Home » Blog » Ingin Landing Page Lebih Efektif? Pakai Metode AIDA

Ingin Landing Page Lebih Efektif? Pakai Metode AIDA

by Aditya Kristyanto

bruce-mars-FWVMhUa_wbY-unsplash

Landing page yang bisa menghasilkan konversi dan trafik penjualan tinggi ialah landing page yang dioptimasi secara baik dan profesional. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mencapainya. Salah satunya yakni melalui penerapan metode AIDA dalam copywriting.

Penggunaan metode AIDA dalam landing page bisnis terbukti sangat jitu memperoleh konversi tinggi. Aida merupakan model iklan dalam bentuk tulisan yang dibuat untuk tujuan marketing.

Banyak pengusaha yang memilih memakai AIDA untuk copywriting landing page karena lebih efektif dalam mencapai tujuan bisnis. AIDA membantu landing page anda lebih efektif menarik perhatian target market. Informasi dan promosi yang disampaikan melalui metode ini sangat berpotensi merubah pembaca menjadi konsumen bisnis anda.

Memangnya seperti apa sih metode AIDA dan bagaimana langkah-langkahnya?

Attention atau Perhatian

Ilustrasi Landing page (Unsplash)

CEO Tokopedia, William Tanu, mengatakan bahwa kunci utama dalam bisnis adalah kepercayaan atau keyakinan. Untuk dapat membuat orang atau pengunjung landing page membeli produk anda, maka anda perlu meyakinkan mereka terlebih dahulu.

Tahap pertama yang harus kamu lakukan dalam metode AIDA adalah membuat copywriting yang bersifat menarik perhatian. Rangkailah sebuah kalimat pembuka dalam landing page yang dapat membuat pembaca tertarik.

Ada tips untuk membuat attention metode AIDA. Kalimat yang anda buat harus dapat menyentuh perasaan pembaca. Anda bisa menggunakan berbagai gaya bahasa dan menyoroti psikologis kebutuhan pembaca. Sebisa mungkin sampaikan secara singkat, to the point, dan jelas, jangan bertele-tele.

Interest atau Minat

Tahap kedua metode AIDA ialah menciptakan interest atau minat pembaca. Setelah pembaca tertarik dengan landing page anda, kemudian anda harus menjaga supaya pembaca tetap mengikuti lebih jauh.

Pada bagian ini, anda harus menyampaikan informasi yang dibutuhkan pembaca seputar produk anda. Sampaikan apa saja keunggulan dan manfaat dari produk anda. Ketika pembaca menemukan keuntungan-keuntungan dari produk anda, mereka akan lanjut mengikuti apa yang anda arahkan.

Anda bisa menyampaikan spesifikasi atau kriteria dari produk anda. Sampaikan juga layanan-layanan dari produk anda.

Desire atau Keinginan

Ilustrasi keinginan (Unsplash)

Pembaca yang berminat dengan produk anda belum tentu mereka ingin membeli produk anda. Oleh karena itu, ketika pembaca sudah mendapatkan desire dari landing page anda, selanjutnya ciptakan rasa keinginan pada mereka.

Anda harus membuat tulisan yang bisa mempengaruhi supaya mereka ingin membeli produk anda. Di tahap ini, anda akan mengubah calon konsumen anda menjadi pelanggan potensial. Buatlah produk anda menjadi sesuatu yang mereka butuhkan dan yakinkan bahwa janji-janji anda bisa dipercaya.

Anda dapat memperkuat desire calon konsumen melalui beberapa cara. Anda bisa menampilkan testimoni dari klien, menampilkan endorse dari influencer, menunjukkan bukti sosial, dan sebagainya.

Posted in

Share :

Blog Lainnya