Home » Blog » Rekomendasi Biaya Hosting dan Domain Serta Cara Membelinya

Rekomendasi Biaya Hosting dan Domain Serta Cara Membelinya

by Nur Kamila

Websweetstudio.com – Hosting dan domain adalah dua hal yang sangat penting untuk membuat website. Hosting adalah tempat penyimpanan data website, sedangkan domain adalah alamat atau nama website. Tanpa hosting dan domain, website Kamu tidak akan bisa diakses oleh pengunjung. Kamu perlu memperhatikan biaya hosting dan domain dalam proses pembuatan website.

Namun, banyak orang masih bingung tentang biaya hosting dan domain dan cara membelinya. Apakah Kamu salah satunya? Di sini, saya akan memberikan rekomendasi biaya dan cara membeli hosting dan domain yang murah, mudah, dan berkualitas. Berikut ulasannya:

Rekomendasi Biaya Hosting dan Domain

Biaya hosting dan domain bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis hosting, ukuran website, fitur tambahan, hingga penyedia layanan. Namun, secara umum, Kamu bisa mendapatkan hosting dan domain dengan harga yang terjangkau jika Kamu memperhatikan hal-hal berikut:

1. Jenis Hosting Harus Senada dengan Website

Ada beberapa jenis hosting yang tersedia, seperti shared hosting, cloud hosting, WordPress hosting, VPS hosting, dan email hosting. Setiap jenis hosting memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta harga yang berbeda-beda. Untuk website pemula atau skala kecil, Kamu bisa memilih shared hosting atau cloud hosting yang lebih murah dan mudah digunakan.

Untuk website skala besar atau profesional, Kamu bisa memilih WordPress hosting atau VPS hosting yang lebih fleksibel dan kuat.

2. Diskon dan Promo Bisa Kamu Manfaatkan

Banyak penyedia layanan hosting dan domain yang menawarkan promo atau diskon menarik untuk menarik pelanggan. Kamu bisa memanfaatkan promo ini untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Misalnya, ada penyedia layanan yang memberikan gratis domain jika Kamu membeli hosting untuk jangka waktu tertentu. Atau ada juga yang memberikan diskon hingga 50% untuk pembelian paket tertentu.

3. Bandingkan Harga Antara Penyedia Layanan yang Berbeda

Jangan terburu-buru membeli hosting dan domain dari penyedia layanan pertama yang Kamu temukan. Sebaiknya, Kamu melakukan survei dan perbandingan harga antara penyedia layanan yang berbeda. Dengan begitu, Kamu bisa mendapatkan harga terbaik sesuai dengan budget Kamu.

Untuk referensi, berikut adalah beberapa contoh biaya hosting dan domain dari beberapa penyedia layanan populer di Indonesia:

  • Niagahoster: Hosting mulai dari Rp 19.800 per bulan, domain mulai dari Rp 100.000 per tahun.
  • Jagoan Hosting: Hosting mulai dari Rp 14.500 per bulan, domain mulai dari Rp 99.000 per tahun.
  • Qwords: Hosting mulai dari Rp 14.500 per bulan, domain mulai dari Rp 100.000 per tahun.

Cara Membeli Hosting dan Domain

Setelah mengetahui biaya hosting dan domain, langkah selanjutnya adalah cara membelinya. Cara membeli hosting dan domain sebenarnya tidak sulit, asalkan Kamu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi website penyedia layanan hosting dan domain yang Kamu pilih.
  • Masukkan nama domain yang Kamu inginkan. Jika nama domain sudah tersedia, lanjutkan ke proses pembayaran. Jika nama domain sudah terpakai, pilih nama domain lain atau ekstensi lain.
  • Isi data diri dan pilih metode pembayaran yang Kamu inginkan.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  • Tunggu konfirmasi dari penyedia layanan bahwa pembelian Kamu berhasil.
  • Aktifkan akun hosting dan domain Kamu melalui email atau panel kontrol.
  • Selesai! Sekarang Kamu sudah memiliki hosting dan domain untuk website Kamu.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa contoh cara membeli hosting dan domain dari beberapa penyedia layanan populer di Indonesia:

Keuntungan Membeli dengan Biaya Hosting dan Domain yang Murah dan Berkualitas

Mungkin Kamu bertanya-tanya, apa sih keuntungan membeli hosting dan domain? Apakah tidak bisa membuat website tanpa hosting dan domain? Jawabannya adalah tidak. Hosting dan domain adalah syarat utama untuk membuat website yang profesional dan berkualitas. Berikut adalah beberapa keuntungan membeli hosting dan domain:

1. Dapat Memiliki Kontrol Penuh Atas Website Kamu

Kamu bisa mengatur tampilan, fitur, konten, dan keamanan website Kamu sesuai dengan keinginan Kamu. Kamu juga bisa menambahkan atau menghapus apa saja yang Kamu mau tanpa batasan.

2. Kamu Memiliki Identitas Online yang Unik dan Mudah di Ingat

Dengan memiliki domain sendiri, Kamu bisa membuat nama website yang sesuai dengan merek, produk, atau jasa Kamu. Nama domain juga bisa membantu pengunjung mengenali dan mengingat website Kamu dengan lebih mudah.

3. Dapat Memiliki Kredibilitas dan Reputasi yang Lebih Baik

Memiliki hosting dan domain sendiri menunjukkan bahwa Kamu serius dan profesional dalam menjalankan website Kamu. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pengunjung, serta membedakan Kamu dari pesaing yang menggunakan platform gratisan.

4. Kamu Memiliki Peluang untuk Mendapatkan Penghasilan dari Website Kamu

Dengan memiliki hosting dan domain sendiri, Kamu bisa memanfaatkan berbagai cara untuk menghasilkan uang dari website Kamu, seperti menjual produk atau jasa, menampilkan iklan, mendapatkan donasi, atau menjadi afiliasi.

Tips Memilih dan Berlangganan Hosting dan Domain yang Tepat

Setelah mengetahui keuntungan membeli hosting dan domain, tentu Kamu ingin segera membelinya. Namun, sebelum itu, ada beberapa tips yang perlu Kamu perhatikan agar tidak salah pilih. Berikut adalah tips memilih hosting dan domain:

1. Sesuaikan dengan Tujuan dan Skala Website Kamu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada berbagai jenis hosting yang tersedia, seperti shared hosting, cloud hosting, WordPress hosting, VPS hosting, dan email hosting. Setiap jenis hosting memiliki kapasitas, performa, dan harga yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, Kamu harus memilih jenis hosting yang sesuai dengan tujuan dan skala website Kamu. Misalnya, jika Kamu ingin membuat website sederhana atau blog pribadi, Kamu bisa memilih shared hosting atau cloud hosting yang lebih murah dan mudah digunakan.

Namun, jika Kamu ingin membuat website bisnis atau e-commerce yang besar dan ramai pengunjung, Kamu harus memilih WordPress hosting atau VPS hosting yang lebih fleksibel dan kuat.

2. Perhatikan Kualitas Layanan dan Dukungan Teknis

Selain harga, hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah kualitas layanan dan dukungan teknis dari penyedia layanan hosting dan domain. Kualitas layanan mencakup kecepatan akses, uptime (waktu online), keamanan data, backup data, fitur tambahan, dll.

Dukungan teknis mencakup ketersediaan customer service, respon time (waktu tanggap), cara komunikasi (telepon, email, chat), dll. Kamu harus memilih penyedia layanan yang memiliki kualitas layanan dan dukungan teknis yang baik agar website Kamu bisa berjalan lancar tanpa gangguan.

3. Jangan Menggunakan Simbol

Hal terakhir yang perlu Kamu perhatikan saat memilih nama domain adalah jangan sesekali menggunakan simbol pada domain yang Kamu gunakan. Dimana kebanyakan orang malas menuliskan simbol ketika mencari nama domain yang dicarinya. Misalnya apakah simbol ini bertipe tanda hubung atau yang lainnya.

Sedangkan jika mereka membuka website menggunakan perangkat mobile maka mereka akan kesulitan dalam mengetik dan tentunya akan merasa tidak nyaman. Jadi sebisa mungkin, jangan gunakan simbol saat menggunakan nama domain.

Demikianlah artikel tentang rekomendasi biaya hosting dan domain dan cara membeli. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu yang ingin membuat website sendiri. Terima kasih!

Posted in

Share :

Blog Lainnya