Home » Blog » Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik! Blogger Wajib Coba!

Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik! Blogger Wajib Coba!

by Nur Kamila

plugin wordpress terbaik

Websweetstudio.com – Plugin WordPress adalah program yang bisa menambahkan fitur atau fungsi tertentu ke website WordPress Kamu. Ada ribuan plugin WordPress terbaik yang tersedia, baik yang gratis maupun berbayar, yang bisa membantu Kamu membangun dan mengoptimalkan website sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Dan bagi kamu yang sedang mencari plugin wordpress terbaik, namun bingung mau pilih yang mana. Maka di bawah ini kita akan memberikan rekomendasinya. Langsung saja pada pembahasannya.

Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik! Blogger Wajib Coba!

1. Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin WordPress yang membantu Kamu meningkatkan performa SEO website Kamu. Plugin ini menyediakan berbagai fitur, seperti:

  • Analisis konten dan kata kunci, yang memberikan saran untuk meningkatkan kualitas dan relevansi konten Kamu dengan kata kunci yang Kamu targetkan.
  • XML sitemap, yang membantu mesin pencari mengindeks halaman website Kamu dengan lebih mudah dan cepat.
  • Breadcrumb, yang menampilkan struktur navigasi website Kamu di halaman dan mesin pencari, sehingga memudahkan pengunjung dan crawler untuk menjelajahi website Kamu.
  • Social media integration, yang memungkinkan Kamu mengatur tampilan konten Kamu saat dibagikan di media sosial, seperti Facebook dan Twitter.
  • Schema markup, yang menambahkan data terstruktur ke website Kamu, sehingga meningkatkan peluang konten Kamu muncul di hasil pencarian kaya (rich snippets).

Yoast SEO juga sudah menjadi plugin WordPress terpopuler untuk SEO, dengan lebih dari 5 juta instalasi aktif. Sangat keren bukan?

2. Akismet

Akismet adalah plugin WordPress yang melindungi website Kamu dari spam komentar dan formulir kontak. Plugin ini bekerja dengan memeriksa semua komentar dan kiriman formulir yang masuk ke website Kamu melalui basis data spam global Akismet, dan kemudian memblokir atau menghapus yang terdeteksi sebagai spam.

Dengan begitu, Kamu bisa menghemat waktu dan sumber daya website Kamu dari aktivitas spam. Akismet adalah plugin WordPress bawaan, yang artinya sudah terinstal secara otomatis saat Kamu membuat website WordPress. Namun, Kamu perlu mengaktifkannya dengan mendapatkan kunci API gratis atau berbayar dari situs web Akismet.

3. W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin WordPress yang meningkatkan kecepatan loading website Kamu dengan menggunakan teknik caching. Caching adalah proses menyimpan salinan sementara dari konten website Kamu di server atau browser pengunjung, sehingga mengurangi waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk memuat halaman. Plugin ini mendukung berbagai jenis caching, seperti:

  • Page cache, yang menyimpan salinan halaman HTML statis di server, sehingga mengurangi waktu pembuatan halaman dinamis.
  • Browser cache, yang menyimpan salinan file statis (seperti gambar, CSS, dan JavaScript) di browser pengunjung, sehingga mengurangi jumlah permintaan ke server.
  • Object cache, yang menyimpan salinan data dari database atau API di memori server, sehingga mengurangi waktu kueri database atau eksternal.
  • Minify, yang mengurangi ukuran file statis dengan menghapus spasi, komentar, dan karakter tidak perlu lainnya.
  • CDN (Content Delivery Network), yang menyalin file statis ke server di berbagai lokasi geografis, sehingga mempercepat pengiriman konten ke pengunjung dari lokasi terdekat.

Dan saat ini, W3 Total Cache sudah menjadi salah satu plugin WordPress terbaik untuk caching, dengan lebih dari 1 juta instalasi aktif.

4. Contact Form 7

Contact Form 7 adalah plugin WordPress yang memungkinkan Kamu membuat dan mengelola formulir kontak di website Kamu dengan mudah. Kamu bisa menyesuaikan tampilan dan fungsi formulir kontak sesuai dengan kebutuhan Kamu, seperti menambahkan captcha, file upload, dropdown menu, dan lain-lain.

Plugin ini juga mendukung integrasi dengan berbagai layanan email marketing, seperti Mailchimp, AWeber, dan Constant Contact. Contact Form 7 adalah plugin WordPress terpopuler untuk formulir kontak, dengan lebih dari 5 juta instalasi aktif.

5. Jetpack

Jetpack adalah plugin WordPress yang menyediakan berbagai fitur untuk meningkatkan performa, keamanan, dan desain website Kamu. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh plugin ini antara lain:

  • Site stats and analytics, yang memberikan laporan statistik dan analitik mengenai kunjungan, sumber trafik, dan perilaku pengunjung website Kamu.
  • Lazy loading images, yang memuat gambar hanya ketika diperlukan, sehingga mengurangi waktu loading halaman.
  • Social media integration, yang memungkinkan Kamu membagikan konten website Kamu ke media sosial favorit Kamu, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain.
  • Backup and security scanning, yang melakukan backup otomatis dan pemindaian keamanan website Kamu setiap hari, sehingga melindungi website Kamu dari serangan malware, spam, dan hacker.
  • Related posts, yang menampilkan postingan terkait di bawah konten website Kamu, sehingga meningkatkan keterlibatan dan retensi pengunjung.

Jetpack adalah plugin WordPress paling multifungsi yang sangat berguna untuk website Kamu, dengan lebih dari 5 juta instalasi aktif hingga saat ini.

6. WooCommerce

WooCommerce adalah plugin WordPress yang membantu Kamu membuat dan mengelola toko online di website Kamu dengan mudah. Plugin ini menyediakan berbagai fitur untuk menjalankan bisnis online Kamu, seperti:

  • Product catalog, yang memungkinkan Kamu menampilkan produk-produk Kamu dengan berbagai opsi, seperti kategori, atribut, variasi, harga, diskon, stok, dan lain-lain.
  • Shopping cart and checkout, yang memungkinkan pengunjung melakukan pembelian produk Kamu dengan proses yang mudah dan aman.
  • Payment gateway and shipping options, yang mendukung berbagai metode pembayaran dan pengiriman produk Kamu, baik lokal maupun internasional.
  • Customer account and order management, yang memungkinkan pelanggan membuat akun dan melihat riwayat pesanan mereka di website Kamu.
  • Store analytics and reports, yang memberikan laporan statistik dan analitik mengenai penjualan, pendapatan, produk terlaris, pelanggan setia, dan lain-lain.

WooCommerce adalah plugin WordPress terbaik untuk e-commerce, dengan lebih dari 5 juta instalasi aktif.

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi plugin wordpress terbaik. Saat kamu juga tahu cara untuk install dan mengaktifkan. Dan di bawah ini adalah ulasannya.

Cara menginstal dan Mengaktifkan Plugin di WordPress

Untuk menginstal dan mengaktifkan plugin di WordPress, Kamu bisa menggunakan salah satu dari empat cara berikut:

  • Cara pertama adalah dengan mengakses direktori plugin resmi melalui dashboard WordPress Kamu. Kamu bisa mencari nama plugin yang Kamu inginkan di kolom pencarian, lalu klik Install Now dan Activate untuk menginstal dan mengaktifkan plugin tersebut.
  • Cara kedua adalah dengan mengunggah file ZIP plugin secara manual melalui dashboard WordPress. Kamu bisa mendapatkan file ZIP plugin dari sumber pihak ketiga, seperti CodeCanyon atau Codester. Kamu perlu klik Upload Plugin di halaman Add Plugins, lalu pilih file ZIP plugin yang ingin diunggah, dan klik Install Now dan Activate.
  • Cara ketiga adalah dengan menggunakan klien FTP, seperti FileZilla atau WinSCP. Kamu perlu mengunduh file ZIP plugin dan mengekstraknya ke folder lokal. Kemudian, Kamu perlu menghubungkan klien FTP dengan server web Kamu dan mengunggah folder plugin ke direktori wp-content/plugins. Setelah itu, Kamu perlu masuk ke dashboard WordPress dan mengaktifkan plugin dari halaman Installed Plugins.
  • Cara keempat adalah dengan menggunakan member area Niagahoster, jika Kamu menggunakan layanan hosting Niagahoster. Kamu perlu login ke member area Niagahoster dan masuk ke menu Hosting -> Manage -> Website -> WordPress Manager. Di sana, Kamu bisa melihat daftar plugin yang tersedia dan menginstal serta mengaktifkan plugin yang Kamu inginkan dengan mudah.

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang plugin WordPress terbaik. Semoga penjelasan ini membantu Kamu memahami cara menginstal dan mengaktifkan plugin di WordPress. Jika Kamu memiliki pertanyaan, maka bisa langsung tulis di kolom komentar, ya!

Posted in

Share :

Blog Lainnya