Home » Blog » Tingkatkan Performa Websitemu Menggunakan Cloudflare Hosting

Tingkatkan Performa Websitemu Menggunakan Cloudflare Hosting

by Nur Kamila

Cloudflare hosting

Websweetstudio.com – Pada artikel kali ini, kita akan memberikan kabar baik khusus bagi kamu yang memiliki website atau bagi kamu yang akan membuat website. Mengapa kabar baik? Karena kita akan membahas tentang sebuat layanan yang bernama Cloudflare hosting. Jika penasaran apa dan bagaimana Cloudflare hosting, maka jangan tinggalkan artikel ini sebelum selesai, ya!

Cloudflare hosting adalah layanan yang memungkinkan Kamu untuk menyimpan, mengoptimalkan, dan menjalankan aplikasi Kamu dari 300 lokasi global. Kemudian, Cloudflare juga menawarkan solusi hosting untuk hobi, start-up, atau organisasi perusahaan yang ingin melakukan penyebaran secara instan dan penskalaan secara otomatis.

Dan yang membuat keren, Cloudflare hosting juga ditambah dengan fitur keamanan dan kinerja yang terintegrasi dengan hosting Kamu.

Tingkatkan Performa Websitemu Menggunakan Cloudflare Hosting

Perlu diketahui, Cloudflare hosting tidak sama dengan web hosting biasa. Hal itu karena Cloudflare hosting tidak menyimpan file atau database situs web Kamu, melainkan hanya menyalurkan permintaan ke server asli Kamu dan meng-cache konten yang statis atau dinamis.

Cloudflare hosting juga tidak mengelola domain Kamu, melainkan hanya menyediakan registrar yang transparan dan murah, dan juga memiliki beberapa produk yang dapat Kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan Kamu, seperti Pages, Images, Stream, R2, dan lainnya. Kamu dapat memilih rencana yang sesuai dengan anggaran dan fitur yang Kamu inginkan.

Dan agar kamu lebih tertarik meggunakan layanan ini, maka perhatikan keuntunggan menggunakannya secara terperinci melalui pembahasan di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Cloudflare hosting

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan Cloudflare hosting, yang wajib kamu ketahui:

1. Menyembunyikan IP address asli dari web hosting

Cloudflare hosting dapat melindungi website Kamu dari serangan hacker yang mencoba mengetahui atau menyerang IP address asli dari server hosting Kamu. Dengan demikian, Kamu dapat menjaga keamanan dan privasi data Kamu.

2. Meningkatkan performa dan kecepatan website

Cloudflare hosting dapat membuat cache situs Kamu, sehingga sumber daya untuk memuat situs lebih cepat dan mengurangi beban server. Cloudflare hosting juga memiliki banyak data center di seluruh dunia, sehingga pengunjung akan dilayani oleh data center yang terdekat dengan mereka. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan akses dan pengalaman pengguna.

3. Memberikan perlindungan terhadap serangan DDoS

Cloudflare hosting dapat memberikan perlindungan terhadap semua serangan DDoS, yaitu serangan yang bertujuan untuk mengganggu atau menghentikan layanan website Kamu dengan mengirimkan banyak permintaan secara bersamaan.

Selain itu, Cloudflare hosting dapat mengubah keamanan situs Kamu dengan fitur firewall dan mode “I am under attack”, yang dapat memblokir semua upaya serangan DDoS.

4. Memberikan SSL gratis

Cloudflare hosting dapat memberikan SSL gratis, yaitu sertifikat keamanan yang dapat mengenkripsi data yang dikirimkan antara website Kamu dan pengunjung. SSL dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung dan peringkat SEO website Kamu. Cloudflare hosting dapat memberikan SSL gratis bahkan untuk shared host.

5. Mempercepat perubahan DNS

Cloudflare hosting dapat mempercepat perubahan DNS, yaitu proses untuk mengarahkan domain Kamu ke server hosting Kamu. Cloudflare hosting dapat melakukan perubahan DNS dalam beberapa menit, sedangkan tanpa Cloudflare hosting, proses ini mungkin memakan waktu hingga 48 jam.

6. Melindungi dari spam

Cloudflare hosting dapat melindungi website Kamu dari spam, yaitu pesan atau komentar yang tidak diinginkan yang biasanya mengandung iklan atau link berbahaya. Cloudflare hosting dapat mengenali dan memblokir spam dengan fitur analitik dan reputasi IP.

Fitur Khusus dari Cloudflare Hosting

Berikut adalah beberapa fitur khusus dari cloudflare hosting yang akan kamu nikmati, untuk bisa meningkatkan kinerja dan keamanan situs web Kamu:

1. Mitigasi Serangan DDoS

Cloudflare dapat melindungi situs web Kamu dari serangan Distributed Denial of Service (DDoS) yang bertujuan untuk mengganggu akses pengguna dengan mengirimkan banyak permintaan palsu ke server Kamu. Cloudflare dapat memblokir lebih dari 57 miliar serangan DDoS per hari dengan menggunakan teknologi seperti rate limiting, firewall, dan analisis lalu lintas.

2. Sertifikat SSL Gratis

Cloudflare memberikan sertifikat SSL gratis yang sepenuhnya dikelola oleh Cloudflare, yang diperbarui setiap tahun. SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol yang mengenkripsi data yang dikirim antara browser dan server, sehingga meningkatkan keamanan dan privasi pengguna. Dengan Cloudflare, Kamu dapat mengaktifkan SSL dengan mudah tanpa perlu menginstal atau mengonfigurasi sertifikat di server Kamu.

3. Network Gateway Antara Protokol

Cloudflare dapat berfungsi sebagai network gateway antara protokol yang berbeda, seperti HTTP, HTTPS, WebSocket, dan lainnya. Hal ini memungkinkan Kamu untuk menggunakan fitur terbaru dari protokol tersebut tanpa perlu mengubah kode atau infrastruktur Kamu. Misalnya, Kamu dapat menggunakan HTTP/3, protokol terbaru yang lebih cepat dan efisien, dengan Cloudflare tanpa perlu mengubah apapun di server Kamu.

4. Web Cache dan Optimasi Konten

Cloudflare dapat membuat cache situs web Kamu sehingga sumber daya untuk memuat situs lebih cepat dan mengurangi beban server. Cloudflare juga dapat mengoptimalkan konten situs web Kamu dengan menggunakan teknik seperti minification, compression, image optimization, dan lainnya. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan loading dan pengalaman pengguna.

5. Managed DNS dengan TTL Pendek

Cloudflare menyediakan managed DNS dengan TTL (Time to Live) pendek, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk memperbarui informasi DNS di seluruh internet. Dengan TTL pendek, Kamu dapat mengubah alamat IP server Kamu dengan cepat tanpa perlu menunggu lama. Hal ini berguna jika Kamu ingin melakukan migrasi server, failover, atau load balancing.

Cara Menggunakan Cloudflare

Bagi kamu yang tertarik menggunakan Cloudflare, tetapi masih belum tahu caranya, maka perhatikan penjalsannya di bawah ini:

1. Mendaftar Akun Cloudflare

Kamu bisa membuat akun Cloudflare secara gratis dengan mengunjungi website resmi Cloudflare¹ dan mengklik tombol Sign Up. Kamu perlu memasukkan email dan password Kamu, lalu mengikuti instruksi yang dikirimkan ke email Kamu.

2. Menambahkan Domain di Cloudflare

Setelah Kamu memiliki akun Cloudflare, Kamu bisa menambahkan domain website Kamu di dashboard Cloudflare dengan mengklik tombol Add Site. Kamu perlu memasukkan nama domain Kamu, lalu memilih paket layanan yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Paket gratis sudah cukup untuk kebanyakan website.

3. Mengatur DNS dan Nameserver di Cloudflare

Cloudflare akan melakukan scan terhadap DNS (Domain Name System) website Kamu dan menampilkan hasilnya di halaman Review your DNS records. Kamu bisa memeriksa apakah semua record DNS sudah benar dan sesuai dengan pengaturan di hosting Kamu. Jika ada yang perlu diubah atau ditambahkan, Kamu bisa melakukannya di sini.

Selanjutnya, Kamu perlu mengganti nameserver bawaan domain Kamu dengan nameserver dari Cloudflare. Nameserver adalah alamat server yang menghubungkan domain dengan hosting. Dengan mengganti nameserver, Kamu akan mengarahkan lalu lintas website Kamu melalui jaringan Cloudflare.

Kamu bisa melihat nameserver Cloudflare di halaman Name Servers di dashboard Cloudflare. Biasanya terdiri dari dua alamat yang berakhiran dengan .ns.cloudflare.com. Contohnya: finley.ns.cloudflare.com dan rita.ns.cloudflare.com.

Untuk mengganti nameserver, Kamu perlu login ke akun penyedia domain Kamu dan mencari menu pengaturan nameserver. Setiap penyedia domain mungkin memiliki tampilan dan prosedur yang berbeda-beda, tetapi prinsipnya sama. Kamu perlu menghapus nameserver lama dan menggantinya dengan nameserver baru dari Cloudflare.

4. Menunggu Propagasi DNS

Setelah Kamu mengganti nameserver, Kamu perlu menunggu propagasi DNS selesai. Propagasi DNS adalah proses penyebaran informasi DNS baru ke seluruh server di dunia. Proses ini bisa memakan waktu antara beberapa menit hingga 48 jam, tergantung pada lokasi dan provider Kamu.

Kamu bisa memeriksa status propagasi DNS dengan menggunakan alat seperti [DNS Checker] atau [Whatsmydns]. Cukup masukkan nama domain Kamu dan pilih tipe record NS (nameserver). Jika semua server sudah menampilkan nameserver baru dari Cloudflare, berarti propagasi DNS sudah selesai.

Baca Juga: Manfaat Website untuk Bisnis demi Meningkatkan Penjualan

Kamu juga bisa memeriksa status aktivasi Cloudflare di dashboard Cloudflare. Jika statusnya sudah Active, berarti website Kamu sudah terhubung dengan Cloudflare dan siap untuk menggunakan fitur-fitur yang tersedia.

Dan itulah beberapa hal tetang Cloudflare hosting yang perlu kamu tahu sebelum menggunakannya. semoga bermanfaat!

Posted in

Share :

Blog Lainnya