Home » Blog » Manfaat Website untuk Bisnis demi Meningkatkan Penjualan

Manfaat Website untuk Bisnis demi Meningkatkan Penjualan

by Aditya Kristyanto

firmbee-com-gcsNOsPEXfs-unsplash

Kegunaan website untuk bisnis sangatlah banyak di era digital seperti sekarang ini. Di masa yang serba online, pemilik usaha dituntut untuk berkembang go digital. Jika tidak, bisnis anda bisa tertinggal dari kompetitor. 

Banyak UMKM dan toko online yang membuat website demi menunjang penjualan bisnis mereka. Perkembangan cara berbisnis ini menjadi kemajuan yang bagus karena para pengusaha sudah sadar atau melek internet.

Adanya jasa pembuatan website murah sangatlah mendukung kemajuan bisnis. Banyak pemilik bisnis yang sudah menggunakan jasa tersebut, baik dari usaha kecil hingga besar. Salah satu penyedia layanan pembuatan website yang profesional dan terpercaya adalah Websweet

Lantas apa saja sih manfaat website bagi bisnis? Berikut 8 keuntungan yang akan anda dapatkan.

Menjangkau Pelanggan Lebih Luas

(Ilustrasi jangkauan target market: Unsplash)

Manfaat website bagi bisnis yang pertama adalah membantu menjangkau target pasar lebih luas. Website sangat efektif menjadi media untuk promosi atau mengenalkan produk suatu bisnis.

Produk yang dipromosikan melalui website terbukti mudah dikenal banyak orang, khususnya target market bisnis tersebut. Kita tahu bahwa hampir semua orang menggunakan mesin pencari Google untuk menemukan produk incaran mereka.

Target market juga bisa membeli langsung produk yang mereka inginkan melalui website. Di website, Tersedia arahan atau petunjuk bagi yang ingin membeli produk idaman mereka. 

Pelanggan dan Pemilik Bisnis Mudah Terhubung

(Ilustrasi costumer service: Unsplash)

Salah satu kunci penting dalam sebuah bisnis adalah komunikasi antara buyer dengan seller. Ketika sebuah bisnis memiliki website, target market bisa mendapatkan banyak informasi dengan mudah. 

Sebuah bisnis bisa menampilkan informasi produk yang ditawarkan melalui laman website atau landing page, meliputi informasi produk, harga, cara pembeliannya, serta promosi khusus. Pembeli juga lebih mudah mendapatkan update kabar dari produk-produk terbaru dengan mudah dan cepat.

Selain itu, calon buyer juga dapat dengan mudah menghubungi seller. Kontak seller bisa didapat oleh buyer di laman web. Dengan itu, mereka dapat bertanya lebih jauh mengenai produk anda. 

Menghemat Budget 

(Ilustrasi hemat keuangan: Unsplash)

Salah satu manfaat utama dari bisnis yang menggunakan website adalah dapat menghemat uang. Jasa layanan pembuatan website dan landing page seperti Websweet memberikan layanan yang murah dan berkualitas.

Bayangkan ketika anda harus merekrut karyawan di posisi IT untuk membuat website dan mengurus kinerja websiteya. Tentunya anda harus mengeluarkan biaya lagi yang cukup besar. 

Maka dari itu dengan memakai jasa pembuatan website, anda lebih mengirit anggaran. Anda hanya perlu mengeluarkan satu kali biaya. Anda tidak perlu menggaji karyawan perbulan dan bisa menghemat anggaran.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

(Ilustrasi pelanggan bisnis: Unsplash)

Kepercayaan adalah hal yang mahal harganya. Termasuk kepercayaan pelanggan kepada suatu brand bisnis. Untuk bisa mencapai hal itu, sebuah bisnis perlu meningkatkan kredibilitasnya.

Ada banyak faktor yang bisa meningkatkan kredibiltas suatu bisnis. Salah satu yang cukup berperan besar adalah website. Pelanggan akan semakin yakin bisnis anda terpercaya dan mempunyai nilai lebih ketika ada websitenya. 

Namun tidak berhenti hanya sekadar bisnis anda punya website. Website bisnis anda juga harus didesain dengan tampilan yang menarik dan profesional. Selain itu, fitur-fitur di dalam websitenya pun harus bisa membantu kebutuhan dan membuat nyaman pelanggan. Anda bisa memakai jasa pembuatan website untuk mejawab masalah ini.

Mudah Dikunjungi Pelanggan

(Ilustrasi pengguna website: Unsplash)

Salah satu perbedaan paling mencolok dari website dan toko fisik/offline adalah jam aksesnya. Apabila anda berjualan di toko atau outlet, biasanya punya jadwal jam buka dan tutupnya. Hal ini tentu saja membatasi kunjungan pelanggan.

Namun apabila anda berjualan melalui website, bisnis anda selalu terbuka selama 24 jam tanpa tutup. Target market bisa mengunjungi bisnis anda kapan saja dan di mana saja. Mereka bisa melihat produk bisnis anda hanya dengan memakai gadget. 

Website menjadi tempat jualan yang efektif karena sekarang orang lebih sibuk beraktivitas di dunia digital. Selain itu website juga bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang punya kesibukan tinggi yang ingin membeli suatu produk.

Tempat Menampilkan Katalog Produk

Katalog produk adalah hal yang paling dicari calon pembeli. Sebelum memutuskan meminang produk impian, mereka akan terlebih dahulu mengamati spesifikasi produk anda lewat katalog, mulai dari tampilan fisik, USP, layanannya, dan sebagainya.

Website bisa menjadi tempat anda untuk menampilkan katalog produk. Katalog ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja oleh pembeli. Adanya desain web juga membuat tampilan katalog anda semakin menarik.

Itu tadi beberapa manfaat website untuk bisnis yang harus diketahui para pengusaha. Semua kegunaan website pastinya menunjang konversi penjualan suatu bisnis. Terlebih persaingan di era sekarang semakin cepat dan ketat.

Posted in

Share :

Blog Lainnya