Home » Blog » Cara Mudah Membuat Website UI Design Unik dan Menarik

Cara Mudah Membuat Website UI Design Unik dan Menarik

by Nur Kamila

website UI design

Bagi kamu yang hidupnya sudah wara wiri di dunia teknologi, pastinya tidak akan asing dengan istilah website UI design. Website UI design atau website user interface design adalah proses mendesain tampilan, interaksi, kegunaan, perilaku, dan keseluruhan nuansa sebuah website.

Website UI design bertanggung jawab untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan bagi pengguna website. Website UI design juga berpengaruh pada kredibilitas, konversi, dan loyalitas pengguna. Oleh karena itu, membuat website UI design yang menarik adalah salah satu faktor penting dalam kesuksesan sebuah website.

Cara Mudah Membuat Website UI Design Unik dan Menarik

Namun, bagaimana cara membuat website UI design yang menarik? Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam website UI design? Dan apa saja rekomendasi website UI design yang bisa dijadikan inspirasi?

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips dan trik untuk membuat website UI design yang menarik, serta beberapa contoh website UI design yang keren dan kreatif.

Tips dan Trik Membuat Website UI Design yang Menarik

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membuat website UI design yang menarik:

– Kenali target pengguna Kamu

Sebelum mendesain website UI, Kamu perlu mengetahui siapa target pengguna Kamu, apa tujuan mereka mengunjungi website Kamu, apa kebutuhan dan harapan mereka, dan apa tantangan dan masalah mereka. Dengan mengetahui target pengguna Kamu, Kamu bisa mendesain website UI yang sesuai dengan kepentingan dan preferensi mereka.

– Buat sketsa atau wireframe website UI

Sketsa atau wireframe adalah kerangka kasar dari tampilan dan fungsi website UI. Sketsa atau wireframe bisa membantu Kamu merencanakan layout, navigasi, konten, dan fitur website UI secara efisien dan efektif. Sketsa atau wireframe juga bisa membantu Kamu menguji konsep dan ide Kamu sebelum menerapkannya ke dalam bentuk visual.

– Gunakan prinsip-prinsip desain dasar

Prinsip-prinsip desain dasar seperti keselarasan, keseimbangan, kontras, hierarki visual, proporsi, kesatuan, dll., bisa membantu Kamu membuat website UI yang rapi, harmonis, dan estetis. Prinsip-prinsip desain dasar juga bisa membantu Kamu mengatur elemen-elemen website UI agar mudah dipahami dan diikuti oleh pengguna.

– Pilih warna, tipografi, dan gambar yang sesuai

Warna, tipografi, dan gambar adalah elemen-elemen penting dalam website UI design. Warna bisa memberikan suasana, emosi, dan pesan kepada pengguna. Tipografi bisa mempengaruhi keterbacaan, keterpahaman, dan keterlibatan pengguna dengan konten.

Gambar bisa menambah daya tarik visual, informasi, dan persuasi kepada pengguna. Oleh karena itu, pilihlah warna, tipografi, dan gambar yang sesuai dengan tujuan, tema, dan target pengguna website Kamu.

– Perhatikan usability atau kegunaan website UI

Usability atau kegunaan adalah seberapa mudah pengguna bisa menggunakan website UI untuk mencapai tujuan mereka. Usability atau kegunaan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kecepatan loading, responsivitas, konsistensi, kesederhanaan, kemudahan navigasi, feedback, dll. Oleh karena itu, perhatikan usability atau kegunaan website UI Kamu agar pengguna tidak merasa bingung, frustrasi, atau kecewa saat mengakses website Kamu.

– Lakukan prototyping dan testing website UI

Prototyping adalah proses membuat model interaktif dari website UI untuk menguji konsep dan ide Kamu secara nyata. Testing adalah proses mengumpulkan dan menganalisis feedback dari pengguna atau pihak lain terkait website UI Kamu.

Prototyping dan testing bisa membantu Kamu mengevaluasi kekuatan dan kelemahan website UI Kamu, serta menemukan dan memperbaiki masalah atau kesalahan yang mungkin terjadi.

Rekomendasi Website UI Design yang Menarik Bisa Kamu Coba

Berikut adalah beberapa rekomendasi website UI design yang menarik yang bisa Kamu jadikan inspirasi:

– Cuberto

Website ini adalah website dari sebuah agensi desain digital yang menampilkan portofolio mereka dengan gaya yang elegan, modern, dan dinamis. Website ini menggunakan warna gelap yang kontras dengan warna terang dari elemen-elemen lainnya. Website ini juga menggunakan animasi, transisi, dan efek hover yang menarik perhatian pengguna.

– Figma

Kemuidan ada Figma yang merupakan website dari sebuah aplikasi desain online yang menawarkan berbagai fitur dan kemudahan bagi para desainer. Website ini menggunakan warna putih yang bersih dan minimalis, serta warna ungu yang menjadi ciri khas mereka. Website ini juga menggunakan tipografi yang besar dan jelas, serta gambar-gambar yang menunjukkan contoh penggunaan aplikasi mereka.

– Coursera

Website ini adalah website dari sebuah platform pembelajaran online yang menyediakan berbagai kursus dan sertifikat dari berbagai bidang. Website ini menggunakan warna biru yang tenang dan profesional, serta warna-warna cerah lainnya untuk membedakan kategori-kategori kursus. Website ini juga menggunakan layout yang rapi dan terstruktur, serta ikon-ikon yang informatif dan mudah dipahami.

– Dribbble

Dribble adalah website dari sebuah komunitas online bagi para desainer untuk berbagi karya-karya mereka. Website ini menggunakan warna merah muda yang ceria dan kreatif, serta warna abu-abu yang netral. Website ini juga menggunakan grid yang fleksibel dan responsif, serta gambar-gambar yang menampilkan karya-karya desainer dari seluruh dunia.

– Apple

Apple adalah website dari sebuah perusahaan teknologi terkenal yang memproduksi berbagai produk seperti iPhone, iPad, Mac, dll. Website ini menggunakan warna putih yang elegan dan minimalis, serta warna hitam yang kuat dan elegan. Website ini juga menggunakan tipografi yang sederhana dan bersih, serta gambar-gambar yang menampilkan produk-produk mereka dengan detail dan kualitas tinggi.

– Netflix

Website ini adalah website dari sebuah platform streaming online yang menyediakan berbagai film dan serial TV dari berbagai genre dan negara. Website ini menggunakan warna hitam yang gelap dan dramatis, serta warna merah yang menjadi ciri khas mereka. Website ini juga menggunakan layout yang responsif dan adaptif, serta gambar-gambar yang menampilkan poster-poster film dan serial TV yang menarik dan menggoda.

– Spotify

Website ini adalah website dari sebuah platform streaming musik online yang menyediakan berbagai lagu dan podcast dari berbagai artis dan genre. Website ini menggunakan warna hijau yang segar dan enerjik, serta warna hitam yang netral dan modern. Website ini juga menggunakan tipografi yang besar dan berani, serta gambar-gambar yang menampilkan cover-cover album dan playlist yang keren dan kreatif.

– Airbnb

Website ini adalah website dari sebuah platform penyedia akomodasi online yang menyediakan berbagai tempat menginap dari berbagai lokasi dan harga. Website ini menggunakan warna putih yang cerah dan bersih, serta warna merah muda yang hangat dan ramah. Website ini juga menggunakan tipografi yang ringan dan elegan, serta gambar-gambar yang menampilkan tempat-tempat menginap yang nyaman dan menawan.

Baca Juga: Tutorial Cek Traffic Website dengan Mudah dan Akurat

– Medium

Website ini adalah website dari sebuah platform blogging online yang menyediakan berbagai artikel dan cerita dari berbagai penulis dan topik. Website ini menggunakan warna hijau yang segar dan inspiratif, serta warna putih yang netral dan bersih.

Website ini juga menggunakan tipografi yang elegan dan profesional, serta gambar-gambar yang menampilkan foto-foto dan ilustrasi yang berkualitas. Selesai sudah penjelasan kita tentang website UI Design. Semoga bermanfaat. Apakah kamu tertarik untuk membuat website sendiri?

Posted in

Share :

Blog Lainnya