Home » Blog » Hosting Cpanel: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Hosting Cpanel: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

by Nur Kamila

hosting cpanel

Apakah kamu sedang mencari informasi tentang Cpanel hosting, dan bagaimana cara menggunakannya? Nah buat kamu yang penasaran. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang hosting cpanel, dan bagaimana cara menggunakan cpanel hosting ini untuk kamu. Tapi sebelum itu, ada baiknya untuk kamu pahami terlebih dahulu tentang hosting cpanel itu apa?

Hosting cPanel adalah salah satu jenis layanan hosting yang menggunakan cPanel sebagai kontrol panel untuk mengelola website dan server. cPanel adalah sebuah perangkat lunak yang memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai fungsi manajemen. cPanel juga memiliki fitur-fitur lanjutan yang berguna untuk memantau data, statistik, dan aspek-aspek lain dari website.

cPanel hosting sangat populer di kalangan pengguna hosting karena kemampuan, kemudahan penggunaan, dan kelengkapan fiturnya. Dengan situs web ini, Kamu tidak perlu khawatir tentang hal-hal teknis yang rumit, karena semua bisa dilakukan dengan beberapa klik saja. Selain itu, hosting cpanel juga kompatibel dengan berbagai aplikasi web populer, seperti WordPress, Joomla, phpBB, dan lain-lain.

Hosting cPanel: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Namun, sebelum Kamu memutuskan untuk menggunakan cPanel hosting, ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang harus Kamu perhatikan, seperti:

1.  Pilih Paket cPanel Hosting yang Sesuai dengan Kebutuhan Kamu

Ada banyak penyedia layananinidi pasaran, tetapi tidak semuanya memiliki kualitas dan harga yang sama. Oleh karena itu, Kamu harus memilih paket layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Kamu. Beberapa hal yang bisa Kamu pertimbangkan adalah:

  • Jumlah website yang bisa Kamu buat.
  • Kapasitas ruang disk dan bandwidth yang tersedia.
  • Jumlah akun email dan database yang bisa Kamu buat.
  • Fitur-fitur tambahan yang ditawarkan, seperti SSL gratis, backup otomatis, perlindungan DDoS, dan lain-lain.
  • Harga dan durasi kontrak yang ditawarkan.

Kamu bisa membandingkan paket situs web tersebut dari berbagai penyedia layanan untuk mendapatkan penawaran terbaik. Salah satu contoh penyedia layanan cPanel hosting yang terpercaya dan berkualitas adalah Niagahoster. Niagahoster menawarkan berbagai pilihan paket cPanel hosting unlimited dengan harga terjangkau dan fitur-fitur terlengkap.

2. Pelajari Cara Menggunakan cPanel dengan Baik

Setelah Kamu memilih paket hosting cpanel yang Kamu inginkan, langkah selanjutnya adalah mempelajari cara menggunakan cPanel dengan baik. Meskipun cPanel sangat mudah digunakan, tetapi ada beberapa hal yang harus Kamu pahami terlebih dahulu agar tidak salah langkah.

cPanel memiliki antarmuka yang intuitif dan user-friendly. Di halaman utama cPanel, Kamu bisa melihat berbagai tanda yang mewakili fungsi-fungsi manajemen website dan server. Kamu bisa mengklik tanda tersebut untuk mengakses fitur-fitur yang tersedia.

Beberapa fitur utama yang bisa Kamu gunakan di cPanel adalah:

  • File Manager: Berguna Untuk mengelola file-file website Kamu, seperti mengupload, mengedit, menghapus, atau memindahkan file.
  • MySQL Database: Membantu Untuk membuat dan mengelola database MySQL untuk website Kamu.
  • Email Accounts: Untuk membuat dan mengelola akun email dengan domain Kamu sendiri.
  • Domains: Untuk menambahkan atau menghapus domain atau subdomain untuk website Kamu.
  • SSL/TLS: Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sertifikat SSL untuk website Kamu.
  • Softaculous Apps Installer: Untuk menginstal atau menghapus aplikasi web populer dengan satu klik saja.

3.  Manfaatkan Fitur-Fitur Lanjutan dari cPanel Hosting

Selain fitur-fitur dasar yang sudah disebutkan di atas, layanan ini juga memiliki fitur-fitur lanjutan yang bisa membantu Kamu meningkatkan performa dan keamanan website Kamu. Beberapa fitur lanjutan yang bisa Kamu manfaatkan adalah:

  • LiteSpeed Web Cache Manager: Untuk meningkatkan kecepatan loading website Kamu dengan mengatur cache secara otomatis.
  • Cloudflare DDoS Protection: Untuk melindungi website Kamu dari serangan DDoS yang bisa mengganggu kinerja dan aksesibilitas website Kamu.
  • Jetbackup: Untuk melakukan backup website Kamu secara berkala dan mudah dikembalikan jika terjadi masalah.
  • Imunify360: Untuk melindungi website Kamu dari malware dan serangan yang bisa merusak website Kamu.
  • Visitor Analytics: Untuk memantau data pengunjung website Kamu, seperti jumlah, lokasi, perilaku, dan sumber trafik.

Dengan menggunakan fitur-fitur lanjutan ini, Kamu bisa memastikan bahwa website tersebut  selalu berjalan dengan optimal dan aman dari gangguan. Kamu juga bisa mendapatkan insight yang berguna untuk mengembangkan website Kamu lebih lanjut.

Manfaat dari Hosting Cpanel

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah menggunakan layanan web ini. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari Cpanel hosting ini. Diantaranya:

– Menghemat Waktu dan Biaya

Membantu Kamu menghemat waktu dan biaya dalam mengelola website Kamu. Dengan cPanel, Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk belajar hal-hal teknis yang rumit, karena semua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui antarmuka grafis. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa jasa profesional atau membeli perangkat lunak lain untuk mengelola website Kamu.

– Mendapatkan Dukungan Teknis yang Baik

Hosting cPanel juga didukung oleh tim dukungan teknis yang handal dan responsif. Jika Kamu mengalami masalah atau kesulitan dalam menggunakan cPanel, Kamu bisa menghubungi tim dukungan teknis melalui berbagai saluran, seperti telepon, email, live chat, atau tiket. Tim dukungan teknis akan siap membantu Kamu dengan ramah dan profesional.

– Menikmati Fitur-Fitur Terbaru dan Terbaik

Selalu mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan pengguna. cPanel terus melakukan pembaruan dan peningkatan fitur-fitur yang ada, serta menambahkan fitur-fitur baru yang berguna dan menarik. Dengan demikian, Kamu bisa menikmati fitur-fitur terbaru dan terbaik dari situs web ini.

– Komunitas Pengguna yang Besar dan Aktif

Memiliki banyak komunitas pengguna yang besar dan aktif di seluruh dunia. Kamu bisa bergabung dengan komunitas pengguna cPanel untuk berbagi pengalaman, tips, saran, atau pertanyaan seputar cPanel hosting. Kamu juga bisa mendapatkan informasi terkini tentang cPanel hosting dari berbagai sumber, seperti blog, forum, podcast, webinar, atau media sosial.

– Mendapatkan Keuntungan dari Hosting Provider yang Berkualitas

Memberikan Kamu keuntungan dari hosting provider yang berkualitas. Hosting provider yang menyediakan layanan ini biasanya memiliki reputasi yang baik dan terpercaya di industri web hosting. Mereka juga menawarkan berbagai paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Kamu, serta memberikan garansi dan jaminan kualitas layanan.

Baca Juga: Tutorial Cara Mencari Jasa SEO Website Murah

Itulah beberapa hal yang perlu Kamu ketahui tentang hosting cpanel, dan manfaat hosting cPanel yang bisa Kamu dapatkan. Dengan menggunakan situs web ini, Kamu bisa mendapatkan kemudahan, keamanan, kinerja, dan dukungan yang optimal untuk website Kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Kamu dalam memilih dan menggunakan layanan ini untuk website Kamu. Kalau  Kamu memiliki pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih. Selamat mencoba!

Posted in

Share :

Blog Lainnya