Home » Blog » Cara Transfer Domain untuk Mendapat Fitur Lebih Lengkap

Cara Transfer Domain untuk Mendapat Fitur Lebih Lengkap

by Nur Kamila

cara transfer domain

Websweetstudio.com – Sebelum kita beranjak untuk membahas tentang bagaimana cara transfer domain. Pertama-tama kita akan memberikan pengertian apa itu domain. Ya, sebagian orang sudah banyak yang tahu mengenai istilah ini, namun bagi pemula belum tentu tahu banyak. Maka dari itu, kita berinisaiatif untuk mengulasnya terlebih dahulu.

Domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi website dengan nama yang lebih mudah diingat dibandingkan dengan IP address yang rumit. Domain dibutuhkan agar pengguna internet bisa membuka serta mengakses website.

Cara Transfer Domain untuk Mendapat Fitur Lebih Lengkap

Nama domain terdiri dari dua elemen utama yaitu nama website dan ekstensi. Contohnya, domainesia.com memiliki nama website domainesia dan ekstensi .com.

Domain memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Mempermudah pengguna untuk mengakses website tanpa harus menghafal alamat IP.
  • Meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas website.
  • Membantu optimasi SEO (Search Engine Optimization) website.

Domain juga memiliki berbagai jenis, antara lain:

  • TLD (Top Level Domain): Domain tingkat atas yang memiliki ekstensi umum seperti .com, .net, .org, dan sebagainya.
  • ccTLD (Country Code Top Level Domain): Domain tingkat atas yang memiliki ekstensi berdasarkan kode negara seperti .id, .us, .uk, dan sebagainya.
  • gTLD (Generic Top Level Domain): Domain tingkat atas yang memiliki ekstensi berdasarkan kategori tertentu seperti .edu, .gov, .mil, dan sebagainya.
  • SLD (Second Level Domain): Domain tingkat kedua yang merupakan subdomain dari TLD seperti co.id, ac.id, sch.id, dan sebagainya.
  • Third Level Domain: Domain tingkat ketiga yang merupakan subdomain dari SLD seperti blog.domainesia.com, mail.google.com, dan sebagainya.
  • Premium TLD: Domain yang memiliki nilai jual tinggi karena memiliki nama yang pendek, mudah diingat, atau populer seperti pizza.com, car.com, dan sebagainya.

Dan itulah sedikit penhelasan tentang domain. Seperti yang sudah di janjikan di atas, maka di bawah ini adalah ulasan tentang cara transfer domain.

Cara Transfer Domain dengan Mudah

Transfer domain adalah proses memindahkan domain dari registrar (penyedia layanan domain) yang satu ke registrar yang lain. Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin transfer domain, misalnya untuk mendapatkan harga yang lebih murah, fitur yang lebih lengkap, atau pelayanan yang lebih baik. Untuk melakukan transfer domain, ada beberapa langkah yang harus diikuti, yaitu:

1. Persiapkan Domain Kamu

Sebelum transfer domain, pastikan domain Kamu memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Domain sudah terdaftar selama minimal 60 hari. Kamu tidak bisa transfer domain yang baru saja didaftarkan atau diperpanjang.
  • Domain tidak dalam status lock. Kamu harus membuka kunci domain Kamu di registrar lama sebelum transfer.
  • Domain tidak dalam masa grace period atau redemption period. Kamu harus menunggu sampai masa tersebut berakhir sebelum transfer.
  • Domain memiliki informasi kontak yang valid dan terbaru. Kamu akan menerima email konfirmasi transfer di alamat email yang terdaftar di domain Kamu.

2. Dapatkan Kode EPP

Kode EPP (Extensible Provisioning Protocol) adalah kode rahasia yang dibutuhkan untuk transfer domain. Kode ini berfungsi sebagai bukti bahwa Kamu adalah pemilik domain yang sah. Kamu bisa mendapatkan kode EPP dari registrar lama Kamu, biasanya melalui panel kontrol atau email.

3. Pesan Transfer Domain di Registrar Baru

Setelah mendapatkan kode EPP, Kamu bisa memesan transfer domain di registrar baru yang Kamu pilih. Kamu harus memasukkan nama domain dan kode EPP yang Kamu miliki, serta membayar biaya transfer sesuai dengan ketentuan registrar baru. Biasanya, biaya transfer juga termasuk perpanjangan domain selama satu tahun.

 4. Konfirmasi Transfer Domain

Setelah memesan transfer domain, Kamu harus mengkonfirmasi proses transfer melalui email yang dikirimkan oleh registrar baru. Email ini berisi tautan untuk menyetujui atau menolak transfer domain. Kamu harus mengklik tautan tersebut dan mengikuti instruksi yang diberikan.

 5. Tunggu Proses Transfer Selesai

Proses transfer domain bisa memakan waktu antara beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung pada kecepatan respon dari registrar lama dan baru. Kamu bisa memantau status transfer domain melalui panel kontrol registrar baru atau melalui situs web seperti [Whois]. Jika transfer berhasil, domain Kamu akan aktif di registrar baru dengan semua pengaturan DNS yang sama seperti sebelumnya.

Kelebihan Transfer Domain

Berikut ini adalah beberapa kelebihan transfer domain yang bisa Kamu pertimbangkan:

1. Kelebihan Transfer Domain dari Segi Harga

– Transfer domain bisa membantu Kamu mendapatkan harga yang lebih murah untuk perpanjangan domain. Beberapa registrar menawarkan harga transfer yang lebih rendah daripada harga registrasi atau perpanjangan di registrar lama.

– Transfer domain juga bisa memberikan Kamu kesempatan untuk mendapatkan promo atau diskon dari registrar baru. Misalnya, Niagahoster menawarkan harga transfer domain mulai dari Rp12.000 dengan gratis perpanjang selama satu tahun.

– Transfer domain juga bisa menghemat biaya jika Kamu memilih registrar yang memberikan perlindungan privasi secara gratis. Perlindungan privasi adalah fitur yang melindungi data pribadi Kamu dari akses publik. Beberapa registrar mengenakan biaya tambahan untuk fitur ini, tetapi ada juga yang menyediakannya secara gratis, seperti Google Domain dan Niagahoster.

2. Kelebihan Transfer Domain dari Segi Fitur

– Transfer domain bisa memberikan Kamu akses ke fitur-fitur yang lebih lengkap dan sesuai dengan kebutuhan Kamu. Beberapa registrar memiliki fitur unggulan yang mungkin tidak dimiliki oleh registrar lain, seperti server DNS yang didukung oleh Google, penerusan email, otentikasi dua langkah, dan lain-lain.

– Transfer domain juga bisa memudahkan Kamu untuk terhubung dengan layanan-layanan lain yang disediakan oleh registrar baru. Misalnya, jika Kamu transfer domain ke Google Domain, Kamu bisa dengan mudah menghubungkannya dengan produk-produk Google lainnya, seperti G-suite, Google Search Console, dan lain-lain. Jika Kamu transfer domain ke Niagahoster, Kamu bisa dengan mudah menghubungkannya dengan layanan hosting yang berkualitas dan terjangkau.

3. Kelebihan Transfer Domain dari Segi Pelayanan

– Transfer domain bisa memberikan Kamu pengalaman pelayanan yang lebih baik dari registrar baru. Beberapa registrar mungkin memiliki reputasi yang kurang baik dalam hal pelayanan pelanggan, seperti lambat merespon, tidak profesional, atau tidak membantu. Dengan transfer domain, Kamu bisa memilih registrar yang memiliki tim support yang ramah, responsif, dan siap membantu Kamu selama 24 jam.

– Transfer domain juga bisa memberikan Kamu kemudahan dalam proses transfer itu sendiri. Beberapa registrar memiliki proses transfer yang mudah dan cepat, hanya dengan memasukkan nama domain dan kode EPP³. Beberapa registrar juga memberikan panduan lengkap dan jelas tentang cara transfer domain dari berbagai registrar lain.

Dan itulah penjelasan mengenai domain, beserta cara transfer domain. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Posted in

Share :

Blog Lainnya