Home » Uncategorized » Cek Ranking Website dengan Mudah dan Akurat

Cek Ranking Website dengan Mudah dan Akurat

by Nur Kamila

cara cek ranking website

Websweetstudio – Bagi yang memiliki website, tentunya ingin websitenya mendapat peringkat yang baik di mesin pencari Google. Dan seperti yang kita tahu, bahwa dengan memiliki peringkat situs web yang baik, terutama untuk kata kunci dengan lalu lintas yang sangat tinggi, maka hal itu akan membantu merek Kamu lebih dikenal, lintas akan meningkat, dan dapat menyebabkan peningkatan pendapatan. Lalu, seperti apa cara cek ranking website?

Bagi kamu yang ingin mengetahui tentang cek ranking website, maka artikel ini sangat tepat, karena kita akan memberikan ulasannya. Namun sebelum itu, kamu juga perlu tahu alasan mengapa kamu harus mengetahui peringkat website, melalui ulasan di bawah ini.

Mengapa Kamu Perlu Mengetahui Peringkat Item di Google?

Mencapai peringkat pertama di mesin pencari Google memang tidak mudah, apalagi kata kunci yang diincar memiliki banyak pesaing. Cara mendapatkan peringkat tinggi di Google adalah dengan mengoptimalkan situs web seperti optimasi on-page, pembuatan backlink, dll.

Dengan demikian, sebelum mengoptimasi website Kamu, Kamu harus mengetahui terlebih dahulu ranking halaman atau postingan yang ingin Kamu optimalkan. Tujuannya agar Kamu bisa melihat apakah optimasi yang sudah dilakukan memberikan dampak yang baik. Hal ini penting agar Kamu bisa mengetahui strategi mana yang akan digunakan selanjutnya.

Biasanya banyak orang yang mengecek ranking website secara manual dengan menulis kata kunci di Google dan searching. Ini adalah metode yang tidak efisien, tidak akurat, dan memakan waktu. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa alat yang dapat Kamu gunakan untuk mengetahui peringkat situs web Kamu dengan mudah di Google.

Alat dan Cara Cek Rangking Website di Google

Berikut beberapa tools yang bisa Kamu gunakan untuk menentukan peringkat website di Google, dari yang gratis hingga berbayar.

1. SERPRobot

SERPRobot merupakan suatu alat yang memiliki basis situs web gratis yang memiliki berfungsi untuk menganalisis SERP, hingga dikenal sebagai hasil pencarian Google. Dengan menggunakan alat ini, kamu bisa mengetahui peringkat halaman berdasarkan kata kunci yang Kamu masukkan dengan hasil yang akurat. Kamu dapat menentukan lokasi tertentu untuk hasil pencarian. Berikut cara menggunakan SERPRobot:

  • Pertama pergi ke situs web SERPRobot
  • Selanjutnya, tentukan “wilayah” atau audiens target untuk situs Kamu.
  • Kemudian masukkan nama domain website Kamu.
  • Masukkan kata kunci yang ingin Kamu analisis (hingga 10 kata kunci)
  • Klik tombol “Periksa SERP Sekarang” di bagian bawah
  • Setelah menekan tombol Periksa SERP Sekarang, Kamu akan melihat di sisi kanan halaman peringkat situs Kamu bersama dengan 10 situs teratas berdasarkan kata kunci yang dimasukkan.

2. What’s My SERP

What’s My SERP adalah tool gratis dan hampir sama dengan tools yang sebelumnya sudah kita bahas. Kamu hanya perlu memasukkan nama domain Kamu, lalu masukkan kata kunci yang ingin Kamu analisis hingga 10 kemudian tekan tombol Periksa Semua. Kemudian peringkat situs Kamu akan muncul berdasarkan kata kunci yang dimasukkan

3. SERPChecker

SERPChecker adalah alat pelacak mesin pencari yang bisa dibilang cukup lengkap dibandingkan dengan alat lainnya. Kamu dapat menggunakan alat ini secara gratis tetapi dengan fungsi terbatas. Kamu hanya dapat memindai 5 kali per hari.  

Untuk menggunakannya, Kamu harus terlebih dahulu mendaftar ke SERPChecker. Setelah itu, verifikasi email dan Kamu akan memasuki layar yang menampilkan beberapa opsi. Kamu dapat memilih alat SERPChecker untuk menganalisis hasil pencarian kata kunci.

Tetapi Kamu juga dapat menggunakan SERPWatcher untuk mengetahui peringkat situs web. Pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Kamu. Kamu hanya perlu memasukkan kata sandi dengan lokasi dan perangkat. Kemudian, klik tombol Analisis SERP.

Kamu juga dapat membandingkan dengan pesaing Kamu dengan memasukkan nama situs pesaing di bagian bawah dan mengklik Bandingkan.

4. Google Search Console

Google Search Console adalah alat gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu pemilik situs web melihat bagaimana kinerja situs web dalam hasil pencarian. Selain itu, alat ini juga dapat membantu Kamu menemukan kesalahan di situs web Kamu, dan mengoptimalkannya berdasarkan data.

Walaupun sudah banyak orang yang menginstall tools tersebut, ternyata masih banyak orang yang belum bisa mengoptimasi tools tersebut. Perlu kamu ketahui juga bahwa dengan Google Search Console kamu bisa melihat posisi website atau halaman kamu di Google, atau kamu juga bisa melihat halaman apa saja yang sudah dimasukan untuk kata kunci tertentu. Cara mengetahui peringkat artikel di Google menggunakan GSC, adalah sebagai berikut:

  • Pertama, Kamu mengunjungi situs web Google Search Console.
  • Pilih tab Performa, lalu pilih Halaman Baru. Masukkan URL posting atau halaman yang ingin Kamu analisis. Maka rata-rata posisi artikel di Google akan muncul untuk semua kata kunci yang muncul.
  • Tetapi jika Kamu ingin melihat peringkat situs web untuk 1 kata kunci, Kamu dapat menambahkan kueri dengan mengklik Kueri Baru. Masukkan kata kunci yang ingin Kamu analisis. Page rank kemudian akan muncul untuk kata kunci yang dimasukkan.

5. Ahrefs

Ahrefs adalah alat SEO berbayar yang cukup banyak digunakan oleh bisnis dan orang-orang di dunia pemasaran. Alat ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna atau mudah dipahami bahkan untuk pengguna baru.

Kamu dapat menggunakan alat ini untuk mendapatkan semua data yang Kamu inginkan tentang SEO, SEM, media sosial, dan informasi pemasaran lainnya. Kamu dapat mengetahui peringkat halaman untuk kata kunci tertentu, Kamu dapat melihat volume pencarian, kepadatan kata kunci, dan banyak lagi.

6. SEMRush

SEMrush adalah alat berbayar yang mirip dengan Ahrefs dengan fungsi untuk menampilkan data akurat tentang SEO, SEM, media sosial, pelacakan merek, konten yang disarankan untuk ditulis, peringkat situs web, analisis Backlink, dan banyak fitur lainnya yang disediakan.

7. SerpstatReview

Tools selanjutnya yang bisa digunakan untuk cek ranking website adalah Serpstat. Ini adalah alat yang dapat membantu Kamu memantau seluruh situs web. Serpstat juga dapat digunakan untuk menganalisis pesaing Kamu dan membantu Kamu menentukan aspek mana dari situs Kamu yang masih tertinggal. Dengan demikian, Kamu dapat mengelola situs web Kamu dengan baik dan menjadi lebih kompetitif di industri ini. 

Selain itu, Serpstat bisa membantu kamu untuk melacak dan mengualifikasi backlink situs web. Dengan Serpstat, kamu bahkan dapat melacak ranking website dari waktu ke waktu. Mulai dari ranking harian hingga bulanan.

8. SE Ranking

SE Ranking bisa menjadi pilihan tools lainnya untuk kamu gunakan dalam mengecek peringkat website. Dengan SE Ranking, situs web kamu bisa dianalisis secara keseluruhan dan sistem akan mendeteksi bagian manakah yang perlu diperbaiki. Jadi, kamu bisa menerapkan teknik SEO dengan tepat selama mengelola konten di website.

Kamu tidak hanya bisa mengecek ranking website, akan tetapi juga dapat memelajari lebih lanjut tentang tren yang akan datang. Misalnya dengan menampilkan kata kunci terpopuler dalam waktu dekat berdasarkan analisis tren.

Baca Juga: Cara Membuat Website Gratis di Google dengan Mudah

Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan konten website yang relevan dan berhasil mendapatkan lebih banyak traffic. SE Ranking juga memungkinkan kamu untuk melakukan analisis pesaing. Kamu bisa memelajari kata kunci oranik hingga iklan berbayar dari website lain yang menjadi kompetitormu.

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang cara cek ranking website di Google. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat, terlebih khusus bagi kamu yang baru pemula memasuki dunia blog.

Posted in

Share :

Blog Lainnya