Home » Blog » Waktunya Bisnismu Go Digital, Pilih Website atau Landing Page?

Waktunya Bisnismu Go Digital, Pilih Website atau Landing Page?

by Aditya Kristyanto

marvin-meyer-SYTO3xs06fU-unsplash

Sebagai pengusaha atau pemilik bisnis, anda pasti sering mendengar istilah Website dan Landing Page. Mungkin anda justru sedang ingin membuat atau memiliki salah satunya. Namun sebelum memutuskannya, anda perlu tahu terlebih dahulu perbedaan landing page dengan website.

Masih banyak yang belum paham perbedaan antara landing page dengan website. Secara sekilas, keduanya memang terlihat sama. Padahal banyak perbedaan dari keduanya, terlebih untuk kebutuhan optimasi bisnis.
Lantas apa sih perbedaan landing page dengan website yang harus diketahui?

Pengertian Landing Page dan Website

Ilustrasi server (Sumber: Unsplash)

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah pengertian dari website dan landing page. Landing page merupakan laman khusus yang menyerupai website, yang dibuat untuk tujuan pemasaran digital sekaligus penjualan.
Landing page memiliki fitur-fitur dan layanan yang bermanfaat untuk menunjang kebutuhan penjualan bisnis. Halaman landing page memuat informasi yang berkaitan dengan pengenalan brand, informasi produk, promosi, layanan bisnis, tawaran promo, dan sebagainya.

Landing page harus dikelola secara optimal supaya dapat mencapai konversi yang tinggi. Beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu membuat desain landing page yang menarik dan bagus, serta menciptakan copywriting yang memikat.
Sementara itu, website adalah kumpulan halaman yang berisikan informasi yang saling berkaitan dari sebuah brand. Website lebih digunakan untuk melakukan branding atau promosi.

Halaman dan fitur dalam website lebih bervariasi, tergantung dari tujuan dan layanan yang diberikan bisnis anda. Biasanya website menampilkan informasi detail dari bisnis anda, wawasan tentang bisnis anda, hingga cara berkomunikasi atau menghubungi bisnis anda.

Tujuan dan Manfaat Website dan Landing Page

Perbedaan lain dari landing page dan website juga bisa dilihat dari tujuannya. Meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk kebutuhan promosi dan meningkatkan trafik kunjungan web, namun ada beberap perbedaannya.
Landing page memiliki tujuan marketing bisnis yang lebih spesifik atau terarah. Sementara website mempunyai tujuan yang lebih umum, baik itu untuk perusahaan atau brandnya, hingga penjualan bisnisnya.

Manfaat dari keduanya pun juga berbeda. Orang-orang yang mengunjungi sebuah website, biasanya ingin mencari informasi mengenai perusahaan atau brand, baik itu profil, produk, layanan, lokasi kantor atau toko, hingga kontak.
Website memiliki beberapa manfaat, seperti guna mengenalkan brand secara lebih luas lagi. Selain itu juga digunakan utnuk melakukan branding atau promosi lebih optimal, dan memberikan kemudahan menjalin hubungan dengan pelanggan.

Ada beberapa manfaat website yang juga didapatkan oleh landing page, seperti pemasaran lebih luas dan komunikasi dengan pelanggan. Selain itu, landing page juga digunakan untuk mengarahkan pengunjung untuk melakukan aksi yang diinginkan, seperti melakukan pembelian. Promosi yang dilakukan melalui landing page juga lebih efektif dan efisien.

Itu tadi pengertian dan perbedaan dari landing page dan bisnis. Setelah tahu perbedaan keduanya tentu saja anda sudah tahu ingin memakai media yang mana untuk menunjang perkembangan bisnis anda.

Jika anda sudah memutuskan untuk membuat landing page atau website, namun masih belum tahu ingin memesan di mana? Websweet Studio akan membantu anda dalam pembuatan website dan landing page. Anda akan mendapatkan layanan yang profesional dan bisa berkonsultasi dengan tim Websweet Studio.

Posted in

Share :

Blog Lainnya