Home » Blog » Tutorial Cek Performa Website dengan Mudah dan Gratis

Tutorial Cek Performa Website dengan Mudah dan Gratis

by Nur Kamila

cek performa website

Website adalah salah satu media online yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mempromosikan produk atau jasa, memberikan informasi, menghibur, atau berbagi pengalaman. Namun, untuk membuat website yang sukses dan diminati oleh banyak orang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah performa website.

Performa website adalah seberapa baik website dapat berfungsi dan memberikan pengalaman yang optimal kepada pengunjungnya. Salah satu aspek penting dari performa website adalah kecepatan loading, yaitu seberapa cepat website dapat dimuat di browser pengunjung.

Kecepatan loading website sangat berpengaruh terhadap kepuasan, loyalitas, dan konversi pengunjung. Website yang cepat dapat meningkatkan kredibilitas, meningkatkan peringkat di mesin pencari, dan meningkatkan penjualan. Sebaliknya, website yang lambat dapat menyebabkan pengunjung bosan, frustasi, dan meninggalkan website.

Tutorial Cek Performa Website dengan Mudah dan Gratis

Oleh karena itu, penting bagi pemilik website untuk cek performa website secara berkala dan mengoptimalkannya agar selalu dalam kondisi terbaik. Namun, bagaimana cara cek performa website dengan mudah dan gratis? Apa saja tool yang dapat digunakan untuk melakukan hal ini?

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tutorial cek performa website dengan menggunakan beberapa tool gratis yang populer dan mudah digunakan. Kami juga akan memberikan tips dan trik untuk meningkatkan performa website Kamu. Simak terus artikel ini sampai habis!

1.Cara Cek Performa Website dengan PageSpeed Insights

PageSpeed Insights adalah tool gratis dari Google yang dapat digunakan untuk menganalisis performa website di perangkat desktop dan mobile. Tool ini akan memberikan skor performa dari 0 hingga 100, serta memberikan saran-saran untuk mengoptimalkan website.

Berikut cara cek performa website dengan PageSpeed Insights:

  • Buka situs [PageSpeed Insights] di browser Kamu
  • Masukkan URL website yang ingin Kamu periksa pada kolom yang tersedia
  • Klik Analyze untuk melanjutkan
  • Tunggu hingga proses pengecekan selesai
  • Setelah selesai, Kamu akan mendapatkan hasil pengecekan kecepatan website untuk perangkat desktop dan mobile. Kamu juga dapat melihat detail metrik seperti Largest Contentful Paint (LCP), Total Blocking Time (TBT), Cumulative Layout Shift (CLS), dll.
  • Scroll ke bawah untuk melihat saran-saran untuk mengoptimalkan website Kamu. Kamu dapat memilih tab Opportunities untuk melihat hal-hal yang dapat meningkatkan performa website Kamu, atau tab Diagnostics untuk melihat hal-hal yang dapat memengaruhi performa website Kamu.

2.Cara Cek Performa Website dengan GTmetrix

GTmetrix adalah tool gratis yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan loading website dan memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkannya. Tool ini akan memberikan skor performa berdasarkan PageSpeed Score dan YSlow Score, serta memberikan informasi tentang waktu loading, ukuran halaman, jumlah permintaan, dll.

Berikut cara cek performa website dengan GTmetrix:

  • Buka situs [GTmetrix] di browser Kamu
  • Masukkan URL website yang ingin Kamu periksa pada kolom yang tersedia
  • Klik Test your site untuk melanjutkan
  • Tunggu hingga proses pengecekan selesai
  • Setelah selesai, Kamu akan mendapatkan hasil pengecekan kecepatan website dengan skor PageSpeed Score dan YSlow Score. Kamu juga dapat melihat detail metrik seperti Fully Loaded Time, Total Page Size, Requests, dll.
  • Scroll ke bawah untuk melihat saran-saran untuk mengoptimalkan website Kamu. Kamu dapat memilih tab PageSpeed atau YSlow untuk melihat hal-hal yang dapat meningkatkan performa website Kamu, atau tab Waterfall untuk melihat hal-hal yang mempengaruhi waktu loading website Kamu.

3.Cara Cek Performa Website dengan Pingdom

Pingdom adalah tool gratis yang dapat digunakan untuk menguji kecepatan loading website dari berbagai lokasi di dunia. Tool ini akan memberikan skor performa dari 0 hingga 100, serta memberikan informasi tentang waktu loading, ukuran halaman, jumlah permintaan, dll.

Berikut cara cek performa website dengan Pingdom:

  • Buka situs [Pingdom] di browser Kamu
  • Masukkan URL website yang ingin Kamu periksa pada kolom yang tersedia
  • Pilih lokasi tes yang Kamu inginkan dari drop-down menu
  • Klik Start Test untuk melanjutkan
  • Tunggu hingga proses pengecekan selesai
  • Setelah selesai, Kamu akan mendapatkan hasil pengecekan kecepatan website dengan skor performa. Kamu juga dapat melihat detail metrik seperti Load time, Page size, Requests, dll.
  • Scroll ke bawah untuk melihat saran-saran untuk mengoptimalkan website Kamu. Kamu dapat memilih tab Performance grade untuk melihat hal-hal yang dapat meningkatkan performa website Kamu, atau tab Page analysis untuk melihat hal-hal yang mempengaruhi waktu loading website Kamu.

Tips dan Trik untuk Meningkatkan Performa Website

Setelah mengecek performa website dengan menggunakan tool-tool di atas, Kamu mungkin bertanya-tanya apa yang harus Kamu lakukan untuk meningkatkan performa website Kamu. Berikut kami berikan beberapa tips dan trik yang dapat Kamu terapkan:

  • Kurangi ukuran gambar dan optimalkan formatnya. Gambar adalah salah satu elemen yang paling memakan bandwidth dan memperlambat waktu loading website. Kamu dapat menggunakan tool seperti [Image Analysis Tool] untuk menganalisis dan mengoptimalkan gambar-gambar di website Kamu.
  • Gunakan caching untuk menyimpan data statis di browser pengunjung. Caching adalah teknik dapat mengurangi jumlah permintaan ke server dan meningkatkan kecepatan loading website. Kamu dapat menggunakan plugin seperti WP Rocket atau W3 Total Cache untuk mengaktifkan caching di website WordPress Kamu.
  • Minify dan kompres file CSS, JavaScript, dan HTML. File-file ini adalah file yang menentukan tampilan dan fungsi website Kamu. Dengan mengurangi ukuran file-file ini, Kamu dapat menghemat bandwidth dan meningkatkan performa website. Kamu dapat menggunakan tool seperti [Minify Code] atau [CSS Minifier] untuk melakukan hal ini.
  • Gunakan CDN (Content Delivery Network) untuk mendistribusikan konten website Kamu ke server-server di berbagai lokasi di dunia. CDN adalah jaringan server yang dapat menyajikan konten website Kamu dengan lebih cepat dan efisien kepada pengunjung dari lokasi yang berbeda-beda. Kamu dapat menggunakan layanan seperti Cloudflare atau KeyCDN untuk mengaktifkan CDN di website Kamu.
  • Perbarui versi PHP, WordPress, plugin, dan tema yang Kamu gunakan. Versi terbaru biasanya memiliki fitur-fitur baru, perbaikan bug, dan peningkatan keamanan yang dapat memengaruhi performa website Kamu. Pastikan Kamu selalu memperbarui versi-versi ini secara berkala agar website Kamu tetap optimal.

Kesimpulan

Performa website adalah salah satu faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan sebuah website. Website yang cepat dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengunjung, meningkatkan peringkat SEO, dan meningkatkan konversi penjualan.

Untuk mengecek performa website, ada banyak tool gratis yang dapat digunakan, seperti PageSpeed Insights, GTmetrix, Pingdom, dll. Tool-tool ini akan memberikan skor performa, informasi metrik, dan saran-saran untuk mengoptimalkan website.

Baca Juga: Cek Ranking Website dengan Mudah dan Akurat

Untuk meningkatkan performa website, ada beberapa tips dan trik yang dapat diterapkan, seperti mengurangi ukuran gambar, menggunakan caching, minify dan kompres file CSS, JavaScript, dan HTML, menggunakan CDN, dan memperbarui versi PHP, WordPress, plugin, dan tema.

Sekian artikel dari saya tentang tutorial cek performa website dengan mudah dan gratis. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu. Jika kamu punya pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Posted in

Share :

Blog Lainnya