Home » Blog » Siapa Saja Sih yang Membutuhkan Website di Era Digital?

Siapa Saja Sih yang Membutuhkan Website di Era Digital?

by Aditya Kristyanto

domenico-loia-hGV2TfOh0ns-unsplash

Website sudah menjadi seperti kebutuhan pokok di era serba digital sekarang ini. Seseorang ingin memiliki website layaknya ingin mempunyai tanah, rumah, kendaraan. Mungkin terdengar lebay atau berlebihan. Namun faktanya website bisa menjadi aset berjalan yang terus mendatangkan keuntungan.

Membuat website memang bukanlah hal yang wajib dilakukan. Namun jika mengingat benefit yang bisa didapatkan, maka website sangatlah penting untuk dimiliki. Biasanya, orang membuat website karena ingin mencapai tujuan tertentu, seperti untuk melakukan penjualan bisnis, personal branding, menyebarkan informasi, memperluas jaringan, dan masih banyak lagi.

Langsung saja kita cari tahu siapa saja sih yang perlu memiliki website di era digital?

UMKM atau Pemilik Bisnis

Ilustrasi tampilan website (Unsplash)

Pemilik bisnis atau UMKM dituntut untuk selalu bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Di era digital, semua bentuk transaksi jual beli dalam bisnis telah beralih dalam bentuk online.

Jika UMKM tidak melakukan transformasi digital maka akan mengakibatkan bisnisnya tidak berkembang, kalah saing dari kompetitor, dan trafik penjualan tidak meningkat, bahkan cenderung akan merosot.

Salah satu cara yang wajib dilakukan UMKM untuk dapat bertahan di era digital adalah dengan memiliki website. Pemilik bisnis bisa memilih format website toko online untuk menyesuaikan kebutuhannya.

Website memberikan bantuan kepada pebisnis untuk melakukan pemasaran dengan jangkauan lebih luas lagi, mengenalkan produknya secara masif dan jelas, serta meningkatkan konversi penjualan. Melalui website, anda bisa melakukan penjualan produk anda secara lebih efektif.

Perusahaan

Ilustrasi suasana kerja di perusahaan (Unsplash)

Coba sebut perusahaan mana yang tidak memiliki website? Dulu mungkin kita masih bisa menjawab pertanyaan tersebut, namun di masa sekarang hampir mustahil menjawabnya.

Coba ketikan suatu nama perusahaan di mesin pencari Google. Bisa dipastikan anda akan selalu menemukan website dari perusahaan yang anda cari. Semua jenis perusahaan membutuhkan website, mulai dari perusahaan baru hingga yang sudah lama mengudara, baik perusahaan kelas kecil hingga perusahaan besar.

Ada beberapa manfaat website bagi perusahaan, di antaranya meningkatkan kredibilitas perusahaan, sarana memberikan informasi seputar perusahaan, meningkatkan kualitas layanan, membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, perusahaan dari bidang apapun pasti memerlukan website demi menunjang kemajuan perusahaan. Baik itu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, travel atau wisata, finansial, teknik sipil, jasa ekspedisi, dan masih banyak lagi.

Lembaga Pendidikan

Ilustrasi kegiatan sekolah (Unsplash)

Tak boleh ketinggalan, lembaga pendidikan juga harus mempunyai website. Pendidikan selalu berjalan beriringan dengan perkembangan teknologi. Sektor pendidikan wajib aktif melakukan inovasi agar tidak tertinggal di era globalisasi dan kemajuan digital.

Tujuan dari website sekolah ada banyak sekali untuk membantu guru, siswa, wali siswa, hingga eksistensi sekolah itu sendiri. Pertama, website digunakan sebagai media promosi sekolah, penyalur informasi, wadah untuk aktualisasi siswa dan guru, meningkatkan kredibilitas dan memudahkan hubungan kerja sama dengan pihak lain.

Pribadi atau Perseorangan

Ilustrasi profile siluete (Unsplash)

Siapa sangka ternyata diri kita sendiri atau perorangan juga perlu punya website. Website untuk personal atau pribadi bahkan sedang menjadi tren sejak beberapa waktu terakhir. Ini hal yang wajar karena internet atau dunia digital sudah menjadi tempat untuk segala aktivitas.

Alasan mengapa sesorang berlomba-lomba mempunyai website pribadi di antara adalah untuk personal branding, meningkatkan karir, menambah portofolio, menawarkan skill dan mencari pekerjaan, hingga memperluas jaringan.
Beberapa kategori orang yang banyak memiliki website pribadi, yakni pengajar, pelajar atau mahasiswa, pekerja profesional maupun freelancer, artis dan seniman, pejabat, hingga content creator.

Itu tadi daftar beberapa pihak yang membutuhkan website. Semuanya memiliki goals yang sama, yaitu untuk kemajuan, berkembang dan beradaptasi di era digital. Benefit yang diberikan oleh website kepada pemilknya tentunya sangat banyak, sesuai apa yang ingin dicapai.

Jika anda merasa membutuh website, anda bisa memilikinya sekarang juga dengan cara yang mudah. Anda tinggal memakai jasa penyedia website online. Salah satu jasa pembuatan website yang murah dan profesional adalah Websweet. Anda akan mendapatkan layanan cepat dan berkualitas.

Posted in

Share :

Blog Lainnya