Home » Blog » Cara Menghubungkan Situs ke Adsense untuk Mendapat Uang Tambahan

Cara Menghubungkan Situs ke Adsense untuk Mendapat Uang Tambahan

by Nur Kamila

cara menghubungkan situs ke adsense

Websweetstudio.com – Sebenarnya, untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah di masa berkembangnya teknologi saat ini sudah sangat mudah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Google Adsense. Namun sebelum itu, jika kamu tertarik untuk memanfaatkannya, maka kamu harus merancang suatu website untuk dihubungkan. Lalu, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara menghubungkan situs ke adsense?

Bagi kamu yang sedang merancang-rancang website, namun masih belum tahu bagaimana cara menghubungkan situs ke adsense. Tenang saja! karena artikel ini akan memberikan penjelasannya secara terperinci. Maka, jangan sampai tinggalkan artikel ini sebelum selesai.

Cara Menghubungkan Situs ke Adsense untuk Mendapat Uang Tambahan

Google AdSense adalah layanan yang memungkinkan Kamu meraih penghasilan dari situs web Kamu dengan menampilkan iklan yang relevan dan berkualitas tinggi. Kamu hanya perlu mendaftar untuk akun AdSense, menambahkan kode ke situs Kamu, dan Google akan menyesuaikan iklan dengan konten atau audiens Kamu. Kamu akan dibayar setiap kali pengunjung situs Kamu mengklik iklan atau melihatnya.

Fitur yang Ada di Google AdSense

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Google AdSense:

1. Mencocokkan iklan dengan konten Kamu

AdSense menggunakan teknologi pencocokan iklan yang canggih untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan konten atau audiens situs Kamu. Kamu dapat memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan, seperti teks, gambar, video, atau format khusus. Kamu juga dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa iklan agar sesuai dengan situs Kamu.

2. Mengelola iklan dengan mudah

Google AdSense memberi Kamu kontrol penuh atas iklan yang ditampilkan di situs Kamu. Kamu dapat memblokir iklan yang tidak sesuai dengan konten Kamu, meninjau kinerja iklan, dan menguji variasi penempatan iklan. Kamu juga dapat menggunakan fitur Auto Ads untuk membiarkan AdSense menempatkan dan mengoptimalkan iklan secara otomatis.

3. Mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber

Kemudian, AdSense tidak hanya menyediakan iklan dari Google Ads, tetapi juga dari jaringan pihak ketiga, termasuk Ad Manager, Ad Exchange, dan lainnya. Ini berarti persaingan lebih tinggi untuk ruang iklan Kamu, sehingga meningkatkan potensi penghasilan Kamu. Kamu juga dapat mengintegrasikan AdSense dengan AdMob untuk memonetisasi aplikasi seluler Kamu.

4. Mendapatkan pembayaran yang andal

Seperti halnya pendapatan tetap, AdSense membayar Kamu setiap bulannya, asalkan saldo Kamu mencapai ambang batas pembayaran minimum. Kamu dapat memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan Kamu, seperti transfer bank, cek, atau Western Union. AdSense juga menangani proses penagihan terhadap semua pengiklan dan jaringan untuk iklan di situs Kamu.

5. Mendapatkan bantuan dan dukungan

Terakhir, AdSense juga menyediakan berbagai sumber daya untuk membantu Kamu mempelajari cara menggunakan program ini dengan optimal. Kamu dapat mengakses Pusat Bantuan, Komunitas AdSense, Akademi Penerbit, dan Blog AdSense untuk mendapatkan informasi, tips, dan panduan terbaru tentang AdSense. Kamu juga dapat menghubungi tim dukungan AdSense jika memiliki pertanyaan atau masalah terkait akun Kamu.

Cara Kerja Google AdSense

Perlu diketahui bahwa, Google AdSense bekerja dengan mencocokkan iklan dengan situs Kamu berdasarkan konten dan pengunjung Kamu. Iklan tersebut dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang ingin mempromosikan produk atau layanan mereka kepada audiens yang tepat.

Google AdSense juga menggunakan teknologi seperti cache browser, cookie, dan algoritma pencocokan untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan minat atau kebutuhan pengunjung Kamu.

Lalu, Google AdSense juga menggunakan sistem lelang untuk memilih iklan yang akan ditampilkan di situs Kamu. Iklan yang membayar paling tinggi akan menang dalam lelang dan akan ditampilkan di ruang iklan yang Kamu sediakan di situs Kamu.

Di sini, Kamu dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa iklan agar sesuai dengan desain situs Kamu, serta memilih jenis iklan yang ingin Kamu tampilkan, seperti teks, gambar, video, atau campuran.

Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense

Untuk mendapatkan uang dari Google AdSense, Kamu harus memiliki situs web atau blog yang memenuhi syarat dan kebijakan program Google AdSense. Kamu juga harus mendaftar ke Google AdSense dan mendapatkan persetujuan dari Google untuk menjadi publisher.

Setelah itu, Kamu dapat membuat kode iklan dan menempelkannya di situs Kamu di tempat yang Kamu inginkan. Setiap kali pengunjung situs Kamu mengklik atau melihat iklan yang ditampilkan oleh Google AdSense, Kamu akan mendapatkan sebagian dari pendapatan yang dibayarkan oleh pengiklan kepada Google.

Jumlah uang yang dapat Kamu peroleh dari Google AdSense tergantung pada beberapa faktor, seperti jumlah klik atau tayangan iklan, harga klik atau tayangan iklan, jenis iklan, kualitas konten, lokasi geografis pengunjung, perangkat yang digunakan pengunjung, dan lain-lain. Google akan membayar Kamu setiap bulannya melalui metode pembayaran yang Kamu pilih, jika saldo Kamu mencapai ambang batas minimum.

Cara Menghubungkan situs ke AdSense

Untuk menghubungkan situs Kamu ke AdSense, Kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut:

1. Menambahkan Situs

Sebelum Kamu dapat menghubungkan situs Kamu ke AdSense, Kamu perlu menambahkan situs Kamu ke daftar situs AdSense. Caranya adalah:

  • Login ke akun AdSense.
  • Klik Situs.
  • Klik +Situs baru.
  • Masukkan URL situs Kamu. Pastikan URL yang Kamu masukkan adalah domain stkamur yang tidak berisi jalur, parameter, fragmen, atau nomor port. Contoh URL yang valid adalah `example.com` atau `example.blogspot.com`.
  • Klik Simpan.

2. Menempelkan kode

Setelah Kamu menambahkan situs Kamu, Kamu perlu menempelkan kode AdSense ke HTML halaman Kamu. Kode ini akan memungkinkan AdSense untuk meninjau situs Kamu dan menampilkan iklan yang sesuai dengan konten dan pengunjung situs Kamu. Caranya adalah:

  • Di halaman beranda AdSense, di kartu “Hubungkan situs Kamu ke AdSense”, klik Ayo mulai.
  • Salin kode AdSense yang ditampilkan di layar.
  • Tempelkan kode tersebut ke HTML halaman Kamu, antara tag `<head>` dan `</head>`. Pastikan kode tersebut ditempatkan di halaman yang berisi konten dan menerima pengunjung rutin.
  • Jika Kamu pengguna WordPress, Kamu dapat menyisipkan kode iklan di situs WordPress dengan menggunakan plugin seperti [Insert Headers and Footers] atau [Advanced Ads].
  • Jika Kamu menggunakan Blogger atau YouTube (atau partner AdSense lainnya), Kamu tidak perlu menempelkan kode secara manual. Kamu cukup mendaftar ke AdSense melalui akun Kamu di sana dan mengikuti proses yang berbeda.

3. Meminta Peninjauan

Setelah Kamu menempelkan kode, langkah terakhir adalah meminta peninjauan dari AdSense. Proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari, tetapi terkadang bisa membutuhkan waktu 2-4 minggu. Kamu dapat memeriksa status peninjauan pada kartu “Situs” di halaman beranda AdSense. Caranya adalah:

  • Di halaman beranda AdSense, di kartu “Hubungkan situs Kamu ke AdSense”, klik Minta peninjauan.
  • Tunggu sampai situs Kamu disetujui oleh AdSense. Jika situs Kamu ditolak, periksa alasan penolakan dan lakukan perbaikan yang diperlukan sebelum mengajukan permintaan ulang.

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang Google AdSense, beserta cara menghubungkan situs ke adsense. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.

Posted in

Share :

Blog Lainnya