Home » Blog » Tutorial Cek Traffic Website dengan Mudah dan Akurat

Tutorial Cek Traffic Website dengan Mudah dan Akurat

by Nur Kamila

cara cek traffic website

Bagi kamu yang memiliki website perlu di ketahui bahwa Traffic website merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kesuksesan sebuah website. Traffic website adalah jumlah kunjungan yang diterima oleh website Kamu dari berbagai sumber, seperti mesin pencari, media sosial, email, dan lainnya.

Traffic website menunjukkan seberapa banyak orang yang tertarik dengan konten website Kamu, dan seberapa besar potensi Kamu untuk mendapatkan pelanggan, klien, atau penghasilan dari website Kamu.

Namun, apakah kamu tahu bagaimana cara cek traffic website yang akurat dengan cara mudah? Apa saja alat yang bisa Kamu gunakan untuk melihat jumlah pengunjung website Kamu, sumber traffic Kamu, dan metrik lainnya yang berkaitan dengan traffic website?

Di artikel ini, websweetstudio akan memberikan tutorial cek traffic website dengan menggunakan beberapa alat gratis dan berbayar yang terbaik dan terpercaya. Simak terus artikel ini sampai selesai ya!

Tutorial Cek Traffic Website dengan Mudah dan Akurat

Mengapa Cek Traffic Website Itu Penting?

Sebelum kita masuk ke tutorial cek traffic website, ada baiknya kita pahami dulu mengapa cek traffic website itu penting. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Kamu perlu cek traffic website secara rutin:

  • Cek traffic website bisa membantu Kamu mengukur efektivitas strategi pemasaran online Kamu. Kamu bisa melihat apakah upaya Kamu dalam membuat konten berkualitas, menerapkan SEO, memasang iklan, atau mempromosikan website Kamu di media sosial berhasil meningkatkan traffic website Kamu atau tidak.
  • Cek traffic website bisa membantu Kamu mengenal audiens Kamu lebih baik. Kamu bisa melihat siapa saja yang mengunjungi website Kamu, dari mana mereka berasal, apa yang mereka cari, berapa lama mereka tinggal di website Kamu, dan halaman mana yang paling mereka sukai. Dengan begitu, Kamu bisa menyesuaikan konten dan penawaran Kamu dengan kebutuhan dan preferensi audiens Kamu.
  • Cek traffic website bisa membantu Kamu meningkatkan konversi dan pendapatan Kamu. Dengan mengetahui jumlah traffic website Kamu, Kamu bisa menentukan target konversi yang realistis dan mengoptimalkan elemen-elemen di website Kamu yang bisa mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan yang Kamu inginkan, seperti berlangganan newsletter, mengisi formulir kontak, atau membeli produk atau jasa Kamu.

Alat-Alat untuk Cek Traffic Website

Ada banyak alat yang bisa Kamu gunakan untuk cek traffic website, baik yang gratis maupun yang berbayar. Berikut adalah beberapa alat yang saya rekomendasikan untuk cek traffic website dengan mudah dan akurat:

1. Google Analytics

Google Analytics adalah alat web analytics gratis dari Google yang sangat populer dan banyak digunakan oleh pemilik website di seluruh dunia. Google Analytics bisa memberikan data traffic website yang sangat lengkap dan detail, mulai dari jumlah pengunjung unik, jumlah sesi, durasi kunjungan, bounce rate, halaman per kunjungan, hingga tingkat konversi.

Google Analytics juga bisa memberikan data tentang sumber traffic website Kamu, seperti organic search, direct, referral, social media, email, display ads, dan lainnya. Selain itu, Google Analytics juga bisa memberikan data tentang profil audiens Kamu, seperti usia, jenis kelamin, lokasi geografis, bahasa, perangkat yang digunakan, minat, perilaku, dan lainnya.

Untuk menggunakan Google Analytics untuk cek traffic website, Kamu perlu mendaftar akun Google Analytics terlebih dahulu. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke dashboard Google Analytics dengan akun Google Kamu.
  • Pilih properti (website) yang ingin Kamu analisis.
  • Pada menu sebelah kiri, klik Audience > Overview.
  • Kamu bisa melihat data traffic website Kamu dalam periode waktu tertentu. Kamu bisa mengubah periode waktu dengan mengklik tanggal di pojok kanan atas.
  • Jika ingin melihat data traffic berdasarkan sumbernya, klik Acquisition > Overview.
  • Jika ingin melihat data traffic berdasarkan halamannya, klik Behavior > Site Content > All Pages.

2. SimilarWeb

SimilarWeb adalah alat web analytics berbayar yang bisa memberikan data traffic website yang akurat dan mendalam. SimilarWeb bisa memberikan data traffic website tidak hanya untuk website Kamu sendiri, tapi juga untuk website pesaing Kamu. Dengan begitu, Kamu bisa membandingkan performa website Kamu dengan website lain yang sejenis.

SimilarWeb bisa memberikan data traffic website seperti jumlah kunjungan, durasi kunjungan, halaman per kunjungan, bounce rate, dan traffic rank. Selain itu, SimilarWeb juga bisa memberikan data tentang sumber traffic website Kamu, seperti direct, referral, search, social media, display ads, dan lainnya. SimilarWeb juga bisa memberikan data tentang negara asal pengunjung, minat pengunjung, dan halaman terpopuler.

Untuk menggunakan SimilarWeb untuk cek traffic website, Kamu bisa mengunjungi situs web SimilarWeb. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masukkan domain (alamat) website yang ingin Kamu analisis di kolom pencarian.
  • Klik Search.
  • Kamu bisa melihat data traffic website dalam periode waktu tertentu. Kamu bisa mengubah periode waktu dengan mengklik dropdown di pojok kanan atas.
  • Jika ingin melihat data traffic berdasarkan sumbernya, scroll ke bawah dan klik Traffic Sources.
  • Jika ingin melihat data traffic berdasarkan negaranya, scroll ke bawah dan klik Audience > Geography.
  • Jika ingin melihat data traffic berdasarkan halamannya, scroll ke bawah dan klik Website Content > Popular Pages.

3. Ubersuggest

Ubersuggest adalah alat SEO gratis dari Neil Patel yang bisa membantu Kamu menganalisis dan mengoptimalkan website Kamu untuk mesin pencari. Ubersuggest juga bisa memberikan data traffic website yang cukup lengkap dan akurat, seperti jumlah kunjungan organik, jumlah klik organik, peringkat kata kunci organik, jumlah backlink, dan domain authority.

Ubersuggest juga bisa memberikan data tentang sumber traffic website Kamu, seperti organic search dan paid search. Selain itu, Ubersuggest juga bisa memberikan data tentang kata kunci terbaik yang menghasilkan traffic untuk website Kamu, baik dari Google maupun dari media sosial. Ubersuggest juga bisa memberikan data tentang halaman terbaik yang mendapatkan traffic terbanyak.

Untuk menggunakan Ubersuggest untuk cek traffic website, Kamu bisa mengunjungi situs web Ubersuggest. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masukkan domain (alamat) website yang ingin Kamu analisis di kolom pencarian.
  • Ubah negaranya menjadi Indonesia (atau negara lain sesuai target pasar Kamu), kemudian klik Search.
  • Kamu bisa melihat data traffic website dalam periode waktu tertentu. Kamu bisa mengubah periode waktu dengan mengklik dropdown di pojok kanan atas.
  • Jika ingin melihat data traffic berdasarkan sumbernya, klik Traffic Analyzer > Overview.
  • Jika ingin melihat data traffic berdasarkan kata kuncinya, klik Traffic Analyzer > Top Pages atau Keywords.
  • Jika ingin melihat data traffic berdasarkan halamannya, klik Traffic Analyzer > Top Pages.

Baca Juga: Cara Bikin Website Jualan, Di Jamin Berhasil dan Untung Besar

Demikianlah tutorial cek traffic website dengan menggunakan beberapa alat gratis dan berbayar yang terbaik dan terpercaya. Dengan mengetahui cara cek traffic website dengan mudah dan akurat, Kamu bisa mengukur perkembangan website Kamu, mengenal audiens Kamu lebih baik, dan meningkatkan konversi dan pendapatan Kamu.

Jika Kamu memiliki pertanyaan atau saran tentang artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai!

Posted in

Share :

Blog Lainnya