Home » Blog » 5 Cara Cek Traffic Website Paling Akurat

5 Cara Cek Traffic Website Paling Akurat

by Nur Kamila

cara cek traffic website,

Websweetstudio.com – Apakah penting untuk mengetahui traffic situs web? Jawabannya adalah iya, Jika Kita ingin mengembangkan situs web dengan baik. Dan mengetahui cara cek traffic website sangat penting diketahui untuk melacak kunjungan situs web.

Lalu, apa itu traffic situs web? Traffic situs web adalah pengukuran jumlah orang yang mengunjungi situs web. Hal ini penting untuk diketahui guna meningkatkan traffic website dengan konten berkualitas tinggi.

Tentang Traffic Website

Ketika kamu sudah mengetahui cara cek traffic website, maka kamu sudah dapat melihat kondisi traffic. Sehingga traffic website dapat diatur dengan mudah dan sesuai dengan kebutuhan Kita. Ini akan menguntungkan Kita dalam mengelola traffic situs web.

Dan mengapa situs web membutuhkan traffic? Sebuah situs web memang sangat  membutuhkan traffic untuk melihat situs web. Hal itu karena semakin banyak orang mengunjungi situs Kita, maka akan semakin menarik situs Kita.

Hal itu juga nantinya akan berkaitan dengan bagaimana Kita dapat membuat konten yang menarik untuk pelanggan. Dan Traffic akan membantu Kita menemukan konten terbaik untuk mengembangkan situs web Kita.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Traffic Situs Web

Sebelum kita membahas cara cek traffic web, mari kita bahas faktor-faktor yang mempengaruhi traffic website terlebih dahulu. Dan penjelasan lengkapnya ada di bawah ini.

1. Kualitas Konten Situs Web

Traffic situs web dipengaruhi oleh kualitas konten yang dibuat. Semakin baik kualitas konten Kita, semakin baik peluang traffic yang Kita miliki. Itulah mengapa penting bagi Kita untuk memperhatikan kualitas konten yang Kita buat.

Konten berkualitas tinggi dapat memengaruhi hasil data inspeksi traffic web yang dilakukan. Sehingga hasil informasi yang diterima sesuai dengan harapan Kita. Situs web dengan traffic yang baik dapat membantu dalam pengembangan situs web. 

2. Optimasi SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah metode untuk meningkatkan traffic website dengan cara meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Dengan meningkatkan peringkat situs web Kita, lebih banyak orang akan menemukan situs web Kita dan traffic situs web Kita akan meningkat. Kita dapat mengatur beberapa faktor SEO, mulai dari faktor teknis, on-page, dan off-page.

3. Frekuensi Posting Konten

Frekuensi penerbitan konten dapat memengaruhi traffic situs web. Kita perlu mengembangkan strategi yang tepat untuk waktu terbaik untuk menerbitkan. Selain itu, Kita dapat membuat jadwal penerbitan untuk membuat konten secara rutin.

Jika Kita jarang memposting konten, Kita akan kesulitan mempertahankan pengunjung. Pengunjung dapat meninggalkan situs karena konten yang diinginkan pengunjung jarang diposting.

4. Kecepatan Memuat Situs Web

Bagaimana cara meningkatkan traffic situs web? Faktor lain yang mempengaruhi traffic website adalah kecepatan loading website. Pengunjung meninggalkan situs web yang memuat dengan lambat karena mereka bosan menunggu.

Penting bagi Kita untuk memperhatikan kecepatan pemuatan situs web menggunakan alat. Jika situs lambat, Kita perlu menemukan masalah yang menyebabkan pemuatan lambat. Bahkan, pengoptimalan situs web kini dapat dilakukan secara otomatis.

Penyedia hosting yang baik biasanya menawarkan pengaturan terbaik untuk kecepatan memuat situs web Kita. Seperti Jagoan Hosting Indonesia yang berani menjamin waktu loading maksimal 5 detik pada paket Insta Web Builder ini.

5. Aktivitas Media Sosial

Jika Kita ingin mengontrol traffic situs web dengan hasil yang baik, maka perlu untuk meningkatkan aktivitas media sosial. Pastikan Kita membagikan tautan situs dengan hati-hati agar banyak orang mengunjungi situs Kita.

Media sosial Kita dapat menjadi cara untuk mempromosikan situs web Kita. Jangan ragu untuk meningkatkan traffic marketing dengan kampanye di media sosial pribadi Kita. Ini memberikan hasil yang baik saat memantau traffic situs web. Alat inspeksi traffic situs web yang disarankan untuk digunakan.

5 Cara Cek Traffic Website Paling Akurat

Lalu, bagaimana kita melihat traffic situs web?  Di bawah ini ada 5 alat yang bisa kamu gunakan untuk cek traffic website yang akurat. Apa saja? intip penjelasannya di bawah ini.

1. Google Search Console

Kita dapat menggunakan Google Search Console untuk memantau traffic situs web. Sehingga Kita dapat lebih mudah menyelesaikan masalah peningkatan visibilitas website Kita di pencarian Google. 

Jika Kita tertarik memantau traffic situs web, Kita dapat menggunakan layanan ini secara gratis. Performa situs web dapat dipantau secara organik dengan layanan gratis ini. Dengan cara ini, Kita dapat dengan mudah menentukan jumlah pengunjung situs.

Menggunakan Google Search Console itu mudah. Buka halaman Google Search Console dengan akun Google Kita. Kemudian Kita dapat memilih opsi “Tambahkan fitur” dan masukkan nama situs, dan ikuti petunjuk Google.

2. Google Analytics

Google Analytics dapat dipilih sebagai alat pemantauan traffic situs web. Alat-alat ini bagus untuk mengetahui demografi dan perilaku pengunjung situs web Kita. Ini memungkinkan Kita untuk menentukan jumlah pengunjung ke situs web.

Dengan alat ini, traffic produk yang diusulkan dapat dikontrol. Kita juga dapat menemukan kunjungan ke artikel website. Kita dapat melihat laporan tentang teknologi audiens, demografi audiens, akuisisi, dan monetisasi situs web untuk mendapatkan keuntungan.  

Google Analytic dapat di gunakan dengan mudah melalui lama Google. Silakan membuat akun terlebih dahulu supaya bisa menggunakan layanan Google Analytic. Selanjutnya, siapkan Google Analytic di situs website kamu untuk mengecek trafficnya.

3. Similarweb

Apa tools yang dapat di gunakan untuk mengukur website traffic? kamu bisa mencoba menggunakan Similarweb untuk mengukur traffic website. Tools ini akan membantu kamu untuk mengetahui traffic website dengan baik.

kamu bisa mengetahui insight website dengan mudah menggunakan SimilarWeb. Selain itu, kamu juga bisa melakukan analisis traffic website dengan cepat. Sehingga kamu bisa membuat konten menarik sesuai dengan target audiens.

Silakan mencoba menggunakan cek traffic website online melalui SimilarWeb. SimilarWeb dapat di gunakan dengan mudah menggunakan pencarian browser. Silakan untuk membuat akun terlebih dahulu supaya kamu bisa menggunakannya.

4. Ahrefs

Jika kamu ingin cek traffic website dengan mudah, maka kamu bisa menggunakan Ahrefs. Tools ini bisa membantu kamu untuk membangun website yang menarik. Selain itu, informasi yang diberikan akurat mengenai data traffic website.

Penggunaan Ahrefs dapat dilakukan secara berbayar dan gratis. Sehingga kamu bisa menyesuaikan penggunaan Ahrefs sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa mencoba cek traffic website free menggunakan Ahrefs dengan fitur yang terbatas, selain itu ahrefs juga menyediakan tools cek traffic website WordPress yang berupa plugin.

Ahrefs bisa di gunakan untuk menentukan kata kunci dalam membuat artikel. Ahrefs dapat di gunakan dengan mudah dengan mengunjungi websitenya. Jika sudah kamu bisa melihat berbagai kata kunci yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kunjungan website.

5. Statshow

Statshow adalah layanan web yang berfokus pada analisis statistik dan informasi cek traffic web. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa informasi traffic web seperti jumlah pengunjung unik, total traffic, tren traffic, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Website Perusahaan dengan Mudah dan Cepat

Tools ini juga menyediakan informasi mengenai jumlah domain yang terdaftar dalam suatu situs web, jumlah halaman yang di cari, dan kata kunci yang paling populer. Fitur lainnya termasuk pemantauan backlink, penilaian situs web, dan kompetitor situs web.

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang 5 cara cek traffic website paling akurat. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya untuk pemula. Selamat mencoba!

Posted in

Share :

Blog Lainnya