

Dan backlink yang ditempatkan di bagian atas atau tengah halaman, di dalam konten, dan mudah dilihat cenderung memberikan dampak yang lebih besar daripada backlink yang ditempatkan di bagian bawah halaman, di luar konten, atau sulit dilihat.

6. Penggunaan anchor text pada link ke website Kamu

Anchor text adalah teks yang ditampilkan sebagai link ke website Kamu. Kamu dapat melihat apakah anchor text tersebut menggunakan kata kunci utama atau variasinya, apakah deskriptif dan informatif, dan apakah sesuai dengan konteks konten.

Biasanya, backlink dengan anchor text yang optimal akan membantu mesin pencari memahami topik dan relevansi website Kamu.

Selain itu, Kamu dapat menggunakan tools seperti Google Search Console untuk melihat daftar backlink yang mengarah ke website Kamu dan menganalisis kualitasnya berdasarkan faktor-faktor di atas. Dan Kamu juga dapat menggunakan tools lain seperti Backlink Checker atau Cek Backlink untuk melihat data backlink dari website lain. Semoga informasi yang kita sajikan bermafaat!

Posted in

Share :

Blog Lainnya