Home » Blog » Cara Pindahan Hosting dengan Mudah dan Cepat

Cara Pindahan Hosting dengan Mudah dan Cepat

by Nur Kamila

cara pindahan hosting

Apakah Kamu merasa tidak puas dengan kualitas hosting yang Kamu gunakan saat ini? Apakah Kamu ingin pindah hosting ke provider lain yang lebih baik dan murah? Jika jawaban kamu ya, maka artikel ini cocok untuk Kamu. Karena kami akan memberikan tips dan langkah-langkah cara pindahan hosting dengan mudah dan cepat, tanpa mengganggu performa website Kamu.

Pindah hosting adalah proses memindahkan data website dari server hosting lama ke server hosting baru. Proses ini biasanya dilakukan oleh pemilik website yang ingin mengganti provider hosting karena alasan tertentu, misalnya harga, fitur, layanan, atau performa.

Lalu bagaimana cara pindahan hosting? Apakah sulit untuk dilakukan? Apa hal hal yang perlu diperhatikan dalam pindahan hosting ini, dan apa manfaat dari pindahan hosting ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Cara Pindahan Hosting dengan Mudah dan Cepat

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pindahan Hosting

Pindah hosting bisa menjadi hal yang rumit dan merepotkan jika tidak dilakukan dengan benar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum, saat, dan sesudah pindah hosting, agar website Kamu tetap berjalan lancar dan tidak mengalami masalah. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Kamu persiapkan sebelum cara pindahan hosting:

-Pilih provider hosting baru yang sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan provider hosting baru memiliki fitur dan teknologi yang lengkap, performa dan keamanan yang kamul, serta layanan pelanggan yang responsif dan profesional. Kamu bisa mencari referensi dari review online, testimoni pelanggan, atau rekomendasi dari teman atau kolega. Jika perlu, Kamu bisa mencoba layanan hosting baru terlebih dahulu dengan menggunakan paket trial atau gratis yang ditawarkan.

-Backup data website Kamu dari hosting lama.

Data website meliputi file-file website (HTML, CSS, JavaScript, gambar, dll) dan database website (MySQL, PostgreSQL, dll). Kamu bisa melakukan backup data website secara manual atau menggunakan tool backup yang disediakan oleh provider hosting lama. Simpan file backup di komputer Kamu atau di media penyimpanan lain yang aman.

-Siapkan domain name server baru untuk mengarahkan domain Kamu ke server hosting baru.

DNS merupakan salah satu sistem yang menghubungkan nama domain dengan alamat IP server. Setiap provider hosting biasanya memiliki DNS sendiri-sendiri yang berbeda. Kamu bisa mengetahui DNS baru dari provider hosting baru melalui email konfirmasi pendaftaran atau melalui dashboard akun hosting Kamu.

-Siapkan email baru untuk akun hosting baru.

Jika Kamu menggunakan email yang sama dengan akun hosting lama, maka kemungkinan besar email tersebut akan terblokir atau tidak bisa digunakan lagi setelah cara pindahan hosting. Oleh karena itu, sebaiknya Kamu membuat email baru yang berbeda untuk akun hosting baru Kamu.

Bagaimana cara pindahkan hosting?

Setelah semua persiapan selesai, berikut ini adalah langkah-langkah cara pindahan hosting yang bisa kamu coba:

1.Login ke cPanel hosting baru

Langkah pertama untuk cara pindahan hosting ini, kamu harus Login ke cpanel hosting baru Kamu dengan menggunakan username dan password yang diberikan oleh provider hosting baru. cPanel adalah kontrol panel web untuk mengelola website dan akun hosting Kamu.

2.Restore data website Kamu ke server hosting baru.

Ada dua cara untuk melakukan restore data website, yaitu secara manual atau menggunakan tool restore yang disediakan oleh provider hosting baru.

Cara manual adalah dengan mengupload file backup website dan database melalui File Manager atau FTP Client (misalnya FileZilla). Cara menggunakan tool restore adalah dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh provider hosting baru, biasanya melalui menu Backup Wizard atau Softaculous.

3.Sesuaikan konfigurasi website Kamu sesuai dengan server hosting baru.

Konfigurasi website meliputi pengaturan file .htaccess, file wp-config.php (jika menggunakan WordPress), file config.php (jika menggunakan Joomla), dll. Pastikan Kamu mengubah informasi seperti alamat URL website, nama database, username database, password database, dll sesuai dengan server hosting baru.

4.Update DNS domain Kamu ke DNS baru dari provider hosting baru.

Langkah selanjutnya untuk cara pindahan hosting, Kamu bisa melakukan update DNS melalui registrar domain tempat Kamu mendaftarkan nama domain Kamu (misalnya Namecheap, GoDaddy, dll). Caranya adalah dengan login ke akun registrar domain Kamu, lalu masuk ke menu pengaturan domain, dan ubah DNS domain Kamu ke DNS baru dari provider hosting baru.

5.Lakukan tes dan review website Kamu setelah pindah hosting.

Tes dan review website meliputi memeriksa apakah semua halaman website bisa diakses dengan baik, apakah semua konten website tampil dengan benar, apakah semua fungsi website berjalan dengan normal, dll. Jika ada masalah atau error, Kamu bisa mencari solusinya melalui forum online, blog tutorial, atau menghubungi layanan pelanggan dari provider hosting baru.

Manfaat dari memindahkan hosting

Ada beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh setelah cara pindahan hosting ini, sebagai berikut:

-Kualitas Layanan yang Lebih Baik untuk Kepuasan Pelanggan

Salah satu manfaat dari cara pindahan hosting yang tidak kalah penting adalah kualitas layanan yang lebih baik dari provider hosting baru. Kualitas layanan mencakup aspek-aspek seperti uptime, reliabilitas, kestabilan, dan fleksibilitas.

Dengan Provider hosting baru yang memiliki kualitas layanan yang lebih baik akan memberikan jaminan bahwa situs web Kamu akan selalu online, tidak mengalami gangguan, dan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan Kamu.

-Fitur dan Teknologi yang Lebih Canggih untuk Meningkatkan Fungsionalitas

Selain itu, Manfaatpindahan hosting lainnya adalah fitur dan teknologi yang lebih canggih yang ditawarkan oleh provider hosting baru. Fitur dan teknologi yang lebih canggih dapat meningkatkan fungsionalitas situs web Kamu, seperti desain, navigasi, interaksi, dan integrasi. Dengan fitur dan teknologi yang lebih canggih, situs web Kamu akan terlihat lebih profesional, menarik, dan user-friendly.

-Hemat Biaya dengan Paket Hosting yang Lebih Sesuai

Salah satu manfaat dari cara pindahan hosting yang bisa menguntungkan Kamu adalah hemat biaya dengan paket hosting yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan budget Kamu. Banyak provider hosting yang menawarkan paket hosting dengan harga yang bervariasi, tergantung pada fitur dan sumber daya yang disediakan. Dengan begitu, Kamu bisa menghemat biaya hosting dan mengalokasikan anggaran Kamu untuk hal-hal lain yang lebih penting.

-Mendapatkan Layanan Pelanggan yang Lebih Baik dan Responsif

Manfaatyang terakhir adalah mendapatkan layanan pelanggan yang lebih baik dan responsif dari provider hosting baru. Layanan pelanggan adalah salah satu faktor yang menentukan kualitas dan reputasi sebuah provider hosting.

Baca Juga: Hosting Cpanel: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Provider hosting yang baik akan memberikan layanan pelanggan yang ramah, profesional, dan cepat dalam menangani berbagai masalah atau pertanyaan yang Kamu hadapi, dan juga akan memberikan bantuan dan saran yang berguna untuk meningkatkan performa dan keamanan situs web Kamu.

Demikian artikel yang kami buat tentang cara pindahan hosting, serta tips dan langkah-langkahnya dengan mudah dan cepat, serta manfaat dari memindahkan hosting ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Kamu dalam proses pindah hosting. Kalau Kamu memiliki pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Posted in

Share :

Blog Lainnya