Home » Blog » Cara Jadi Jasa Website Bandung Lengkap untuk Pemula

Cara Jadi Jasa Website Bandung Lengkap untuk Pemula

by Nur Kamila

cara jadi jasa website bandung

Kamu punya skill web development yang mantap? Jangan cuma dipamerin di Instagram doang dong, mendingan dibikin bisnis online aja. Caranya gampang, tinggal buka, cara jadi jasa website bandung.

Jasa pembuat website itu bisnis yang lagi laku-laku nya di zaman serba digital kayak sekarang. Banyak orang yang butuh website buat berbagai macam hal, mulai dari jualan, belajar, ngeblog, sampai pamer foto-foto liburan. Tapi, nggak semua orang bisa atau mau bikin website sendiri. Makanya, mereka butuh bantuan dari orang-orang kayak Kamu.

Nah, gimana sih caranya jadi jasa website bandung yang handal dan berkualitas? Apa aja yang harus Kamu persiapkan dan kerjakan? Gimana caranya dapetin klien dan ngurusin bisnis ini? Tenang aja, di artikel ini kita bakal kasih panduan lengkap buat Kamu yang pengen coba-coba bisnis jasa pembuat website. Yuk, simak baik-baik!

Cara Jadi Jasa Website Bandung Lengkap untuk Pemula

Persiapan Awal

Sebelum Kamu mulai nawarin jasa pembuat website ke orang lain, ada beberapa hal yang harus Kamu siapin dulu. Hal-hal ini penting buat membangun brand, reputasi, dan kredibilitas Kamu sebagai penyedia jasa pembuat website. Ini dia beberapa persiapan awal yang harus Kamu lakuin:

1. Buat Website Company Profile

Langkah pertama yang harus Kamu lakuin adalah buat website company profile buat bisnis Kamu. Website ini bakal jadi muka dan identitas Kamu di dunia online. Website ini juga bakal jadi tempat Kamu nunjukin portofolio, testimoni, kontak, dan info-info lainnya tentang jasa pembuat website Kamu.

Website company profile harus dibuat dengan desain yang cakep, profesional, dan responsif. Isinya harus informatif, jelas, dan mudah dimengerti sama pengunjung. Kamu juga harus perhatiin aspek SEO (Search Engine Optimization) biar website Kamu gampang ketemu di mesin pencari kayak Google.

Kamu bisa buat website company profile dengan pake platform CMS (Content Management System) kayak WordPress, Joomla, Drupal, atau lainnya. Kamu juga bisa pake template atau tema yang udah ada di internet, atau buat sendiri dari nol dengan pake bahasa pemrograman kayak HTML, CSS, JavaScript, PHP, atau lainnya.

2. Buat Akun Media Sosial

Selain website company profile, Kamu juga perlu buat akun media sosial buat bisnis Kamu. Media sosial itu salah satu alat pemasaran online yang efektif dan murah. Dengan media sosial, Kamu bisa promosiin jasa pembuat website Kamu ke banyak orang dengan gampang.

Kamu bisa buat akun media sosial di berbagai platform populer kayak Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, atau lainnya. Pastiin akun media sosial Kamu punya nama, logo, bio, dan foto profil yang sesuai sama brand Kamu. Juga pastiin akun media sosial Kamu aktif dan rutin ngeluarin konten yang relevan dan menarik.

3. Cetak Kartu Nama Bisnis

Meskipun bisnis Kamu berbasis online, tapi nggak ada salahnya kalo Kamu juga punya kartu nama bisnis. Kartu nama bisnis itu salah satu cara buat ningkatin kesan profesional dan ngelebarin jaringan Kamu. Kartu nama bisnis juga bisa jadi alat promosi offline yang efektif.

Kamu bisa bikin kartu nama bisnis yang sesuai sama identitas merek Kamu. Kartu nama bisnis Kamu harus berisi info penting kayak nama bisnis, logo, slogan, alamat situs web, akun media sosial, nomor telepon, email, dan lainnya. Sebarin kartu nama bisnis Kamu ke orang-orang yang punya potensi jadi klien Kamu, kayak temen-temen dekat, keluarga, rekan kerja, atau orang lain yang Kamu kenal.

Cara Mendapatkan Klien

Udah siap-siap buat jadi jasa pembuatan situs web? Kalau udah, sekarang saatnya cari klien yang mau bayar mahal buat situs web yang kamu bikin. Caranya banyak, tapi gak semuanya gampang. Ini tips yang bisa kamu coba:

1. Bikin Situs Web Kamu Makin Kece

Tips pertama, pastiin situs web kamu sendiri udah kece banget. Jangan cuma modal nekat doang, tapi situs web kamu malah jelek dan susah dicari orang. Kamu harus pake teknik SEO (Search Engine Optimization) biar situs web kamu bisa nongol di halaman pertama Google.

SEO itu gak susah kok, asal kamu perhatiin hal-hal berikut:

  • Pilih kata kunci (keyword) yang pas buat bisnis kamu. Kata kuncinya harus relevan sama apa yang kamu tawarin, dan juga banyak dicari orang. Misalnya, cara jadi jasa pembuatan situs web, jasa pembuatan situs web murah meriah, jasa pembuatan situs web paling mantap, dan sebagainya.
  • Masukin kata kunci itu di judul, subjudul, meta deskripsi, URL, dan konten situs web kamu. Tapi jangan kebanyakan ya, nanti Google malah marah dan anggap kamu spammer.
  • Buat konten yang keren, berkualitas, dan berguna buat pengunjung. Konten yang bagus itu bikin pengunjung betah nongkrong di situs web kamu dan percaya sama bisnis kamu.
  • Dapetin tautan masuk (backlink) dari situs web lain yang udah terkenal dan nyambung sama bisnis kamu. Backlink itu penting buat naikin peringkat situs web kamu di Google. Caranya bisa dengan nulis artikel tamu (guest posting) di situs web lain, atau minta situs web lain buat ngasih review atau rekomendasi jasa pembuatan situs web kamu.

2. Promosi di Media Sosial

Tips kedua, promosiin jasa pembuatan situs web kamu di media sosial. Media sosial itu salah satu senjata pemasaran online yang ampuh dan hemat. Dengan media sosial, kamu bisa nyapa banyak orang dengan mudah dan cepat.

Yang harus kamu perhatiin dalam promosi di media sosial adalah:

  • Pilih platform media sosial yang cocok sama target pasar dan karakteristik bisnis kamu. Misalnya, kalau target pasar kamu itu orang-orang profesional, mending pake LinkedIn aja. Kalau target pasar kamu itu anak muda yang suka eksis, Instagram atau TikTok bisa jadi pilihan yang oke.
  • Buat konten yang menarik, kreatif, dan nyambung sama bisnis kamu. Konten yang bagus itu bikin pengikut kamu penasaran dan pengen tau lebih banyak tentang jasa pembuatan situs web kamu. Kamu bisa buat konten berupa gambar, video, infografis, artikel, testimoni, atau apapun lah.
  • Pake hashtag (#) yang sesuai sama kata kunci dan topik konten kamu. Hashtag itu bisa bantu nambahin jangkauan dan visibilitas konten kamu di media sosial. Hashtag juga bisa bantu pengguna media sosial buat nemuin konten yang mereka cari dengan gampang.
  • Interaksi sama pengikut dan calon klien kamu. Jangan cuma asal posting doang, tapi juga balas komentar, pertanyaan, saran, atau kritik yang masuk dari pengikut dan calon klien kamu. Hal ini bisa bikin mereka merasa dihargai dan dipercaya sama bisnis kamu.

Penutup

Baca Juga: Viral! Berikut Cara Membuat Website dengan Python

Demikian artikel yang saya buat tentang cara jadi jasa website bandung sesuai dengan keinginan Kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu. Kalau kamu punya pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Makasih telah membaca artikel ini.

Posted in

Share :

Blog Lainnya