Home » Blog » Viral! Berikut Cara Membuat Website dengan Python

Viral! Berikut Cara Membuat Website dengan Python

by Nur Kamila

Membuat Website dengan Python

Pada artikel ini, websweetstudio akan membagikan tips bagaimana Membuat Website dengan Python, sebelum kami membahas cara membuatnya alangkah baiknya kamu harus mengenal terlebih dahulu Python itu apa? simak penjelasanya di bawah ini.

Python adalah bahasa pemrograman sejak 1991 yang semakin populer selama dekade terakhir. Pemrogram Python sangat diminati di industri TI saat ini. Python adalah bahasa pemrograman tujuan umum, yang artinya dapat digunakan untuk mengembangkan hampir semua jenis program komputer, termasuk situs web.

Python adalah bahasa pemrograman yang menguntungkan pengembang mana pun karena sangat mudah dipelajari sambil tetap cukup kuat untuk beberapa aplikasi paling kompleks di luar sana. Jika kamu ingin mempelajari cara Membuat Website dengan Python, kamu harus terbiasa dengan bahasa dan cara kerja situs web ini.

Mengapa Kamu Harus Membuat Website dengan Python ?

karena Membuat Website dengan Python dapat digunakan untuk mengembangkan banyak hal, termasuk website. Membangun situs web dengan Python lebih mudah daripada yang dipikirkan kebanyakan orang karena bahasanya menggunakan “kerangka kerja”.

Membuat Website dengan Python dapat mengembangkan kerangka kerja adalah pilihan kode yang telah ditentukan sebelumnya yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu. Misalnya, saat membuat situs web, kerangka kerja menyediakan struktur, melakukan operasi umum, dan sebagainya.

Sederhananya, kamu dapat menggunakan kerangka kerja untuk mengurangi jumlah kode sebenarnya yang perlu kamu jalankan, sehingga menghemat banyak waktu.

Beberapa Situs Web Dibuat Dengan Python

Berikut adalah beberapa contoh website yang dibuat dengan bahasa pemrograman Python. Ini menunjukkan keserbagunaan bahasa pengkodean:

  • Google − Python digunakan oleh Google, mesin pencari terkemuka di dunia.
  • Instagram – Backend Instagram dibuat dengan Python.
  • Spotify – Python adalah salah satu alasan mengapa Spotify dapat menghadirkan file audio yang hampir bebas lag.
  • Netflix – Python digunakan untuk membuat kode sebagian besar situs web Netflix dan seluruh layanan.
  • Uber – Uber mengubah industri ridesharing dan layanannya dikembangkan dengan Python.

Tentu saja, jutaan situs web lain dengan Membuat Website dengan Python untuk sebagian atau semua pemrograman mereka, dan jumlah ini terus bertambah setiap hari.

Membuat Website dengan Python untuk Mengembangkan Situs Web Kamu

Membuat Website Dengan Python dari awal membutuhkan waktu dan efektif, apa pun bahasa yang kamu pilih. Python membuat banyak aspek pengembangan situs web menjadi lebih cepat dan mudah, tetapi kamu tetap perlu memastikan bahwa semuanya sudah ada dan semua langkah yang diperlukan telah diambil.

Langkah- Langkah Membuat Website dengan Python

Berikut adalah beberapa langkah yang diperlukan untuk membuat situs web kode Python secara efektif.

Konfigurasikan Hosting Web Python

kamu membutuhkan hosting yang bagus, sama seperti situs web lainnya. Saat ini, hampir semua perusahaan web hosting memungkinkan untuk menjalankan situs berbasis Python. Namun, beberapa lebih baik dari yang lain atau berspesialisasi dalam menghosting situs web jenis ini.

Meluangkan waktu untuk memilih perusahaan hosting yang tepat untuk situs web Python kamu dapat membantu kamu menghindari masalah di kemudian hari.

Sementara sebagian besar perusahaan hosting dapat mendukung situs web berbasis Python, mereka yang tidak fokus pada itu mungkin tidak memperbarui sistem mereka ke versi terbaru Python. Jika kamu mulai menggunakan versi baru sebelum penyedia hosting siap, ini dapat menyebabkan situs memuat dengan tidak benar.

Pilih Kerangka Kinerja

Membuat Website dengan Python akan memilih kerangka kerja adalah salah satu tugas terpenting dalam membangun situs web menggunakan Python. Ada banyak kerangka kerja populer yang akan membuat pembuatan situs web lebih cepat dan lebih mudah. Kerangka kerja Python berikut ini paling banyak digunakan saat ini:

Django

Django adalah kerangka kerja Python sumber terbuka dan gratis yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi dan kode kompleks dengan cepat. Framework Django membantu mengembangkan aplikasi web berkualitas tinggi.

Ini adalah salah satu framework Python terbaik untuk membangun API dan aplikasi web dengan cepat. Kerangka kerja Django telah digunakan untuk membuat lebih dari 12.000 proyek populer. Selain itu, ini adalah salah satu framework pengembangan web Python yang paling berpengalaman.

Kerangka tingkat tinggi ini menyederhanakan pengembangan aplikasi web dengan menyediakan banyak fitur canggih. Ini memiliki banyak koleksi perpustakaan dan menekankan efisiensi, lebih sedikit pengkodean, dan komponen yang dapat digunakan kembali.

Web2py

Web2py adalah platform berbasis Python untuk membuat konten web dinamis. Teknologi ini mencakup editor kode, debugger, dan alat penyebaran sejak pertama kali dirilis pada tahun 2007. Web2py adalah pustaka Python yang memungkinkan kamu membuat konten web dinamis.

Labu

Flask adalah framework Python yang terinspirasi oleh framework Sinatra Ruby yang dapat diakses di bawah lisensi BSD. Flask didasarkan pada toolkit Werkzeug WSGI dan template Jinja2. Tujuan utamanya adalah membantu mengembangkan basis aplikasi web yang solid.

Membuat Website dengan Python akan membuat Kerangka kerja backend Python dapat diperpanjang sesuai kebutuhan pengembang; namun, ini dirancang untuk aplikasi terbuka.

Flask sudah digunakan oleh perusahaan besar seperti LinkedIn dan Pinterest. Flask, dibandingkan dengan Django, lebih cocok untuk proyek kecil dan sederhana. Hasilnya, kamu dapat memprediksi pengembangan server web, dukungan Google App Engine, dan pengujian unit integrasi.

Binh

Binh adalah kerangka mikro-web WSGI, yang artinya ini adalah satu file tanpa ketergantungan selain modul yang didistribusikan di pustaka standar Python. Semua ini disertakan dalam kerangka kerja, bersama dengan permintaan melalui URL, basis data dan pola kunci/nilai, dan dukungan server HTTP bawaan.

AIOHTTP

AIOHTTP adalah kerangka kerja asinkron yang memiliki fungsionalitas sisi server dan sisi klien, menjadikannya ideal untuk banyak jenis situs web. Tidak hanya itu, kami juga memiliki banyak lainnya seperti NumPy, Pandas, Matplotlib, CherryPy dll.

Kode Website Kamu

Setelah kamu memilih dan memasang kerangka kerja kamu, kamu akan siap untuk memulai pengkodean situs kamu. Di sinilah kamu akan menghabiskan sebagian besar waktu kamu, dan banyak pengguna pemula memuji kecepatannya.

Sebagian besar tugas pengkodean manual saat menggunakan bahasa lain sudah tersedia karena kerangka kerja Python yang mapan. Pengembang Python profesional dapat mengaktifkan dan menjalankan situs web dalam hitungan jam.

Dengan menggunakan framework yang tepat, kamu dapat menyiapkan situs web yang sangat sederhana dalam waktu kurang dari satu jam. Sebuah situs web biasa membutuhkan waktu sekitar satu hari untuk menyelesaikannya, tidak termasuk pembuatan konten halaman.

Perlu diingat bahwa saat kamu membangun situs web, kamu perlu memperbarui dan memperbaikinya secara teratur agar tetap mutakhir dan berfungsi dengan baik.

Beberapa Sumber Populer
  • Halaman Pemula Python Digital
  • Situs web resmi Python
  • Kelas Python Google
  • Video Piton
  • Bahasa dan kerangka kerja

Baca Juga: Cek Ranking Website dengan Mudah dan Akurat

Demikianlah ulasan tentang bagaiamana Membuat Website dengan Python. Dengan membaca ulasan diatas kamu dapat menghabiskan banyak waktu untuk meneliti dan mempelajari alternatif untuk mengembangkan situs web.

Pada akhirnya, lebih baik memberinya kesempatan. Salah satu hal terbaik tentang Membuat Website dengan Python adalah mudah dipelajari dan cepat menghasilkan hasil yang terukur. Jika kamu ingin membuat situs web dengan Python, hal terbaik untuk dilakukan adalah mencobanya. Semoga ulasan ini membantu mengembangkan website kamu.

Posted in

Share :

Blog Lainnya