Home » Blog » Rekomendasi Download Template Website Gratis Keren

Rekomendasi Download Template Website Gratis Keren

by Nur Kamila

download template website gratis keren

Websweetstudio.com – Jika Kamu ingin membuat website yang menarik dan profesional, Kamu perlu download template website gratis keren yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Kamu. Template website adalah kumpulan file HTML, CSS, JavaScript, dan gambar yang menentukan tampilan dan fungsi website Kamu.

Dengan download template website gratis keren, Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk mendesain website dari awal. Namun, tidak semua template website berbayar. Template website gratis biasanya memiliki fitur-fitur dasar yang cukup untuk membuat website yang responsive, SEO-friendly, dan user-friendly.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi beberapa template website gratis keren yang bisa Kamu download dan gunakan untuk berbagai jenis website. Kami juga akan memberikan cara-cara untuk menggunakan template website tersebut di platform yang berbeda, seperti WordPress, Bootstrap, atau Canva.

Rekomendasi Download Template Website Gratis Keren

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi untuk download template website gratis keren yang bisa Kamu download dan gunakan untuk website Kamu:

1.    Ideal

Template website gratis yang didesain khusus untuk usaha desain interior. Template ini memiliki tampilan yang elegan, modern, dan minimalis. Template ini juga responsive, sehingga bisa menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang digunakan. Fitur-fitur yang tersedia di template ini antara lain: slider, animasi, galeri, testimonial, blog, dan formulir kontak.

2.    Unapp

Template website gratis yang cocok untuk usaha yang berbasis data atau aplikasi. Template ini memiliki tampilan yang dinamis, futuristik, dan profesional. Template ini juga responsive dan SEO-friendly. Fitur-fitur yang tersedia di template ini antara lain: video background, parallax effect, counter, pricing table, blog, dan newsletter.

3.    Etrain

Template website gratis yang spesial diciptakan untuk kebutuhan edukasi lewat platform online. Template ini memiliki tampilan yang bersih, simpel, dan informatif. Template ini juga responsive dan user-friendly. Fitur-fitur yang tersedia di template ini antara lain: hero section, course list, instructor list, testimonial, blog, dan formulir pendaftaran.

4.    Trainer

Template website gratis yang bisa digunakan untuk membangun personal branding sebagai trainer atau coach. Template ini memiliki tampilan yang menarik, kreatif, dan inspiratif. Template ini juga responsive dan SEO-friendly.

Fitur-fitur yang tersedia di template ini antara lain: video intro, about section, skill section, service section, portfolio section, testimonial section, blog section, dan contact section.

5.    Realtors

Template website gratis yang didesain untuk usaha properti atau real estate. Template ini memiliki tampilan yang elegan, mewah, dan profesional.

Template ini juga responsive dan SEO-friendly. Fitur-fitur yang tersedia di template ini antara lain: slider, property list, property detail, agent list, agent detail, blog, dan contact form.

Cara Menggunakan Template Website Gratis

Setelah Kamu download template website gratis keren yang Kamu inginkan, langkah selanjutnya adalah menggunakannya untuk membuat website Kamu.

Cara menggunakan template website gratis tergantung pada platform atau software yang Kamu gunakan untuk membuat website Kamu. Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan template website gratis di platform atau software yang berbeda:

1.    WordPress

WordPress adalah salah satu platform terpopuler untuk membuat website dengan mudah dan cepat. Untuk menggunakan template website gratis di WordPress, Kamu perlu menginstall tema WordPress terlebih dahulu.

Tema WordPress adalah kumpulan file PHP, CSS, JavaScript, dan gambar yang menentukan tampilan dan fungsi website WordPress Kamu.
Cara menginstall tema WordPress adalah sebagai berikut:

  • Login ke halaman admin WordPress.
  • Kemudian masuklah ke menu Appearance > Themes dan klik Add New untuk menambahkan tema baru.
  • Pilih template atau tema WordPress yang ingin Kamu install. Kalau Kamu sudah menemukannya klik Install.
  • Setelah proses instalasi tema WordPress selesai, aktifkan tema dengan klik tombol Activate.

Setelah Kamu mengaktifkan tema WordPress, Kamu bisa mengkustomisasi tampilan dan fungsi website Kamu sesuai dengan keinginan Kamu. Kamu bisa menggunakan fitur Customizer, Page Builder, atau Plugin untuk mengubah warna, font, layout, menu, widget, dan elemen-elemen lainnya di website Kamu.

2.    Bootstrap

Bootstrap adalah salah satu framework terpopuler untuk membuat website yang responsive dan mobile-friendly. Bootstrap menyediakan berbagai komponen dan utilitas yang bisa digunakan untuk membuat website dengan mudah dan cepat.

Untuk menggunakan template website gratis di Bootstrap, Kamu perlu mengedit file HTML, CSS, dan JavaScript yang ada di template tersebut.
Cara menggunakan template Bootstrap adalah sebagai berikut:

  • Download template Bootstrap yang Kamu inginkan dari sumber yang terpercaya.
  • Ekstrak file zip yang berisi template Bootstrap ke folder yang Kamu inginkan.
  • Buka file index.html dengan software text editor seperti Notepad++, Sublime Text, atau Visual Studio Code.
  • Edit file index.html sesuai dengan kebutuhan dan selera Kamu. Kamu bisa menambahkan, menghapus, atau mengubah elemen-elemen HTML yang ada di file tersebut. Kamu juga bisa menggunakan komponen-komponen Bootstrap yang tersedia di dokumentasi resmi Bootstrap.
  • Buka file style.css dengan software text editor yang sama. Edit file style.css sesuai dengan kebutuhan dan selera Kamu. Kamu bisa menambahkan, menghapus, atau mengubah properti-properti CSS yang ada di file tersebut. Kamu juga bisa menggunakan utilitas-utilitas Bootstrap yang tersedia di dokumentasi resmi Bootstrap.
  • Buka file script.js dengan software text editor yang sama. Edit file script.js sesuai dengan kebutuhan dan selera Kamu. Kamu bisa menambahkan, menghapus, atau mengubah fungsi-fungsi JavaScript yang ada di file tersebut. Kamu juga bisa menggunakan plugin-plugin Bootstrap yang tersedia di dokumentasi resmi Bootstrap.
  • Simpan perubahan yang telah Kamu lakukan pada file index.html, style.css, dan script.js.
  • Buka file index.html dengan browser untuk melihat hasilnya.

3.    Canva

Canva adalah salah satu software online untuk membuat desain grafis dengan mudah dan cepat. Canva juga menyediakan fitur untuk membuat website dengan menggunakan template website gratis yang tersedia di koleksinya.

Untuk menggunakan template website gratis di Canva, Kamu perlu membuat akun Canva terlebih dahulu. Cara menggunakan template Canva adalah sebagai berikut:

  • Buka Canva dari desktop atau ponsel, lalu ketikkan “Situs web” pada kolom pencarian untuk mulai membuat.
  • Ubah elemen-elemen situs web sesuai dengan keinginan Kamu. Kamu bisa mengubah warna, font, gambar, ikon, logo, dan elemen-elemen lainnya di situs web Kamu. Kamu juga bisa menambahkan halaman-halaman baru atau menghapus halaman-halaman yang tidak diperlukan.
  • Simpan situs web Kamu dengan klik tombol Publish Website di pojok kanan atas layar. Beri nama situs web Kamu dan pilih opsi publish yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Kamu bisa memilih opsi public untuk membagikan situs web Kamu ke internet atau opsi private untuk menyimpan situs web Kamu secara pribadi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu yang ingin membuat website dengan download template website gratis keren. Selamat mencoba!

Posted in

Share :

Blog Lainnya