Home » Blog » Cara Membuat Website Gratis di Google dengan Mudah

Cara Membuat Website Gratis di Google dengan Mudah

by Nur Kamila

cara membuat website gratis di google

Websweetstudio – Pada artikel kali ini, kita akan memberikan kamu informasi tentang cara membuat website gratis di google. Dan memang bukan rahasia lagi, jika pada era internet, web merupakan salah satu sarana untuk menyebarkan informasi, baik itu tentang politik, pendidikan, dan juga bisnis.

Dengan adanya website, arus informasi dan komunikasi dapat berjalan lancar. Memang, di website kita dapat mempublikasikan berbagai informasi serta berbagai fungsi yang dapat memudahkan komunikasi dan koordinasi. Tidak mengherankan jika saat ini membuat situs web gratis di Google sangat diminati.

Cara Membuat Website Gratis di Google dengan Mudah

Membuat website tidak membutuhkan biaya yang mahal. Namun bagi kamu yang masih belum memiliki biaya, tidak perlu khwatir karena sekarang sudah bisa membuat website gratis melalui Google Sites. Lalu, seperti apa cara membuat website gratis di google? Jika kamu penasaran, maka di bawah ini kita akan memberikan ulasannya.

1. Cara Membuat Website Gratis di Google Sites

Seperti yang kita tahu, Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar saat ini. Seperti yang kita ketahui bersama, Google memiliki berbagai fitur khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas pengguna teknologi.

Khusus untuk membuat website gratis, Google menyediakan fitur bernama Google site. Membuat situs web gratis di situs Google sangat sederhana. Untuk melakukan hal tersebut, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama, buka browser Kamu dan kunjungi pages.google.com
  • Setelah berhasil login ke website, silahkan login dengan akun Google Kamu dengan memasukkan alamat email Gmail dan password pada kolom yang tersedia.
  • Selanjutnya, klik menu Google Sites baru di sebelah kiri.
  • Kemudian lanjutkan membuat website gratis di Google dengan klik opsi New atau klik tombol lingkaran merah dengan tanda plus (+) di kanan bawah.
  • Secara otomatis Kamu akan dibawa ke halaman web baru.
  • Jika sudah, masukkan judul halaman utama pada kolom Judul halaman Kamu. Kamu dapat memasukkan judul atau nama sesuka Kamu.
  • Selanjutnya klik kolom Enter site name di pojok kiri atas. Sebaiknya Kamu memilih nama yang unik atau berbeda dan belum pernah digunakan oleh orang lain. Selain itu, selalu sesuaikan dengan theme atau tema website yang akan Kamu buat.
  • Selanjutnya, unggah foto sampul Kamu dengan menambahkannya ke bagian atas halaman utama. Untuk melakukannya, silakan klik Ubah gambar.
  • Setelah klik Edit Gambar.
  • Selanjutnya, pilih file foto atau file yang ingin digunakan dan klik tombol Open. Kamu akan diarahkan ke halaman eplore, cari foto yang ingin digunakan, klik download 
  • Terakhir, klik tombol Publish options atau tombol ungu di kanan atas. Selesai, website Kamu di situs Google telah berhasil dibuat dengan nama dan alamat yang Kamu pilih tadi.

2. Cara Edit Website Gratis di Google Sites

Setelah Kamu berhasil membuat website gratis di Google, tentunya Kamu bisa langsung memanfaatkannya untuk menyampaikan informasi. Namun sebaiknya sebelum menggunakannya dengan baik, Kamu memodifikasinya terlebih dahulu agar tampilan website yang Kamu buat menjadi lebih bagus dan menarik. Berikut adalah beberapa langkah dasar untuk mengedit halaman web di situs Google.

  • Pertama, cukup buka browser Kamu dan navigasikan ke bagian dasbor situs web atau halaman web yang baru saja Kamu buat.
  • Kemudian masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Kamu.
  • Selanjutnya silahkan klik tombol edit atau ikon gambar pensil yang terletak di kanan bawah halaman.
  • Jika sudah, jendela edit akan otomatis muncul untuk Google Sites yang Kamu buat.
  • Perhatikan isi halaman di sebelah kanan jendela edit, akan ada beberapa pilihan menu. Melalui opsi menu yang berbeda ini, Kamu dapat membuat perubahan mendasar tentang situs web gratis di Google. Adapun caranya adalah sebagai berikut:
  • Menu Sisipkan: adalah menu yang dapat digunakan untuk menambahkan kotak teks atau gambar. Menu sisipkan juga dapat digunakan untuk menyisipkan dokumen atau video dari dokumen yang diperoleh dari halaman atau halaman web lain.
  • Pages Menu: adalah menu yang dapat digunakan untuk menambahkan halaman atau menu baru pada suatu website, misalnya menu profile, kontak, dll.
  • Menu Tema: merupakan menu yang dapat digunakan untuk mengatur pengaturan tema tentang tampilan dan nuansa website. Dengan menu Tema, Kamu dapat mengatur tampilan warna latar belakang untuk tata letak halaman.
  • Setelah melakukan perubahan pada beberapa menu tersebut, pastikan untuk melakukan preview sebelum menyimpan perubahan tersebut. Cara melakukannya cukup sederhana, Kamu hanya perlu mengklik tombol Pratinjau atau ikon mata di bagian atas.
  • Setelah Kamu merasa yakin dan puas dengan hasil editan Kamu, Kamu dapat menyimpan perubahan Kamu dengan mengklik tombol pilihan Simpan.

3. Tips Pengembangan Situs Web

Setelah mengetahui cara membuat website gratis di Google, maka saatnya bagi kamu untuk mengetahui cara pengembangan situs web. Dan di bawah ini kita akan memberikan beberapa caranya:

1. Pelajari Sistem Kerja SEO

SEO singkatan dari Search Engine Optimization. Sistem ini merupakan analisis untuk mengefektifkan operasional sebuah website, berdasarkan indikator konten yang memenuhi kebutuhan.

2. Promosikan

Untuk membuat situs web Kamu tumbuh dengan cepat, promosikan secara agresif. Promosikan setiap konten situs web Kamu di berbagai platform seperti media sosial.

3. Konsisten dalam Pembuatan Konten

Banyak usaha untuk mengembangkan website akan sia-sia jika tidak konsisten dalam pembuatan konten. Karena banyaknya konten dan kontinuitasnya akan meningkatkan kepercayaan pembaca.  

Dan itulah ulasan tentang cara membuat website gratis di google site, beserta pengembangannya. Selanjutnya, kita akan memberikan kamu ulasan tentang manfaat memiliki website untuk bisnis.

Manfaat Memiliki Website untuk Bisnis

1. Memperkenalkan Profil Perusahaan

Semakin tenar profil maka akan makin tenar profil tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu ingin bila profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan merupakan salah satu cara yang inovatif.

2. Bangun Personal Branding

Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga dapat dilaksanakan lewat website. Banyak website yang didesain secara khusus dan mempunyai ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat website juga perlu.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Berdasarkan survey, sekitar 65% pemilik bisnis mengatakan bahwa website membuat bisnis mereka lebih kredibel atau terpercaya. Bahkan 60 persen pemilik bisnis mengungkapkan, website adalah salah satu kunci sukses sebuah bisnis.

Baca Juga: Cara Bikin Website Bisnis secara Profesional

4. Media Promosi dan Transaksi 24 Jam

Pernahkah kita berpikir bahwa akan mempunyai teknologi promosi dan transaksi secara otomatis 24 jam non stop? Ya, ternyata ada Website ialah solusinya. Bahkan website yang dikelola secara baik, bisa mendatangkan pelanggan baru kapanpun dengan jumlah yang lebih banyak tanpa perlu mengganggu kegiatan lainnya.

Selesai sudah penjelasan kita pada topic kali ini. Masih belum yakin untuk membuat website? Semoga informasi ini bermanfaat, sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.

Posted in

Share :

Blog Lainnya