Home » Blog » Syarat Logo yang Bagus, Bikin Brand Cepat Terkenal

Syarat Logo yang Bagus, Bikin Brand Cepat Terkenal

by Aditya Kristyanto

patrik-michalicka-r3iAqHb7JWs-unsplash

Logo yang bagus dan unik merupakan aset besar perusahaan. Sebab logo adalah salah satu strategi bisnis sebagai branding produk yang akan membuka banyak kesempatan dalam memenangkan kompetisi pasar hingga mencapai kesuksesan.

Membuat desain logo sama halnya dengan menciptakan simbol dari bisnis anda. Keberadaanya sangat penting sebagai wajah yang mewakili gambaran suatu perusahaan atau produk. Perusahaan besar, industri rumahan, bahkan toko online memerlukan adanya logo.

Sebagai ikon representasi perusahaan, pembuatannya logo juga tidak bisa sembarangan. Perusahaan perlu memperhatikan kriteria membuat desain logo yang bagus. Salah satu penyedia layanan pembuatan logo yang profesional dan terpercaya adalah Websweet.

Lalu apa saja syarat membuat logo bagus dan baik? berikut beberapa tips dan trik yang perlu Anda lakukan.

Logo Mudah dipahami

Sketsa Logo simpel (Unsplash)

Hendaknya Anda memastikan kalau logo yang dibuat mudah pahami oleh para konsumen. Hal ini perlu diperhatikan agar logo tidak menimbulkan arti lain. Karena logo haruslah bersifat deskriptif dan mampu mengambarkan esensi dari sebuah brand.

Logo dengan penjelasan yang panjang cenderung akan membingungkan dan sulit diingat. Tak jarang dijumpai logo yang hanya dibuat karena mengedepankan sisi estetis tanpa memperhatikan esensi utama dari logo.

Sederhana dan Mudah diingat

Ilustrasi logo nike yang mudah diingat (Unsplash)

Membuat Logo yang memorable membuat konsumen mudah mengingatnya. Logo yang sederhana juga akan memberikan sebuah kesan yang baik untuk siapa saja yang melihatnya.

Hindari logo yang rumit dan membingungkan. Seseorang cenderung akan mudah melupakan identitas brand yang digambarkan secara abstrak, karena akan sulit untuk diartikan.

Logo Bertahan Lama

Inspirasi logo yang unik dan bagus juga sangat menentukan kekuatan logo agar melekat di ingatan konsumen, sehingga tidak akan tergerus oleh zaman. Jika konsumen tidak mampu mengingat maka semua program branding dan strategi marketing menjadi sia-sia.

Terdapat empat aspek dalam pembentukan ingatan pada sebuah logo, yaitu bentuk, warna, pembelajaran, dan nilai asosiasi emosional. Gunakan konsep yang kekinian sehingga logo mampu bersaing.

Original

Originalitas akan membawa logo yang Anda ciptakan mempunyai ciri khas, unik, yang jelas berbeda dengan logo brand lain. Jika logo yang dibuat tidak asli maka akan disebut plagiat, sudah tentu logo bisa disebut sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain.

Untuk menghindari itu, Anda bisa melakukan riset di setiap awal proses. Cukup dengan riset yang sederhana tidak perlu kompleks disertai penjelasan ilmiah berisi data dan angka.

Warna dan Font yang Tepat

Keberadaan komponen warna dan font pada logo memiliki kesan tersendiri pada marketing. Sesuaikanlah dengan karakter perusahaan. Pilih warna, font, dan bentuk yang dapat meningkatkan pemasaran sebuah produk.

Pilih secara bijak agar desain logo tidak terasa lebay. Cobalah mendesain logo dengan dua atau tiga warna saja, atau gunakan metode kombinasi warna yang logis dan enak dilihat.

Sesuai Tujuan Perusahaan

Desain logo harus relevan dengan visi dan misi perusahaan. Untuk itu, Anda bisa melakukan riset untuk memahami bisnis anda, serta memahami keunggulan dan karakteristik brand anda.

Gunakan jenis logo gambar atau tulisan, yang penting sesuai menggambarkan tujuan perusahaan. Dengan demikian, desain logo yang dibuat dapat menunjukkan identitas brand dengan tepat.

Itu dia beberapa syarat ketika Anda ingin membuat logo yang bagus dan baik. Walaupun pembuatannya terkesan sederhana, nyatanya banyak perusahaan besar rela mengeluarkan modal tinggi untuk membuat logo yang sempurna.

Posted in

Share :

Blog Lainnya