Home » Blog » Estimasi Harga Jasa Pembuatan Website Profesional

Estimasi Harga Jasa Pembuatan Website Profesional

by Nur Kamila

Harga jasa pembuatan website

WebsweetstudioHarga jasa pembuatan website profesional sebenarnya sangat bervariasi. Dan bagi kamu yang ingin membuka layanan jasa pembuatan website, maka sangat wajib untuk mengetahui berapa estimasi, dan apa saja yang harus dipersiapkan.

Bagi yang sudah berpengalaman, mungkin hal ini adalah hal yang sangat mudah, namun bagaimana jika ada yang masih ingin memulai bisnis pembuatan jasa web professional? Maka dari itu, kita akan memberikan ulasan tentang estimasi harga jasa pembuatan website profesional di bawah ini.

Estimasi Harga Jasa Pembuatan Website Profesional

1. Nama Domain (Rp150.000 – Rp300.000)

Nama domain baru tersebut nantinya akan menjadi nama URL website Kamu. Pilih domain tingkat atas yang berkualitas seperti .com. .id, .info, .net atau .co.id. Dalam memilih nama domain, usahakan untuk merencanakannya sebaik mungkin, harus benar-benar bagus dan cocok untuk mewakili website bisnis Kamu.

2. Nama Domain + Hosting (Rp 500.000 – Rp 1.000.000)

Tarif akomodasi ini cukup untuk 100 hingga 1000 tamu per hari. Hosting adalah tempat Kamu meletakkan konten yang berisi informasi, produk, dan pengunjung toko. Hosting itu seperti menyewa toko, besarnya tergantung besar kecilnya toko yang Kamu sewa.

3. CMS dan desain

A. WordPress/Joomla/Drupal CMS (Rp 500.000 – Rp 1.500.000)

Yang paling umum digunakan adalah cms (sistem manajemen konten), yang merupakan mesin untuk menjalankan situs web Kamu, mulai dari pemrograman hingga desain eksternal. CMS ini paling banyak diminati karena sederhana, murah, memiliki sistem manajemen dari perusahaan CMS ternama, memiliki fitur yang bagus dan banyak, terutama soal SEO (Search Engine Optimization).

B. Pengembang Web (Rp 10.000.000 – 100.000.000)

Buat kode Kamu sendiri secara manual untuk membuat situs web yang sangat spesifik, mulai dari pengkodean back-end hingga desain web front-end. Biasanya diterapkan pada perusahaan besar yang bergerak di bidang Internet yang membutuhkan website khusus yang tentunya memiliki fungsi yang sangat spesifik.

4. Desain Grafis (Rp250.000 – Rp1.000.000)

Di dalam website terdapat banyak konten desain grafis yang sangat dibutuhkan, jika tidak bisa menyediakannya, Kamu bisa membayar web designer untuk melakukannya.

5. Simulasi Biaya pengembangan situs web

  • Domain (com): Rp 120.000
  • Akomodasi: Rp 500.000
  • CMS dan desain web: Rp 800.000
  • Biaya tenaga kerja: Rp 1.000.000
  • Total RDI: 2.420.000
  • Diskon dari Rp2.420.000 menjadi Rp2.100.000

Dan itulah kira-kira estimasi biaya harga jasa pembuatan web site professional. Selanjutnya, kamu perlu tahu tentang keuntunggan menggunakan web site, yang akan kita bahas di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Website

1. Meningkatkan kredibilitas bagi usaha kecil

Keuntungan pertama yang akan kamu dapat ketika memiliki website adalah meningkatkan kredibilitas untuk bisnis kecil. Jadi, jika bisnis Kamu masih kecil, jangan khawatir karena kredibilitasnya bisa Kamu tingkatkan melalui website.  

Bagaimana bisa begitu? Karena saat ini konsumen semakin banyak menggunakan internet untuk mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan. Bisnis kecil Kamu akan mendapatkan kredibilitas dengan memiliki situs web.

Tanpa situs web, calon pelanggan akan melirik pesaing Kamu yang memilikinya. Jika Kamu sudah memiliki situs web tetapi masih sama, Kamu harus mendesain ulang dengan tampilan yang lebih profesional, yang akan membuat bisnis Kamu memiliki tingkat kredibilitas yang lebih tinggi.

Dan bagi Kamu yang memiliki bisnis rumahan, sangat menguntungkan untuk memiliki website atau website bisnis sendiri karena Kamu tidak perlu memiliki toko offline (toko fisik), untuk menjual semua produk atau jasa yang Kamu jual kepada para konsumen.

2. Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas dan Relevan

Kemudian bagi Kamu yang memiliki bisnis yang cukup stabil, website akan memungkinkan Kamu menjangkau target pasar yang lebih besar. Dan website juga  selalu menjadi jalan alternatif yang menarik untuk mempromosikan jasa dan produk yang kita sediakan.

karena selain mudah diakses, juga menjangkau berbagai pelosok, bahkan jika ada internet di tempat itu. Sebagai pengecer produk, situs web e-niaga, atau toko online, ini adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan produk Kamu ke pasar yang lebih luas, karena produk Kamu dapat dilihat dan dilihat di seluruh dunia.

3. Hemat Biaya

Sebagai pemilik usaha kecil, Kamu mungkin tidak berpikir bahwa Kamu mampu membuat situs web yang unik, menarik, atau profesional. Namun, coba bandingkan biaya pembuatan situs web dengan biaya Kamu jika Kamu beriklan di koran, dan jika kamu sudah paham, maka beriklan di website dinilai lebih efektif untuk mempromosikan bisnis Kamu. 

Namun perlu diingat, biaya pembuatan situs web sangat bervariasi, dan jika kamu harus merogoh kocek yang lumayan banyak, namun hal itu tidak akan merugikan kamu. Ingatlah bahwa saat ini semuanya sangat efektif bila dilakukan secara online.

4. Selalu dapat Terhubung dengan Pelanggan

Salah satu keuntungan terbaik memiliki situs web untuk bisnis Kamu adalah memungkinkan Kamu untuk tetap terhubung dengan pelanggan Kamu. Selain itu, kamu juga bisa memahami keinginan konsumen Kamu, bahkan berinteraksi melalui live chat atau telepon.

Juga jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk memperbarui informasi produk dan layanan di situs web Kamu daripada di materi cetak. Oleh karena itu, ini adalah cara yang efektif untuk memberi tahu pelanggan Kamu tentang produk baru yang akan segera hadir, acara yang akan datang, promosi khusus, atau layanan baru yang akan segera  diadakan.

Tidak seperti iklan cetak yang cepat ketinggalan zaman, situs web Kamu memungkinkan Kamu untuk selalu memberikan informasi terkini yang pasti akan dinikmati konsumen.

5. Akses mudah

Manfaat kelima memiliki website bisnis adalah mudah diakses. Ya, sebuah website dapat dilihat oleh Kamu sendiri, konsumen Kamu, calon pelanggan dan pelanggan setia tanpa batasan kapanpun dan dimanapun.

Fungsi yang paling bagus adalah walaupun saat toko atau kantor offline Kamu sedang tutup, konsumen kamu akan bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa Kamu

6. Sebagai Sarana Katalog Produk dan Jasa (Portofolio)

Keunggulan dari memiliki website adalah sebagai sarana katalog produk dan jasa (portofolio). Ya, tidak peduli apa pun jenis usaha yang Kamu jalani, sebuah situs web adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan karya Kamu.

Dengan memasukkan portofolio atau galeri foto produk, serta testimonial tentang pekerjaan yang Kamu lakukan, Kamu dapat menunjukkan apa yang membuat bisnis Kamu menjadi semakin unik.

7. Menghemat Waktu

Tahukah Kamu, memberikan informasi kepada pelanggan pasti membutuhkan waktu, baik itu lewat telepon, bertatap muka, melalui brosur, ataupun dalam email. Melalui katalog online, Kamu bisa memberikan banyak informasi tentang produk dan jasa Kamu secara cepat dan lebihh efisien.

Baca Juga: Terjangkau atau Tidak? Temukan Harga Jasa Pembuatan Website Disini!

8. Meningkatkan Pelayanan ke Pelanggan

Ya melalui website, pelayanan ke pelanggan kamu pasti akan semakin meningkat. Apalagi dengan menambahkan halaman tanya jawab, menulis artikel dan blog, atau memberikan info newsletter untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan Kamu.

Dari penjelasan ini, masih ragu untuk memiliki web site sendiri? Ayo! Banging website professionalmu agar omset bisnismu lebih melesat dengan banyak keuntungan. Selamat mencoba!

Posted in

Share :

Blog Lainnya